Ditemukan Ular Raksasa Kalimantan Sepanjang 33 Meter


img
Baru-baru ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis.

Yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.

Foto itulah yang menjadi perdebatan luas di Malaysia saat ini. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu. New Straits Times di Kuala Lumpur juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di Sungai Baleh Borneo memercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

Nah, pertanyaannya, bila foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan, kecuali dalam film Anaconda: The Hunt For The Blood Orchid yang laris itu.

Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (Python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembapan, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam.(vivanews)
“Ular aneh yang bisa Mengembalikan Jati Diri Bangsa dari bangsa lain, mungkinkah?”

About these ads

55 Tanggapan

  1. di Hutan Kalimantan yg masih terpencil katanya sih mungkin saja ada mahluk sebesar itu…

    • bohong hanya mitos yang berkembang

      • Jangan buru2 bilang kabar bohong atau mitos. Kalo Anda hidup di pedalaman Kalimantan, Anda bakalan berpikir 100 kali untuk bilang ‘bohong’.

  2. sebuah misteri benar atau tidaknya

  3. wah.. bahaya jg ya kalo kita maen2 ato berenang di sungai itu ,, bisa diembat sama si ular raksasa =P

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, nggak apa2 mas. Kali aja nanti bisa jadi aktor Anaconda :D

  4. keren lho…
    mau liat yang asliNa kek mana yaaa…

    Jawab Jaisy01:
    hehehe, kalau mau lihat aslinya tinggal nyebur kesungainya aja hihihihihi :D

    • beneran keren abis,
      lw d tmukan bilang2 gue y

      • kalao mau liat yang ular yg gede,sekali-kali dateng aja ke kalimantan.

    • ya benerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  5. itu ular air laut,,ato air tawar ya mas,,,soalnya khan air mengalir sampai jaaauuuuuhhh,,,
    akhirnya ke laaaaauuuuutttt….

    Jawab Jaisy01:
    hehehe, yang terpenting satu mas, itu bukan gambar ulet (weleh kok nggak nyambung hihihi :D )

    • ya iyalah bkn ulet
      tp cacingkn he…he…he…

  6. itu ular betulan khan…??

    Jawab Jaisy01:
    Iya saja juga nggak tahu mas. Gimana kalau mas momon jebur di sungai itu? Hihihihiii :D (just kidding)

    • intinya banyak-banyak berdoa …

  7. besok kalau ada waktu kita nyebur disana bareng ya..nanti mungkin kita akan sama tahu..ha..ha.ha…okey mas?thank’s kita berita lain yang lebih heboh..

    Jawab Jaisy01:
    Ok, siap mas! Tapi nanti saya nonton aja yah. Saya nggak pintar berenang sama ular neh! :D Mas momon nanti kali aja kalau nyebur sendirian bisa jadi aktornya Anaconda. Kalau sama saya takutnya mas momon lebih ganteng dari saya, saya kan malu :D
    Ok. Thank’s telah berkunjung :)

  8. gpp koq..itu kan ular ciptaan Tuhan juga jd harus di belai2 duong..hehe…:) kita yg di belai2 dalam perutnya:) wadooohhh…xixixixhihihi…:)

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, kalau dibelai-belai di perutnya sih nggak apa2 mas, nah kalau dibelai pake lilitannya dan balutannya serta gigitannya yang jadi “ndak kuat” :D

  9. wah bujurankah???? rasa kada percaya ada ular nang ganalnya kaya itu, mun ada alhamdulillah jadi terkenal kalimantan, bangga jua jadi orang kalimantan. Terus lestarikan ular besar kalimantan jangan dimusnahkan yaa, kan sama-sama ciptaan Allah.

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, yah selama nggak makan orang biarin aja :D

  10. Hoax kayaknya Bung.

    Ini ada beberapa komentar di
    http://www.dailymail.co.uk/news/worldnews/article-1149743/Picture-100ft-long-snake-sparks-fears-mythical-monster-Borneo.html (klo mau buka, matiin gambar dulu, banyak iklan “aneh-aneh”)

    “Ah the joys of photoshop…hoot!!
    Judging by the size of the trees…width of the river (be good if you knew it) the chuffing thing would be about 250-300 ft long.
    Unless the trees are real tiny…and the river is infact a small stream!” Rick, corby, 19/2/2009 19:17

    “This is an obvious photoshopped fake to anyone who isn’t completely thick! The Balleh River is a tributary of the Rajang, and is about half a kilometre wide at it’s smallest points – looking at the photo, the ‘snakes’ head appears to be roughly one tenth of that – that would make it’s head 50 metres wide!”-Sandy, London, UK

    Jawab Jaisy01:
    Hoax yah? Wah kena deh! :D

  11. ularnya sering ke mak erot ya..kok bs panjang n gede gitu….wkwkwkwkw

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, hush! :)

  12. bo’ong banget hehehe…
    pernah liat perahu berlayarkan?kl perahu jalan pasti buih2 air yg kena bagian depan perahu muncrat kanan-kiri, kl dr poto buih2 air ada 2 didekat kepala (agak jauh dari kepala) keucali kepala ular mengangkat cukup tinggi kaya ular kobra jadi buih2 air bukan didepan kepalanya, yg kedua buih2 air ada dilekukan badan yg kedua trus kok kenapa lekukan badan yg dibelakang yg lekukannya lebih besar ga ada buih2 airnya? seharusnya buih2 airnya lebih besar dari yg dkt kepala+badan hehehe… lagian masa iya ular 33meter lekukannya kaya cacing haha… kalo ular yg 16 meter emang ada ditv pernah ditayangin dilativi (tvOne) dulu, orang bule potografer hewan+masyarakat yg nangkep di gua raksasa dikalimantan

  13. This true snake?

  14. masa iya sih ada ular sebesa itu…
    itu mah blm sbrapa..
    di kampung gw..ular spjang 100 cm biasa2 ja tuh liatnya…
    kwkwkkwkwkkwkw…………….

  15. enak itu kalu di makan

  16. wow bsr kale mas ularrnya lau mkn mangsa selesai de mangsanya

  17. Basi………………..!!
    Cuma Hoax doang,,, Hati2 klo copy paste…
    Yg percaya cuma orang bego…

    http://irfanrasyid.blogspot.com/2009/09/rekayasa-foto-ular-raksasa-borneo.html

    • bener tu ,
      cuma kamu yang bego………………….

    • wiiii,,,,,bsar skallii ..ckup buat mkn seekampung tpi yg msak yg ennak yaaaa//////??????/wkwkwkwkwkwk

  18. kita harus percaya dengan apa yang di temukan dalam fhoto itu , karena masih banyak hutan di kalimantan yang masih perawan / belum di jajahi.

    • masih perawan????????????????
      mangya murya brp
      g tkt jd perawan tua

  19. iiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhh……………………………………………ngeri tuh ular coba kalau tidak sebesar itu gua prekes sampai mati liat aja

  20. ah males bilang begitu

  21. begh ular gitu z kagum wa ad ular di bawah pusat biasa az ____-_-

  22. Ya mungkin ajalah di Kalimantan masih ada ular segede itu. kalo beritanya ular tersebut ditemukan di jawa la itu saya yang gak pecaya sama se x.

  23. itu ma belut bukan uler… haha
    disawah juga banyak

  24. Kemungkinan besar itu adalah HOAX karena yang memfoto pasti akan memberitahukan namanya ( PD LAH)kepada media publik dan dari foto tersebut tak mungkin jika di yang memfoto itu dari atas helikopter maka ular itu tidak akan terlalu terlihat karena jika dilihat dari atas helikopter hanya akan terlihat air yang biru sementara ular sebsar itu pasti tidak akan kelihatan,tapi masih ada kemungkinan bahwa ular itu benar-benar ada.Maaf terlalu basa-basi

  25. gue jd nungu2 trus neh beritax penasaran bnget deh. . .btl engak seh?

  26. w cari video nya kaga ada.bohong

  27. hmmmm …. berita yang heboh ..
    intinya kita harus banyak-banyak berdoa ….

  28. Percaya g’ p’caya. . . Tp ya p’caya jg. . . Dr jaman Nabi aj jg dh da, apalg jaman kya’ gni. . .
    Dunia dh panas jd pd nongol deh tu ular. . . Dh bosen dg ulah manusia yg menebangi hutan. . .
    Bykin nyebut aj. . . Sma2 makhluk ciptaan Nya hrs bs b’tetangga. . .

  29. setuju sama juwita!!!
    kita punya kemampuan untuk mengerti fenomena alam sangat terbatas sekali.
    apa saja bisa ada dan terjadi [hanya] karena kuasa SANG KHALIG.
    TUHAN semesta alam memberikan kebebasan pada kita menerima atau menolak apa yang sedang dan akan terjadi.
    dan memang intinya, kita harus rajin berdoa

  30. kira-kira diameter ular yang panjangnya 33 meter itu berapa ya??

  31. bisa bener bisa enggak,tapi kayaknya menurut semua agama di jaman sekarang ini itu memang pasti akan terjadi,kemunculan mahluk aneh di luar logika pasti akan datang ,tetap saja itu semua berpegang pada pendirian masing2 boy///terserah lo terserah gua…gua pilih percaya

  32. mungkin bener
    soalnya w punya saudara yang tinggal dikalimantan
    emang dia pernah nangkep bersama warga ular piton yang panjangnya katanya 15meter
    tapi kalo w lom terlalu percaya
    kalo blom da videonya

    w punya usul
    coba jaa tanya ma roy suryo
    spa tau dia mo komentar

    oiyah kalo da uler segede gitu
    enaknya sie disate aja pasti cukup buat makan sekampung
    apa ga di gule uler ja kan lom daa

  33. iya, gue gak yakin tuh ular… sepertinya batang pohon yang tenggelam.. bagian ujungnya naik keatas sehingga tidak ada percikan buih2 air disana, bagian lain tenggelam sehingga bagian itu ada percikan air nya…

  34. gila
    kalo ini asli gw pen liyat yang aslinya

    walau serem
    tapi kalo ini boongna yg bikin kurang kerjaan

    and gak warassssssssssss

  35. ah tu boong q gx percaya cz gx ada buktinya,
    tu smua hny rekayasa smata

  36. atut….. i gede banget….

  37. Pembohongan bagi yang jahil…. semua ni grafik boleh buat… budak2 komputer tau ler…. nak letak lipas sebesar sungai tu pon boleh!!! jgn la tertipu dgn bender2 ni…

  38. subhanallah…………..

    • sok islam kau…

  39. sebenat nya aq gk pecaya seii…
    tapi diatas dibilang

    para ilmuan inngis menemukan kulit ular…

    ya aq gk percayadeh…

    hehhehee

  40. Saya putra asli kalimantan.
    dulu kakek saya pernah cerita sewaktu dia remaja pernah nangkap ular raksasa rame2 sama warga kampungnya.
    kakek gk ingat ukuran panjangnya yg pasti diameter badannya sebesar pohon kelapa.
    dan itu ular akhirnya dibunuh dan disantap dlm pesta kampung.
    jd saya cuma mau bilang klo ular saya masih percaya klo ukurannya bisa jumbo.
    Ada satu monster lg yg terkenal di daerah saya biasa dinamai pujut tp saya sulit sekali menemukan artikelnya, ada yg bisa bantu? trims

  41. memang ada ular yang besar didaerah kalimantan dan juga banyak ular yang pajangnya berukuran 10-20 meter dihutan yang rimbun.

    ada juga ular yang ukurany pajangnya cuma 5 meter, tetapi ukuran lebarnya 2 meter lebih..

    cuman binatang seperti itu jarang ditemukan, karena ular tersebut adanya orang bilang ular jadi-jadian atau karena sumpahan dan juga ular yang menjadi penghuni hutan tersebut.

  42. Seperti sungai-sungai tropis lainnya, sungai Baleh airnya berwarna coklat, bukan biru seperti di foto.

    Foto itu memang hoax, dan sudah banyak artikel yang menuliskannya, Tapi sebagai hoax, foto di atas cukup hebat karena media masa saja banyak yang percaya.

  43. Setahuku,info discovery chanel c kalo anakonda pandai berenangnya di dalam air,dia kuat 2 jam nyilem tampa napas. Tp kalo yg pake renangnya ngambang gitu pastinya ular darat,kl sanca/phiton ya boleh.. Manteb dah masih ada ular gede yg msh bisa survive,asal ga nyergap orang!! berenangnya di dalam air,dia kuat 2 jam nyilem tampa napas. Tp kalo yg pake renangnya ngambang gitu pastinya ular darat,kl sanca/phiton ya boleh.. Manteb dah masih ada ular gede yg msh bisa survive,asal ga nyergap orang!!

  44. Di tempatq jambi ada tetangga yang punya pengalaman seru soal ular.dulu waktu tetangga aku mancing disungai kecil,dia tak sengaja duduk diatas badan ular yang melintang disungai,yg dikira kayu bekas tebangan.tetanggaku kaget krn skitar setengah jam nongkrong disitu kayu yang diduduki tadi bergerak.lalu dia cepat turun,dan memperhatikan bahwa yg barusan diduduki adalah ular,lalu langsung dia lari menjauh.ketika kutanya apakah ada sebesar pohon kelapa,tetanggaku bilang bahwa untuk menaiki ular yg dikira kayu itu aja seperti orang naik kuda.ibaratnya kaki di bentangkan kanan kiri tidak bisa memijak tanah.dia bilang ada sekitar 40an meter..besarnya kurang lebih drum air..aku percaya memang kalau ular besar masih ada.sedangkan adikku yg tgl dilain desa pernah ikut menguliti ular sepanjang 12meter,lebar kulit cuma 2 jengkal.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: