LSI, PKS Partai Islam terbesar dan Paling Islami


Selain sebagai partai Islam yang memiliki elektabilitas tertinggi, Partai Keadilan Sejahtera juga dinilai paling Islami. PKS mengalahkan Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan.

Oleh : Eman Mulyatman

Jakarta-Hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan Partai Demokrat unggul. Demokrat dalam survei mengalahkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar. Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di posisi empat, yang menempatkannya sebagai partai Islam terbesar.

Berdasarkan survei itu, LSI menyimpulkan tak ada partai Islam yang bisa dikategorikan partai besar, yakni memiliki suara lebih dari 10 persen. Partai Islam kebanyakan berada di papan tengah, dengan PKS memuncakinya.

Sejarah pemilu juga menunjukkan, partai Islam belum pernah menjadi kekuatan mayoritas di pentas politik nasional. Partai nasionalis masih menempati posisi papan atas, dibandingkan partai Islam yang berada di level menengah. Kecenderungan ini, diprediksi masih akan berlanjut pada pemilu tahun ini

"Selain itu juga mencoba mengetahui apakah sikap elektoral pemilih muslim Indonesia pada umumnya lebih didasarkan atas pertimbangan program rasional ketimbang sentimen identitas keagamaan," kata peneliti LSI, Burhanuddin Muhtadi, dalam jumpa pers di kantor LSI, Jalan Lembang, Jakarta, Jumat (20/3/09).

Survei ini dilakukan LSI untuk mengukur elektabilitas partai-partai Islam menjelang Pemilu 2009. Survei ini mencoba mengukur karakteristik partai Islam yang biasanya dilihat dari dua hal, ideologi Islam (PKS, PPP dan PBB) dan ideologi pluralis (PKB dan PAN yang mengandalkan basis massa muslim), dengan membandingkan partai-partai mana menurut pemilih muslim yang program-programnya paling bagus.

LSI melakukan survei ini pada kurun 8-18 Februari 2009. Survei dilakukan terhadap 2.455 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Margin error 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen itu, mengukur elektabilitas partai-partai Islam menjelang Pemilu 2009.

Hasil survei ini mencoba mengukur karakteristik partai Islam yang biasanya dilihat dari dua hal, ideologi Islam (PKS, PPP dan PBB) dan ideologi pluralis (PKB dan PAN yang mengandalkan basis massa muslim), dengan membandingkan partai-partai mana menurut pemilih muslim yang program-programnya paling bagus.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada September 2008, lanjutnya, PKS dipilih 20 persen responden, disusul PKB (18 persen), PPP (13 persen), dan PAN (5 persen).
"Persepsi ini sedikit dipengaruhi oleh sikap partisan pemilih, yakni kemampuan untuk mengidentifikasi keislaman partai sedikit terkait dengan kecenderungan pilihan terhadap partai bersangkutan," ujar Burhanuddin.

Selain sebagai partai Islam yang memiliki elektabilitas tertinggi, Partai Keadilan Sejahtera juga dinilai paling Islami. PKS mengalahkan Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan.

About these ads

6 Tanggapan

  1. kayaknya… tetap berjuang saja

    Jawab Jaisy01:
    Yups, mari kita berjuang berasam

  2. semoga dipemilu sekarang partai Islam lebih dewasa dan bersatu…

    Jawab Jaisy01:
    Amien. Semoga terwujud.

  3. Menurut saya PKS akan menjadi partai besar pada pemilu 2014 karena mesin politik-nya berjalan cukup baik di kampus-kampus dan sekolah-sekolah. Saya tidak melihat partai lain melakukan pengkaderan di institusi pendidikan seperti yg di lakukan PKS. Coba kita tanya kepada organisasi ROHIS di kampus atau di sekolah, partai apa yg mereka dukung ?

  4. Sungguh sangat terlalu dibuat-buat jika ada salah satu lembaga survei yang menempatkan partai lain bisa unggul di atas golkar dan pdip. Untuk partai tetap saja persaingan golkar vs pdip. Tapi kalau caprer Mega vs Sby.Itulah survei dari saya.

    Jawab Abu Jaisy:
    Alhamdulillah, survey LSI telah terbukti. Partai Islam yang teratas adalah PKS. :)

  5. Kalau melihat kecenderungannya sih … saya rasa PKS akan semakn besar nanti pada pemilu 2014 … Golkar stabil … Demokrat dan PDI-P turun … hehehe … Bukan apa-apa … Demokrat terlalu SBY sentris … dan jika SBY tidak bertarung lagi di pilpres 2014 … maka Demokrat akan kehilangan magnet-nya … Sedangkan PDI-P dengan Megawati-nya … terlalu takut untuk lepas dar figur Mega itu sendiri … padahal sudah terbukti perolehannya semakin turun terus … itu menandakan bahwa rakyat sudah tidak percaya lagi terhadap Mega … tapi PDI-P tutup mata dan telinga … Mungkin nanti tinggal 10% aja … hehehe … Semoga PKS semakin berkibar … Amin …

  6. saat ini mungkin iya, tapi untuk 2014 coba nanti kita lihat ! Memang PKS partai islam tapi coba jangan terlalu merasa paling suci dong !

    Jawab Jaisy01:
    Saat ini mungkin iya. Dan saat 2014 insya Allah PKS akan bersiap diri menuju Pilpres, doakan yah :D
    Yang saya tahu PKS tidak pernah mengklaim dirinya paling suci! Tapi kalau memang paling “Bersih, Peduli, Profesional” kayaknya itu bukan “merasa” tetapi memang terbukti. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: