K-Link VS Habbatusaudah


Baru-baru ini saya didatangi oleh seorang teman yang silahturahim ke rumah. (Singkat cerita), tidak beberapa lama dari ngobrol si teman ini ingin mempersentasikan sebuah obat alami yang tanpa efek samping dan pasti menyebuhkan berbagai penyakit (katanya karena dari klorofil yang alami, makanya bisa menyembuhkan semua penyakit). Beberapa obat ditunjukkan kepada saya, dan juga bagaimana keuntungan ketika bergabung di MLM-nya. Mulai dari sistem downline yang katanya lebih baik dari semua MLM (Multi Level Marketing) dan bla..bla…bla.

Dari beberapa MLM yang pernah saya ikuti, saya agak malas untuk ikut MLM kembali. Tetapi teman saya ini meyakinkan saya begitu kuat, sampai siap untuk membayarkan uang registrasi atau gratis registrasi karena dia yang bayar, jika saya mau bergabung. Karena beberapa pengalaman akhirnya saya bilang "Iya akh, nanti ana pertimbangkan. Antum tidak perlu langsung membayarkan registrasi buat ana".

Setelah berdiskusi dengan istri, maka kami sepakat untuk akhirnya tidak ikut bergabung di MLM tersebut. Tetapi bukan mutlak, karena saya perlu referensi orang yang memang bidang keilmuannya sesuai dengan medis dan pembisnis MLM, untuk dimintai pendapat. Akhirnya saya harus googling, karena paman google inilah yang sering memberikan jawaban atas ketidaktahuan saya. Maka ketemulah thread kaskus yang membahas masalah K-Link. Antara pro dan kontranya.

Setelah saya Googling, sebuah pertimbangan yang terakhir. Saya harus meminta pendapat saya salah satu teman saya yang biasa berprofesi sebagai dokter. Dari seorang dokter inilah akhirnya saya banyak tahu tentang paramedis. Beliau menyatakan bahwa "tidak ada obat apapun yang tanpa efek samping! Kecuali, insya Allah Habbatusaudah" ucap beliau dengan serius.

Jika ada orang yang mengklaim bahwa obatnya tanpa efek samping, berarti orang itu bodoh. Pada dasarnya setiap suplemen seperti yang ditawar-tawarkan di MLM merupakan obat "oplosan". Karena "dioplos" suplemen ini akan menambah dosis yang lebih besar. Seperti misalkan kita butuh vitamin C sebanyak 50-60 mg tetapi diobat suplemen itu akan diberikan sekitar 500-1000 mg. Nah mungkin beberapa saat kita akan terlihat bugar atau sehat. Disamping itu respon tubuh kadang berbeda-beda. Ada yang kuat menerima, ada yang tidak kuat menerimanya. Sedangkan para MLM-ers. lagu-lagunya kayak dokter spesialis. Mereka merekomendasikan sesuatu tanpa ilmu, dan malah cenderung menyesatkan. Padahal obat apapun itu harus sesuai dengan resep dokter, antara takaran dan dosisnya. Sehingga tidak jarang ada orang yang sakit malah tambah sakit. Yah misalkan saja, ada orang butuh dosis 70 mg maksimal, lah kok malah dikasih 1000 mg. Yah death, ucapnya sambil tersenyum.

Dan beliau mengatakan lagi, kalau sebenarnya MLM kesehatan itu bukan jualan kesehatan. Tetapi jualan "doktrin" kepada para downlinenya. Yah tidak lain untuk meraup keuntungan. Ini yang sering didoktrin tidak sadar, karena sudah pasti melihat "keuntungan"nya yang besar. Lalu beliau mengatakan kepada saya "Pada dasarnya ana (saya) tidak melarang antum (kamu) ikut MLM. Tetapi yah harus tetap di ingat jangan sampai sok menjadi dokter atau nabi dengan menyatakan kalau obatnya tanpa efek samping"

Nah ini beda dengan habbatusaudah. Sabda Rasulullah "“Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”.

Walaupun begitu habbatusaudah juga tidak boleh berlebih-lebihan ketika dikonsumsi, ada takaran tersendiri. Walaupun beberapa dokter masih belum percaya dengan khasiat habbutsaudah, tetapi dalam penelitian di Jerman. Jinten hitam atau biasa disebut Habbatusaudah itu adalah campuran obat yang mampu memberikan efek penyembuhan. Dalam artian, habbatusaudah memang memberikan efek penyembuhan dari segala penyakit, tetapi juga mempunyai takaran tertentu. Dari beberapa orang-orang yang mendalami Thibbun Nabawi juga kadang memberitahukan tentang efek-efek yang akan terjadi ketika mengonsumsi habbatusaudah. Hal ini berbeda dengan obat yang dipasarkan oleh MLM-MLM. Coba mana ada MLM yang akan mengatakan tentang efek-efek samping dari produk obatnya. Jelas beliau.

Setelah penjelasan dari salah satu teman dokter tersebut, ada banyak pengetahuan yang insya Allah luar biasa. Dan terakhir kali, saya datang kepada teman saya. Dia Mbahnya MLM, saya katakan mbahnya MLM karena beliau ini orang yang memang telah mengikuti berbagai MLM. Dan mempunyai downline yang tidak sedikit. Setelah saya jelaskan pertanyaan saya, akhirnya teman saya ini mengatakan "Semua MLM itu hanya mengejar untung!" ucapnya agak ketus.

Beliau menjelaskan bahwa sesungguhnya banyak sekali orang-orang MLM yang tidak sadar bahwa mereka diperalat oleh orang-orang diatasnya (upline). Logikanya adalah, ketika sebuah perusahaan berdiri, mereka mempunyai beberapa program tentang publikasi/advertising/iklan. Nah ini hal yang pasti. Misalkan anggaran Iklannya sekitar 50% maka di MLM anggaran iklannya akan dikucurkan untuk membayar setiap para upline yang mempunyai downline. Pada dasarnya, semua bonus, intensif, reward, dll. Itu dari anggaran 50% biaya untuk iklan jika dipakai oleh perusahan-perusahaan pada umumnya. Jangan mengira itu uang perusahaan yang baik hati memberikan bonus karena kinerja para upline. Tetapi hal itu memang sudah dianggarkan oleh perusahaan MLM.

Jadi sebenarnya, kita yang mengikuti MLM ini mengiklankan produknya orang tanpa harus dibayar semestinya. Jika ada orang yang ikut MLM dan hanya setengah-setengah maka orang itu bodoh, karena apa? Karena telah mengiklankan produk perusahaan tanpa harus dibayar sepeserpun! Coba saja, kita fikirkan. Iklan di TV, Radio, Media massa, dll. Itu saja membutuhkan dana yang besar, sedangkan para perusahaan MLM ini agaknya ingin enaknya saja, yaitu mendoktrin orang untuk mengiklankan produknya tanpa harus keluar biaya besar dari setiap pengiklanan. Dan tentunya perusahaan tersebut akan mempunyai konsumen tetap dan mampu menerima banyak keuntungan dari setiap pembelian membernya. Dengan begitu, perusahaan MLM dapat memprediksi keuntungan mereka setiap bulannya.

Dari kedua teman saya ini, akhirnya saya banyak mendapatkan ilmu baru yang mungkin masih baru buat saya. Walaupun saya tidak ingin mendiskridtikan pihak MLM manapun, yang terpenting jangan sampai memprospek orang dengan seenaknya sendiri. Yah seperti ucapan teman dokter saya "Jangan menjadi dokter spesialis atau bahkan nabi"

Dan tentunya, tekad saya untuk tidak bergabung lagi dengan MLM menjadi lebih kuat. Hal ini saya kabarkan kepada teman saya yang memprospek saya menjadi downlinenya. Dan yang terjadi akhrinya ada kerenggangan antara saya dan teman saya ini. Yah sudahlah!

Bagi yang mau ikut atau yang sudah ikut, silahkan mengiklankan produk MLM-nya dengan baik dan tidak perlu merasa paling unggul dengan produk MLM lainnya, mari bersaing dengan baik dan tanpa menjatuhkan satu sama lainnya, juga jangan terlihat "memaksakan" orang untuk ikut MLM, apalagi merasa paling tahu dan menjadi nabi dengan bersabda "tidak ada efek dalam obat MLM kami".

Mari bersama-sama berbisnis yang baik!

42 Tanggapan

  1. eh mas ato mbak…klo mau nuduh mlm sifatnya seperti itu, jgn sembarangan ya….ntar dituntu kayak bu prita…jgnlah anda jd sombong sebelum anda mgtahuinya….dokter yg ngomong kayak gt adalh dokter yg gak laku lg krn khilgan pasien…..

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, kalau tidak setuju yah tinggal dijawab dengan santai aja, nggak perlu gitu kali! :D
    Yah kalau kebiasaan orang-orang doktrinan memang susah menerima akal sehat orang lain.
    Jika mahalnya sebuah kebenaran seperti yang disampaikan ibu Prita, maka saya siap menanggungnya!
    Saya tidak bermaksud sombong2an. Saya juga pernah ikut MLM loh! Lah kalau ini nggak benar anda tinggal menjawabnya dengan benar, nggak perlu emosi gitcyu :)

    • biasalah kalau pecundang kan org yg gk mau bangkit dari kegagalan,abang gw udah abis ratusan juta ke dokter karena penyakit sirosis hati eh malah dokter memvonis umurnya (kayak tuhan aja),trus gw pakai produk k-link dengan izin allah alhamdulillah skrng udah baikan,siapa coba yg takabur?

  2. Saya hanya ingin meyamakan persepsi kita terhadap suatu produk apapun, apakah itu produk medis, non medis, atau makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi saja supaya kita tidak salah mengambil keputusan.

    Tidak juga kita bisa mengklaim sebuah produk itu aman dengan mengatasnamakan herbal, banyak toxic berasal dari sesuatu yang herbal.

    Sebagai orang awam, paling tidak ada beberapa kriteria mendasar yang bisa kita jadikan patokan untuk memilih sebuah produk, memang butuh sedikit usaha untuk mengetahui ini, tapi dengan Mbah Google Insyaallah itu semua akan bisa kita lakukan :

    - Apakah kepristinan bumi dimana spesies yang menjadi bahan baku produk tsb tumbuh atau ditanam bisa atau ada klaim yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum (tentu ada penelitian dan uji untuk itu), karena mungkin saja ada spesies tumbuhan yang diberitakan bermanfaat tapi belum tentu manfaatnya akan sama jika alamnya berbeda. Contoh : Duku Palembang bisa dijamin ga rasanya akan sama bila ditanam di Padang walaupun diambil bibit aslinya dari Palembang???

    - Adakah perusahaan yang mengeluarkan produk tsb memaparkan dengan gamblang formula naturaseutikalnya (komponen bioaktif) dan bagaimana kualitasnya??

    - Prosesnya di pasteurisasikah ? atau tidak diterangkan sama sekali, dan bagaimana pula FOOTPRINT rekamanan analiser HPLCnya???

    -Sudahkah melewati uji toksisitas dan berbagai uji kelayakan makanan lainnya??

    -Sudah adakah dilakukan uji klinis dalam jangka waktu yang panjang untuk melihat efek terapeutiknya atau efek sampingnya ??(ada atau tidak ada efek sampingnya dilihat dari hasil uji klinis ini), dan sejauh mana klaim efek terapeutiknya?? atau tidak ada sama sekali.

    -Apakah produk yang dimaksud telah menempuh protokol aplikasi paten efek terapeutik yang di tetapkan lembaga paten international???????

    Bila suatu produk tidak bisa memenuhi salah satu kriteria diatas maka produk tsb tidak dapat diklaim sebagai produk kesehatan tanpa efek samping.

    Dan sesuatu yang sudah diklaim tidak punya efek samping tentu tidak ada larangan mengkunsumsi sebanyak apapun.

    Dan banyak juga produk herbal yang diklaim tanpa efek samping tapi kemasannya terbuat dari plastik..yakin dengan keamanannya????

    Mungkin ada perusahaan yang mengatakan produknya baik, bagus, no.1, sangat bermanfaat, tetapi tidak ada data-data pembuktian ilmiah tentang produk tsb, wah ini susah dipercaya…karena sangat sangat dan sangat wajar kalau perusahaan bilang produknya bagus, tetapi ada gak pihak lain yang tidak ada kontrak apapun dengan perusahaan tsb tertarik meneliti produk tsb dan hasilnya di publikasikan???

    Kalau hanya sekedar menjual nama dokter peneliti dan katanya katanya…tanpa ditunjukkan data penelitiannya truss apa bedanya dengan dukun kampung, dukun kampung juga banyak tuh berhasil nyembuhin orang sakit parah.

    Jadi menurut saya kita tidak bisa menvonis suatu produk hanya gara-gara sistem pemasarannya, sistem adalah sistem, produk adalah produk, perusahaan mana sih yang gak cari untung ??? dan rumah sakit mana yang gak cari untung ??? walaupun memang banyak produk MLM dimana perusahaan MLM tsb hanya berlaku sebagai penjual (distributor) dan untuk qualitas produk mereka tidak bisa pertanggungjawabkan.

    Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat, semoga kita dapat mengenali apa yang akan kita konsumsi, dan menjadi tau jika kita berhadapan dengan dokter kita..Dan seorang dokterpun belum tentu mengetahui apa yang dia kasih ke pasien (coba aja tanya, dok..ini komposisi obatnya apa dok..keamanan saya konsumsi ini seperti apa..? paling dokternya nanya dulu ke medical representative), jadi tidaklah etis seorang dokter menvonis sebuah produk karena untuk mengetahui semua itu bukanlah bidang dokter..dan masalah sistem pemasaran, ada juga kok perusahaan farmasi yang sistem pemasarannya mengadopsi sistem MLM, karena dari segi sistem pemasaran MLM sangat bagus..termasuk asuransipun sudah mulai memakai sistem MLM, wakafpun pahalanya Multi Pahala kok, ya gak ..

    Terima Kasih..

    • Kenapa sech pada alergi sama MLM.
      Sebenarnya kalau mau mencermati semua itu berkat MLM, Rastaurant padang aja pake teori MLM contoh “kalau anda puas beritahu teman anda kalau tidak puas beritahu kami” (pernah nggak baca ?)
      Terus masarkan kartu kredit istilahnya “member get member” staff get staff” dan “bawa satu dapat dua”
      Nggak usahlah merasa sok pinter, pake gelas kosong aja, kamu nggak tahu upline jaringan banya yang S1, S2, S3
      Dan beliau pernah dikatakan bisnis orang bodoh “dia jawab apa, gw bodoh aja bisa membangun jaringan lebih dari 1000 orang, gimana gw pinter” (hehehe)

      Jawab Jaisy01:
      Wah, kayaknya anda salah mengira! Saya tidak alergi “MLM”, yang saya alergikan itu orang MLM yang menawarkan produknya bagaikan obat dari segala penyakit. Dan pasti sembuh jika meminum obat dari MLM tersebut. Ini yang saya alergi.

      Ketika saya bertemu orang K-Link, mereka memojokkan/mendiskriditkan beberapa MLM seperti Tianshi, yang menyatakan produknya jeleklah, lalu menyatakan prospeknya nggak jelaslah, dan lah-lah lainnya! Nah inikan jelas sebuah persaingan yang tidak sehat. Dalam bisnis, persaingan itu biasa. Tetapi jika sudah menyatakan paling baik dari yang lainnya, nah inilah yang saya tidak suka!

      Yah, bagi saya sih. Mau ikut MLM mana sih silahkan, pokoknya berbisnislah yang baik, yang sesuai dengan syari’at. Dan alhamdulillah, saya tidak perlu untuk ikut MLM kalau hanya ingin mendapatkan Passive income, sekarang pun saya sudah merasakan mendapat uang tanpa harus kerja yang berat apalagi memanfaatkan downline. Banyak orang yang bertitle Sarjana, Magister, Doctor sekalipun tidak mempunyai jiwa entrepreneur kecuali memanfaatkan gelarnya untuk mempengaruhi orang lain. Inilah yang saya rasakan dahulu ketika kuliah, para dosen pada ikut MLM. Jadi lucu aja, setiap dosen mempunyai MLM yang berbeda-beda dan mahasiswanya yang dijadikan downlinenya :D

      Ok, semoga sukses

      • ada sukses sendiri ja!!! bukan itu di cari bung???? klw bisa anda sukses dan bisa mengajak teman -2 atau saudar-2 mu untuk sukses seperti bung!!!! itu baru sukses dunia akhirat ,,,, anda harus tau singkatan dari MLM ,, jangan cman baca aja,,

  3. Kalau ada yang mau sharing lebih panjang lagi dalam arti mencari solusi yang bisa dipertanggungjawabkan, bukan debat kusir, silakan ke email saya dorisabtardi_1412@yahoo.com

    Rgds,

  4. Hahaha…sedikit berpendapat ah,(sebelumnya) Assalamu’alaikum.wr.wb.kpd ANDA yang menulis berita ini. Jd pingin tau Dokter mana yang anda Tanya? Mbah jambrong mana yang anda ajak smedi & dpt wangsit? Hehehe (B’canda dkt)
    Mau serius ah!..1…2…3…Mulai (Bismilah)

    Jawab Jaisy01:
    Waalaikumsalam. :)
    Wah, sudah berapa lama anda kenal dengan Mbah Jambrong? Saya baru kenal dari anda loh! Suka kesana neh? :D

    1.Sebelumnya anda katakan yg terucap dari seorang dokter “tidak ada obat apapun yang tanpa efek samping! Kecuali, insya Allah Habbatusaudah”. Tanpa anda berfikir panjang anda menulis “habbatusaudah memang memberikan efek penyembuhan dari segala penyakit, tetapi juga mempunyai takaran tertentu.

    =>jelas semua pengobatan mempunyai takaran yg selalu tertera di kemasan obat apapun, yg pastinya sudah menjalankan uji2 tertentu sebelumnya terutama dari badan POM di negri tercinta Indonesia.

    Dan anda pun berpendapat “kadang memberitahukan tentang efek-efek yang akan terjadi ketika mengonsumsi habbatusaudah”. KADANG2’KAN memberitahukannya? jadi kadang lupa juga dong menyampaikan tentang efek2 yg akan terjadi?

    Jawab Jaisy01:
    Jelas semua obat ada takarannya, tidak boleh berlebih-lebihan atau berkurang-kurangan. Dan yang memberi resep obat adalah orang yang memang spesialisasi dibidang medis. Coba anda kerumah sakit, pasti anda sering melihat perawat dan apoteker yang meminta resep dan takaran dari para dokter. Perawat dan apotekernya jelas tidak berani membuat takaran selain dari dokter. Yah perlu di ingat, habbatusaudah itu sudah dijual bebas. Layaknya obat-obat yang lain, dan itu sudah ada takaran tertentu. Nah apakah setiap penjual obat yang juga dijual bebas diwarung-warung itu, pemilik warungnya menjelaskan efek obatnya kepada si pembeli? Sedangkan MLM obat dari MLM dijual bebas nggak? Coba cari diwarung mbok Ijah, pasti bingung tuh mpok Ijahnya :D

    Jadi biasanya yang menjelaskan produk obat2an yah kader MLM sendiri. Dan sering kali malah berlebih-lebihan menganggap “tuhan” obat yang dijualnya. Hayoo ngaku… :)

    Si dokter dengan sombongnya berkata “Hal ini berbeda dengan obat yang dipasarkan oleh MLM-MLM. Coba mana ada MLM yang akan mengatakan tentang efek-efek samping dari produk obatnya”. Tidak semua MLM di bidang kesehatan seperti itu, Yang sedang sy jalani dari perusahaan MLM “K” di bidang kesehatan, yg mengajarkan ke semua mitra2nya untuk mengikuti modul2 yang di kemas sangat rapih oleh K-System u/ bekal para mitranya pd saat menjelaskan ke konsumen. Jadi anda perlu pertanyakan legalitas gelar Dokter sahabat anda (hehehe).

    Jawab Jaisy01:
    Lah, anda mengatakan “tidak semua MLM di bidang kesehatan seperti itu”, lah anda sendiri melebih-lebihkan MLM anda. Lah apa bedanya? Hehehe, refot dah!? :D
    Anda menganggap diluar MLM anda, bukan MLM yang benar yah? Tapi dari pengalaman saya, setiap saya berjumpa teman-teman saya yang ikut MLM selalu melebih-lebihkan obatnya dari MLM yang lain. Hehehe, mana ada KECAP NO 2 :D
    Wuih, disuruh nanya legalitas segala neh? Mending nyok saya ajak ke teman saya nyang dokter itu. Beliau malah menyuruh saya datangin master dari “K” untuk berdialog! Karena ada sebuah pertanyaan penting yang sampai sekarang belum bisa terjawab oleh para Master dari “K” yang pernah beliau jumpai, mungkin Upline anda bisa menjawab. Kalau bisa insya Allah teman saya ini siap menjadi downlinenya. Wah, tertarik nggak neh? Ingatloh dokter punya pangsa besar! Kalau mau nyok datang. :D

    Karna seorang dokter professional akan berkata penuh dengan bukti nyata & penelitian yang cukup untuk di ungkapkan, seperti halnya 1. mendiagnosa suatu penyakit pasiennya, 2. menentukan obat yg tepat 3. bertanya terlebih dahulu ke pada pasiennya yg mungkin mengpunyai alergi, 4. alergi apa yg di derita. 5.TIDAK ASAL BICARA

    Jawab Jaisy01:
    Lah, coba tanya para kader MLM apakah seperti itu? Heheheeh, yang ada malah “Pake obat ini, manjur sekali. Ini dari intisari tumbuh2an yang tidak ada efek sampingnya. Pasti sembuh kalau minum obat ini. Sangat berbeda dari obat-obat yang lainnya” Halah, biasa tukang obat! Hehehehe :D
    Lah teman saya nggak perlu pake cara-cara gitu, pasiennya sudah datang sendiri. Nggak perlu menawarkan obat untuk dibeli orang, malah beliau sendiri yang kadang menawarkan “Ini obat yang mahal bu, ini obat yang murah. Tapi sebenarnya sama saja kok, hanya ini yang kadang lebih cepat sembuh, kalau ini kadang sembuhnya agak lama karena obatnya agak banyak untuk diminum. Tapi ingat loh bu, kesembuhan dari Allah bukan dari obat ini”
    Teman-teman saya yang ikut K-link saja berobat keteman saya ini! Hehehe, mau bukti? Ups, bukan dari K-link saja dari MLM lain juga ikut berobat kebeliauna. Dan teman-teman saya yang katanya sudah jadi upline and punya banyak downline, kalau ngobrol sama beliauna (teman dokter saya) sering salah sebut (salah sebut atau emang nggak tahu yak?) tentang beberapa nama kandungan obat dan efek-efeknya. Akirnya yang diomongkan pasti ngomongnya bukan “penyembuhan” obatnya, tapi prospek bisnis dan penghasilan! Hehehe, aneh yah?

    Dengan berkata seperti ini “Padahal obat apapun itu harus sesuai dengan resep dokter” yg sy Tanya obat warung / jamu mana yg menggunakan resep dokter???? Bu/ pak dokter jika ingin promosikan diri bukan di sini tempatnya. Takut ke saing yah dengan pengobatan dari MLM kesehatan (nanti ga da yg berobat ke dokter karna masyarakat sudah pintar mendiagnosa penyakit). Menimba ilmu tidak harus di bangku kuliah dengan hasil gelar dokter, asal ada kemauan untuk belajar & bertanya dengan orang yg tepat pasti bisa & K-systemlah yg tempat u/ belajar & bertanya di dlm perusahaan K yg dngn serius mendidik para mitranya menjadi seorang konsultan kesehatan yg profesional. (ga usah munafik deh dokter jg terkadang salah diagnose pasien’nya kan….manusiawi lah). (^_^)

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, anda ini gimana sih!? Kalau diwarung itu obat yang dijual standart sudah resepnya, jadi sudah tidak perlu resep dokter. Kecuali orang blo’on yang nenggak 10 obat langsung setelah beli obat diwarung. Wadow, anda beli jamu itu juga ada resep dari tukang jamunya! Coba beli jamu di , Nyonyamener atau Jamu Jago, pasti ada resep sama yang jualnya.
    Dan yang patut di ingat yah! Di setiap obat yang anda beli di warung-warung itu tertera “Jika sakit berlanjut hubungi dokter”. Nahkan jelas sekali! Nah lalu kalau obat yang dari MLM nanti jangan-jangan begini bunyinya “Jika sakit berlanjut hubungi upline” hehehehe.
    Kalau teori seperti anda sih teori klasik! Tidak perlu memang menimba ilmu di bangku kuliah, tetapi dibangku kuliah itu anda akan tahu lebih cepat ketimbang yang tidak kuliah. Nah kalau pengen jadi dokter lalu tidak kuliah, siapa yang jadi guru anda? Lalu nanti praktek bedah mayat ntuh mayat siapa yang dipakai? Selama ini apakah ada orang yang tidak kuliah dikedokteran menjadi dokter?
    Kalau ilmu yang lain sih, insya Allah lebih mudah. Nah kalau ilmu kedokteran, yah yang bimbing para dokter. Ilmu kedokteran yang bimbing bukan upline MLM hehehee :D
    Dari jaman bahula sampai bahuli, ilmu kedokteran terus berkembang. Coba sekarang, lihat dipedesaan. Mereka mengira tahu sebuah penyakit, tetapi akhirnya malah lebih parah. Pusing-pusing, dikasih jamu terus-terusan, eee kok malah kepalanya jadi membesar, ternyata yang salah jamunya. Lalu ada kasus yang lain, cikungunya dikasih jamu, eee kok malah lumpuh. Nah, sekarang malah yang lebih tragis lagi, salah satu “pembesar” sebuah MLM harus dioperasi. Hehehe, kenapa nggak berobat di MLMnya saja yak? :D
    Kalau salah mendiaknosa sih biasa, banyak sekali. Itu setaraf dokter yang bisa salah mendiaknosa, nah apalagi para kader MLM? Hehehe, wah tambah parah bisa-bisa :D

    2.Mbah jambrong yg anda ajk konsultasi adalah mbah yg salah. Dari pengamatan cara berhitung penghasilan sy berfikir org ini memang sangat berpengalaman di dunia MLM hanya saja MA’AF sy ingn menyampaikan pendapat sy lg nich. Mungkin MLM2 yg anda kenal memiliki hukum pyramid siapa yg lebih dulu dialah yg jadi raja yg membudaki yang d bawah (downline), MLM money game, invest uang terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis’nya,DLL, yg membuat anda trauma dengan MLM. Jika anda berbicara LOGIKA Tanpa anda sadari kt hidup di dunia MLM salah satu Contoh : Perusahaan industri, di dalam perusahaan ada berapa presdirnya (1 atau tidak mungkin lebih dari 5), manager-nya, supervisor-nya, leader-nya sampai operatornya yg pastinya lebih banyak dari yg sy sdh sebutkan semua itu membentuk pyramid yg sangat jelas menguntungkan di atas.
    Jika bicara logika maka pantaslah para leader MLM yg kompeten mendapatkan penghasilan yang luar biasa bahkan di MLM “K” para leader berpenghasilan setara manager/ bahkan presdir sekalipun, karna itu layak di berikan perusahaan MLM atas kinerja para leader yg dapat membangun jaringan kemitraan yang baik Tidak munafik hal itu akan sulit jika di kerjakan sendiri maka itu perusahaan MLM “K” memiliki slogan UNITY IS POWER, kekuatan jaringan dengan membangun jaringan yg baik & saling membantu hal itu yg sy banggakan karna sy tidak kerja sendiri tp ada upline yg selalu siap membantu & mengingatkan apa yg harus sy lakukan.
    Saya jadi penasaran mbah jambrong anda berprofesi apa? Apakah MLM bertopeng perusahaan industry/ yg lain. Saya hnya mengingatkan jika tidak mau terperangkap di dunia MLM bertopeng perusahaan konfensional bangunlah perusahaan/usaha sendiri yang pastinya memerlukan modal besar & perlu anda ketahui tidak semua orang mempunyai modal besar jadi Biarlah orang2 yg kini berjuang di dunia MLM yg isyaallah membawa keberhasilan dngn syarat PASTINYA MLM yg TEPAT,transparan dlm perhitungan penghasilannya & ju2r. Dari sekian MLM yg sy tau mk perusahaan K lah yg sngt tepat.

    Jawab Jaisy01:
    Wah, setiap orang pasti menyalahkan orang lain. Nanti kalau saya ngajak konsultasi dengan Master Tianshi, anda pasti ngomong saya salah orang, pasti merujuknya kepada MLM yang anda ikuti. Nanti juga kalau dari Tianshi juga ngomong seperti itu, dari CNI tidak bedah jauh. Ah semua orang MLM sama saja! :D
    Yang namanya perusahaan yah pasti ada Presdirnya, ada manager dan orang-orang dibawahnya. Nah sedangkan di MLM itu kan perusahaan “nggak jelas”, yang jelas dari MLM hanya satu, yaitu perusahaan penyuplai MLM. :D
    Anda mengatakan upline dan downline saling membantu dan membangun jaringan yang baik. Haduh, anda lugu bangets! :D Di Tianshi, CNI, dll. Semua juga ngomong kayak gitu!
    Teman saya sudah tidak mau mengikuti MLM-MLM-an lagi. Benar kata anda, lebih baik menjual produk sendiri. Nah inilah yang dia lakukan, toh selama ini di dunia tidak ada market MLM yang mampu bertahan hingga menjadikan para pengikutnya menjadi “orang terkaya”! Coba cek, dimana ada record kekayaan diraih oleh perusahaan MLM menandingi para pebisnis beneran? Ada banyak cara menjadi entrepreneur. Yang terpenting bukan menjadi bebek-bebek upline!

    3.Sesama muslim sy hanya ingn mengingatkan perkata’an anda yang keterlaluan, “Yah seperti ucapan teman dokter saya “Jangan menjadi dokter spesialis atau bahkan nabi”. Anda sudah membawa nama kanjeng besar nabi, jujur saya sedih membaca kalimat ini sebagai muslim yg tidak cukup baik & faham agama, saran saya sefanatik apapun anda terhadap MLM/ orang yang menawarkan MLM kepada anda, bertutur kata lah yang baik & sopan tanpa harus mengatas namakan NABI siapa pun orang yg anda maksud.

    Jawab Jaisy01:
    Masya Allah, kalau kita tidak membawa ucapan nabi lalu siapa yang kita bawa? Kehidupan kita tararah dan benar itu yah karena ucapan kanjeng Nabi yang kita ikuti, bukan hanya hiasan di dinding! Saya akan tetap bersikap baik dan sopan kepada siapa saja sesuai akhlaq kanjeng Nabi. Mana bisa kita sebagai orang Islam tidak mengatasnamakan nabi? Emangnya agama seperti baju, yang bisa ditanggalkan kapanpun dengan siapapun? Karena anda mengakui tidak cukup baik dan faham terhadap agama, maka dari itu anda harus belajar tentang agama. Sehingga anda mampu menalaah yang baik dan benar. Sehingga kalau mengikuti MLM yah sesuai nggak dengan syari’at, sesuai nggak dengan tuntunan kanjeng Nabi.

    Ingatlah, setiap apa yang kita lakukan dibumi ini (juga saat mengikuti MLM), kita akan diminta pertanggung-jawaban-Nya kelak di akhirat! Maka bawahlah agama ini kemanapun kita pergi!

    “Bagi yang mau ikut atau yang sudah ikut, silahkan mengiklankan produk MLM-nya dengan baik dan tidak perlu merasa paling unggul dengan produk MLM lainnya, mari bersaing dengan baik dan tanpa menjatuhkan satu sama lainnya, juga jangan terlihat “memaksakan” orang untuk ikut MLM, apalagi merasa paling tahu dan menjadi nabi dengan bersabda “tidak ada efek dalam obat MLM kami”. Cobalah berfikir positif mungkin orang ini belum mendapat ilmu yg cukup untuk berkomunikasi yg baik dalam menjelaskan produk yg ia bawa & sampaikan.

    Di statement penutup anda mengajak “Mari bersama-sama berbisnis yang baik!” tapi anda sudah mencontohkan persaingan berbisnis yg buruk. Jadi jelas ANDA pun SEDANG BERBISNIS??? (apa BENAR!!!!)

    Jawab Jaisy01:
    Loh..loh..loh? Apa saya menawarkan produk? Saya kan hanya mereview sebuah produk. Saya juga tidak mendapatkan untung apapun dari habbatusaudah. Saya ingin membawa dan mensyiarkan habbatusaudah dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak lebih dari itu. Dan saya juga bukan seorang pebisnis obat2an apapun!
    Iya kalau saya bilang “Maka belilah habbatusaudah kepada saya” Itu bukan hal yang baik! Saya kan hanya mengajak untuk berbuat baik dalam berbisnis, kok di su’udhoni sih? Refot…refot!

    jika anda ingin bersaing di dunia bisnis dengan perkataan anda “tanpa menjatuhkan satu sama lainnya”. Setelah anda menulis kata demi kata di forum ini saya pribadi berpendapat ANDA ORANG YANG MUNAFIK.

    Jawab Jaisy:
    Wuih, masya Allah. Emosi neh? Hehehe
    Anda jelas menyatakan tidak paham agama, tapi menuduh orang munafik. Masya Allah. Tuduhan itu bisa berbalik kepada anda!
    Bisa minta tolong sebutkan tanda-tanda seseorang yang munafik dalam Islam? Lalu silahkan dicek di artikel ini tentang kalimat-kalimat yang berindikasi kemunafiqan!
    Apakah berbicara dengan hadits yang sesuai dengan tuntunan kanjeng Nabi dibilang munafiq? Jika begitu alangkah lebih munafiqnya kanjeng Nabi atas tuduhan anda. Masya Allah, astaghfirllah!

    Saya setuju Habbatusaudah memang baik untuk kesehatan di dalam produk kami pun terdapat salah satu produknya terdapat Habbatusaudah dengan nama K-Sauda VCO Adalah kombinasi unik antara Virgin Coconut Oil dengan HabbatusSauda Oil dan Vitamin E yang telah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Minyak Habbatus Sauda adalah minyak dari Jinten hitam (Nigella Sativa) mengandung lebih dari 100 zat berkhasiat seperti minyak aromatik, mineral, vitamin dan enzim. Mengandung 58% asam lemak esensial termasuk Omega 3 dan 6 yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.& Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan minyak yang kaya akan senyawa asam laurat dan tidak mengandung kolesterol. Asam lemak jenuh rantai sedang yang terdapat pada minyak kelapa murni dapat menciptakan kenetralan terhadap kolesterol. Juga mengandung Asam Kaprat yang berfungsi membantu mengurangi masalah penyakit kelamin, seperti herpes simplex, serta bakteri Neisseria Gonorrhoe (GO).
    MANFAAT K-SAUDA VCO MEMBANTU :
    • - Meningkatkan daya tahan tubuh
    • - Antivirus influenza, hepatitis, cacar, lupus, herpes
    • - Antibakteri pneumonia, radang tenggorokan, gonorrhoe
    • - Antiparasit & jamur penyebab penyakit cacingan, eksim, diare
    • - Melindungi tubuh dari serangan tumor dan kanker
    • - Menurunkan berat badan
    • - Mengurangi resiko jantung koroner, hipertensi, stroke dan arterosklerosis
    • - Proses penyembuhan prostat dan tiroid
    • - Menjaga kesehatan rambut dan kulit
    • - Baik bagi penderita diabetes.
    Sekian dari saya mohon ma’af jika ada salah2 kata. Terima kasih.(wasalam)

    Jawab Jaisy01:
    Yups, Habbatusaudah memang yang terbaik dari obat-obat yang lain. Dan sebagai penyembuh dari segala penyakit kecuali kematian. Alhamdulillah kalau K-link memasarkan habbatusaudah. Semoga orang-orang K-link lebih “sehat” dengan meminum habbatusaudah. Amien.
    Saya selalu memaafkan setiap orang yang akan berbuat salah dan yang telah berbuat salah kepada saya. Dan semoga kata-kata saya tidak terlalu menyakiti perasaan anda, jika terlalu menyakiti perasaan anda saya juga “Jike ade saleh-saleh kate, maafin aje”.
    Waalaikumsalam

  5. si Ina tuh kayaknya ga ngerti sabda nabi tentang habbatussauda ya…?

  6. Informasi aja :
    Buat temen yg ikut MLM tolong dicek :
    1. Sertifikat Halal
    - Dari negara pembuatnya (IFANCA – Amerika ato apa kalo di malaysia ma cina)
    - Dari negar dimana produk itu dijual ( MUI tercinta lah)
    2. POM (nomor dari badan POM)
    3. Legal expor impor (untuk yg barang impor dari cina/malysia ato negara lain)
    karena ada beberapa pemain MLM yg ketangkep bea cukai krn gak bayar bea impor secara resmi, contoh ada sebuah mlm dari cina)
    4. Bukan money game
    ada yg berkedok pake plan 1,2 ato 3 ato plan a, b dsb..ternyata money game…
    5. Keuntungan dari selling karena ini kan marketingan bukan dari joinin orang (karena bukan multi level joining (MLJ)) jadi halal sistem karena jual beli akadnya bukan bagi2 uang dari joining fee..
    6. transparan akuntabel
    ada yang ngaku sudah punya cabang di 200 negar (padahal negara resmi di dunia baru 195an, lalu yg 5 negara apa? negara MLM???
    ada juga yg ngaku punya 200 negara padahal dilaporan resmi perusahaan MLM tersebut terhadap NASDAQ jelas dilaporkan bahwa hanya punya 63 negara di 2007 dan turun menjadi 52 negara di 2008?? so…..?????
    ada juga yg mengklaim sebagai MLM asli dan terbesar di cina..padahal ijin direct sales di cina sejak 2005 tidak disetujui oleh pemerintah cina…jd pasar terbesarnya malah indonesia….
    7. Bukan doktrin-doktrin menyesatkan
    sekolah bisnis emang baik tapi kalo terjadi doktrin dan cuci otak???? ini kan marketing yang multi level bukan aneh2…so ilmu yg dipelajari yaa ilmu marketing dan mindset bisnis bukan mindset doktrin aliran sesat..haahahaha..
    8. Perusahaan berani menanggung produk..seperti garansi atau kepuasan pelanggan uang kembali 100%. dan perusahaan benar2 concern terhapap marketing membernya. jgn milih MLM yg bahkan di klausul perjanjian tidak mau terlibat urusan membernya..
    9. Memegang teguh kode etik… jgn sampe anak masih 12 tahun bisa join..lpadahl di aturan kode etik jelas tertulis 18 tahun(dewasa) bisa berpikir dgn lebih baik…
    10. dan masih bnayak lagi

    intinya MLM adalah sebuah bisnis..seperti bisnis lain..perlu dianalisa dan dijalankan sesuai aturan bisnis yg baik…

    n kalo mo join MLM yg benar2 bisnis yg baik hubungi saya saja.. di allifenergy@yahoo.com..tapi maaf hanya utk orang yg bisa bisnis saja..karena joinnya minimal 25 juta. hanya untuk yg paham dan bisa menerima resiko bisnis yang kami perbolehkan untuk bergabung..tentunya harus mempunyai integritas dan akhlaq bisnis yg baik..( maaf jadi promosi) tengkyu….

    Jawab Jaisy01:
    Ok, tenkyu juga atas penjelasannya. Semoga sukses yah :)

  7. Saya setuju bahwa habbatusaudah bermanfaat bagi kesehatan. Dan lebih bagus lagi kalau product tsb dikombinasikan dengan VCO. Cobalah menggunakan Sauda VCO nya K-Link mungkin lebih bermanfaat

  8. Saya juga member “K”, tidak ada yg paling benar atau salah dalam semua pendapat Anda. Satu hal saja saya ingin mengingatkan kepada semuanya, bahwa dalam melakukan bisnis apapun hendaknya dengan niat ibadah, bukan sekedar mencari keuntungan sendiri dan memanfaatkan orang lain. Setiap impian yg ingin dicapai, akan sesuai dengan tingkat ujiannya.Kalaupun ada orang yg menjelek-jelekan produk ataupun MLM lainnya, itu hanyalah oknum yg belum mengerti dan paham. Karena “K” sendiri hadir tidak untuk bersaing melainkan untuk dapat bekerja sama dengan banyak pihak untuk tujuan yg positive. Maka mohon maaf bila ada oknum yg demikian karena belum mengerti beberapa hal ttg perusahaan ini. Setiap orang harus menghargai prinsip dari masing2 individu, tidak perlu saling memaksa.

    Jawab Abu Jaisy:
    Yups, sepakat! :)

    • setuju. semalam saya bergabung di k-link tanpa ada yang memaksa. padahal dah lama diajak tapi belm mau. tapi setelah melihat nenek saya meminum chlorophyl untuk pengobatan kakinya. dan ada perubahan maka saya putuskan untuk bergabung.

  9. KEPADA SEMUA, Jika kita memandang suatu bisnis dengan pandangan : “Apa yg bisa saya peroleh dari bisnis yg akan / sedang saya jalani?” maka dapat dipastikan 90% akan menimbulkan sifat arogan nantinya. Cobalah merubahnya menjadi : “Kenapa saya menjalankan bisnis ini dan bagaimana saya bisa melakukan perubahan diri ke arah yg lebih baik?” maka insya Allah akan menjadi sesuatu yg bernilai ibadah dan kita akan selalu belajar untuk tulus dalam berbuat banyak hal. HIDUP DI DUNIA INI BELAJAR HINGGA AKHIR HAYAT dan SUKSES BUKANLAH PEMBERHENTIAN TETAPI MERUPAKAN PERJALANAN. Dalam menjalani kehidupan di dunia cobalah untuk tidak selalu merasa matang, agar .kita selalu meminimalkan sifat2 arogan. Apapun pendapat setiap manusia, hanya Allah yg paling benar. Selama tidak melanggar aturan2 Allah, insya Allah itulah jalan kesuksesan Anda di dunia dan akhirat.

  10. Banyak orang berpendapat ttg bisnis MLM : “MLM selalu mencuci otak member2nya”. Cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri, apakah kita selalu ingat untuk mencuci otak diri kita sendiri menjadi lebih displin dalam berbagai hal yg positif? Hal yg sering terlupakan inilah yg membuat kita menjadi orang kebanyakan. Orang2 yg hidupnya kaya, tetapi santun dan penderma, adalah orang2 yg menyadari hal ini. Mereka sadar bahwa untuk meraih banyak hal diperlukan kemauan untuk merubah sifat MALAS. Saya berkata demikian bukan semata mata karena saya orang MLM, melainkan untuk mengingatkan diri saya sendiri khususnya dan banyak orang bahwa dalam menjalani kehidupan di dunia ini, jika ingin sukses yg sebenar benarnya sukses, memang ada harga yg harus dibayar.

  11. Dokternya berkomentar gtu, dah neliti dulu? Emang prnah gtu ikut MLM? brapa banyak dia pelajari produknya? Kalo’ gtu coba deh… neliti dulu tentang TAHITIAN NONI JUICE, udah pernah? dijamin pemikirannya akan berubah !!! selamat mencoba….

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe, nggak ada kecap no 2 yah mbak? :D

    • Sudahlah, gak perlu berdebat. Setahu saya hanya ada 4 MLM yg bagus di Indonesia K-LINK, AMWAY, CNI, ORIFLAME. Karena mereka mempunyai sistem dan produk yg memang dapat mengarahkan membernya untuk meraih sukses.

  12. wah…sy sih senyum2 aja baca komentar masnya—kelihatan klo ngomong ga punya ilmu—dan berani ngomong di publik…jd terkesan mempermalukan diri sendiri :)
    alangkah baiknya sebelum bicara di depan umum palagi utk pendapat yg sifatnya subyektif…belajar banyak2 dulu & konfirm ke banyak pihak…jgn mengandalkan emosional belaka…jadi ga terkesan mempermalukan diri sendiri :) semoga kita semua bisa bercermin…

    bagi saya sih, org awam..klo tak faham..mendingan diam saja…:)

    Jawab Abu Jaisy:
    Lah, saya malah pengen ketawa mbak :D
    Masa orang awam menilai orang lain nggak punya ilmu. Biasanya orang pinter yang menilai orang lain nggak punya ilmu. Nahkan malah mbak azizah terlihat memalukan loh :D
    Alangkah baiknya kalau mbak azizah diam dan nggak berkomentar kalau masih awam. Sehingga tidak mempermalukan mbak azizah sendiri.
    Buktinya juga, orang-orang yang mengaku pinter disini hanya mengaku-ngaku saja. Karena hakekat sebenarnya orang pinter itu nggak perlu pengakuan dari orang lain kalau dia pinter.
    Ok, semoga cerminnya nggak hanya menjadi hiasan muka kita saja. Tetapi menjadi refleksi diri atas perbuatan yang kita lakukan.
    Terima kasih telah berkunjung :)

  13. thank’s ya
    LUAR BIASA… ne bacaan yang Luar Biasa, Banyak Ilmu yang q dapat dari bacaan di atas. aq jadi yakin dengan K-System
    untuk pak Abu Jaisy sekali lagi Makasi banyak…!!!

  14. Terima Kasih Bapak Abu Jaisy atas kesempatan yg diberikan kepada kami untuk bertukar pikiran serta memberi pendapat di forum yg Bapak sediakan di web ini. Mudah2an kita semua bisa bersama sama belajar untuk melangkah ke kehidupan yg lebih baik dan sejahtera di masa yg akan datang, AMIN.

  15. Assalaamualaikum…
    Saya termasuk member dari K-Link,Akhi. yah itung-itung mengikuti apa yang RASULULLAAH ajarkan, yaitu berdagang.
    Pada dasarnya saya tidak keberatan dengan statement dari Akhi. Tidak ada masalah di sini. tidak menjelek2kan dan tidak ada yang dijelek2kan.
    Memang selama ini ada beberapa doktrin2 dari para upline atau leaders (namun tidak semuanya) yang akhirnya membuat downline nya berfikir secara membabi buta, yaitu melebih-lebihkan sesuatu yang sebenarnya dalam kontek agama itu tidak diperbolehkan. Misalnya, kontek dalam memandang hidup dengan harta yang berlebih..seolah-olah ini adalah segalanya. Saya obyektif saja dan berusaha realistis. Tidak ada yang salah pada bisnis MLM, tetapi yang lebih banyak terjadi adalah kesalahan dalam mempraktekkan bisnisnya dan brain storming pada orang2nya. Itu saya alami, tapi saya tetap menjalankan bisnis ini, karena sebenarnya letak pokok persoalannya adalah pada oknum yang hanya mau menerima doktrin tanpa mau berfikir.

    Jawab Abu Jaisy:
    Sepakat :)

  16. INFO PENTING : Perusak citra MLM adalah MONEY-GAME berkedok MLM. WASPADALAH !!!
    - MLM asli : bonus 100% di dapat dari adanya penjualan
    - MONEY-GAME : bonus didapat dari merekrut member

    MONEY-GAME = JUDI

    - MLM terkemuka yg asli di indonesia :
    K-Link, Amway, CNI, High Desert (HD), Oriflame, Sophie Martin, IFA.
    - Waspadai MLM lain yg berkedok sebagai MLM

  17. Pagi ini ada sebuah berita mengejutkan yang saya tonton di televisi. Bagaimana tidak, ada berita dimana seorang ibu meninggal akibat mengkonsumsi klorofil. Bagi yang belum tahu, Klorofil adalah sebuah produk obat suplemen makanan yang diproduksi oleh K-Link dan dipasarkan dengan sistem Multi Level Marketing (MLM). Selengkapnya mengenai berita meninggalnya seorang ibu akibat “dugaan” keracunan klorofil dari K-Link adalah sebagai berikut.

    Seorang ibu yang menjadi korban kasus ini bernama Ngatini / Maulida. Korban meninggal pada hari senin tanggal 6 april 2009 setelah mendapatkan perawatan intensif oleh tim dokter selama 5 hari di rumah sakit umum pusat Haji Adam Malik Medan Sumatera Utara. Tim dokter menduga korban meninggal akibat keracunan karena tubuh korban ditemui melepuh.

    Menurut pengakuan keluarga korban, Ngatini mengkonsumsi obat suplemen bernama klorofil yang diproduksi oleh K-Link. Suami korban yang juga bergabung dengan K-Link ini kemudian menuntut tanggung jawab K-Link atas meninggalnya istri karena keracunan klorofil.

    Namun demikian pihak manajemen K-Link membantah bahwa korban meninggal akibat mengkonsumsi Klorofil. K-Link menduga korban telah mengalami sakit sebelum meninggal. Karena masalah ini dilakukan diagnosa lebih lanjut oleh tim medis dan ahli forensik untuk memeriksa keadaan korban dan bagaimana korban meninggal.

    Setelah menonton berita ini, saya kemudian jadi berpikir apakah memang korban meninggal akibat klorofil. Apakah pihak K-Link tidak memberikan aturan mengenai konsumsi Klorofil dan siapa saja yang dilarang mengkonsumsi. Saya yakin walaupun benar korban meninggal karena mengkonsumsi klorofil, pasti ada kesalahan teknis yang terjadi hingga suplemen yang dikonsumsi tersebut menjadi rusak dan bersifat racun.

    Karena hal inilah memang kita sebaiknya tidak asal minum obat, apalagi suplemen. Bagaimanapun juga untuk menjadi sehat, masih lebih baik bila kita mengkonsumsi hal-hal yang alami seperti memperbanyak makan sayur dan berolah raga. Sesuatu yang instan atau yang menawarkan hal instan tentunya memiliki efek tersendiri mengingat tubuh kita perlu untuk menyesuaikan diri.

    Jaga kesehatan dan semoga bermanfaat. Salam

  18. Di k-link yg meneliti jg dokter kok, dan bukan hanya 1 atau 2 banyak kok, dokter2 yang join di k-link jg ndak hanya hitungan jari kok, banyak tuh, anda sdah pernah coba produk k-link apa belum ya?? masalah dalil2 yg anda utarakan ada kq kyai yg member di k-link, “Al-muhafadhotu ‘ala qodiimish solih wal akhdzu bil jadiidil ashlah, makash bwt koreksi untk perbaikan kami sbg distributor k-link

  19. maph klu boleh tau anda blm pernah sakit ya?
    anda kalu sakit kemana?
    minum habatussauda saja ya?
    anda kalu sakit ke dokter yg mana? teman anda itu ya?

    Jawab Abu jaisy:
    Kalau saya sakit, saya ambil ikhtiar dengan meminum Habbats. Dan Alhamdulillah, hanya habbats yang mampu menyembuhkan segala penyakit, kecuali kematian! teman saya yang dokter pun mengakui habbats, bukan karena dia jualan habbats, tetapi memang dia percaya dengan hadits Rasulullah. Terlepas dokter tersebut memberikan resep/obat kepada saya, tetapi dokter tersebut menekankan untuk meminum obat yang beliau berikan dengan habbats.

    kalu anda memakai produk kami dan dengan ijin Alloh SWT anda sembuh, apakah anda akan negatif terhadap kami?
    kami hanya berusaha menolong orang.. tolong jangan mendeskriditkan kami..

    Jawab Abu Jaisy:
    Saya tidak ada masalah dengan obat manapun, yang saya permasalahkan adalah cara seseorang berdagang obat-obatan tersebut. Pernah dengar bukan kalau orang banyak omong disebut “tukang obat”, karena cenderung julukan “tukang obat” itu lebih kepada pedagang yang senang membual dengan dagangannya. Dan selalu menganggap “hanya obatnyalah yang mampu menyembuhkan”. Padahal hal itu jelas diharamkan dalam Islam. Kecuali itu habbats

    tolong kalau mw bertanya jgnlah pada dokter,, tentu’y mereka gag mw rugi kan krn pasien yg harus operasi malah sembuh dengan ijin Alloh melalui produk kami..

    Jawab Abu Jaisy:
    Kata-kata seperti inilah yang selalu didoktrinkan kepada para downline MLM obat-obatan. Bagi teman saya yang dokter, tidak perlu pakai menawarkan obat-obatannya dengan banyak omong sudah dipastikan laku. Tetapi coba orang MLM, pasti sampai berbusa-busa kalau ngomong, tapi ujung-ujungnya juga banyak yang nggak percaya. Kalau seijin Allah, yah pastilah semua penyakit dan kesembuhan itu adalah dari seizin Allah. Sakit itu bisa jadi kenikmatan, dan sehat itu bisa jadi adzab!
    Dan tidak hanya produk anda saja yang mampu menyembuhkan, produk dari MLM lain juga bisa menyembuhkan. Bahkan Habbats yang tidak perlu di MLM-kan pun itu sudah pasti adalah obat segala penyakit.
    Kalau mau tanya sesuatu itu harus kepada ahlinya, Islam mengharamkan seseorang bertanya kepada orang bukan dari kapasitasnya. Jadi kalau sakit, yah pasti harus datang kepada dokter, bukan kepada orang MLM, kecuali orang MLM tersebut dokter! :)

    tanyalah pada ahli farmasi atau peneliti obat dan makanan,, karena mereka yg lebih mengerti kandungan obat dsb..

    Jawab Abu Jaisy:
    Loh, bukankah dokter itu juga diberikan ilmu farmasi! Kalau tidak bagaimana dokter bisa memberikan resep dan obat-obatan, aneh-aneh saja anda ini :D
    Dan teman saya yang orang Farmasi pun tidak pernah percaya dengan produk MLM.

    i
    astaghfirulloh
    maph jika ada yg kurang berkenan

    Jawab Abu Jaisy:
    Anda harus tahu, substansi dari apa yang saya tulis. Bukan karena emosi semata akhirnya tidak bisa berfikir dalam menanggapi kritikan seseorang.
    Jika anda ingin berdagang obat silahkan, tetapi jangan merasa obat andalah yang paling ampuh dari obat yang lain. Jika itu Habbats, bolehlah karena ada haditsnya. Tapi kalau obat-obatan umum, atau hanya sebatas vitamin sebaiknya anda jelaskan seperlunya tanpa menjelek-jelekkan produk MLM atau dagangan orang yang lain!

    • ni orang gk pernah tau ya di k-link jugaada habbat dgn vco ketinggalan amat,kasian deh

  20. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Alloh Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS AlBaqarah : 216)

    istighfar bareng2 yukz (berlaku jga bwt diri saya sendiri)

    ^___^

    Jawab Abu Jaisy: :)
    Tentu saja ayat itu tidak bisa dipakai kepada hal-hal yang sudah dihalalkan. Habbats, tidak bisa dikategorikan sebagai hal yang buruk. Maaf, kalau mengeluarkan dalil Al Quran, itu harus dilihat “sebab-sebab turunnya ayat” sehingga pas ketika dibuat hujjah. Saya sendiri menekankan bahwa apa yang saya benci itu bukan obatnya, tetapi cara-cara menghalalkan segala cara yang dilakukan oleh beberapa orang yang menjalankan MLM bukan hanya di K-Link, tetapi disemua MLM seperti CNI, Tianshi, dll. Nah hal itu jelas diharamkan oleh Allah. DI K-link kan katanya jual habbat!? Nah kalau ketika menjual habbats baru buat dalil tentang obat segala penyakit kecuali kematian. Tetapi jangan menjatuhkan produk lain yang juga menjual habbats. Intinya jangan saling menjatuhkan produk/MLM lainnya ketika berdagang. Nah cara-cara seperti inilah yang dianjurkan dalam Islam. (Tetapi ingat, ketika menjual produk selain habbats jangan gunakan dalil menyembuhkan segala penyakit kecuali kematian).

    Berdaganglah dengan jujur dan baik, karena 10 dari pintu surga itu disediakan untuk para pedagang yang jujur dan baik dalam berdagang.

    • oke. ini saja setuju. saya paham maksud akhi dan saya harap rekan2 yang lain juga. jangan sering berbantah2 tapi kalau tukar informasi saya setuju.

  21. Setahu saya ada 3 jenis ciptaan Allah yg disindir/disebutkan dalam Al-Quran yaitu HABBATUSSAUDA, MADU (yg murni), dan ALFALFA. Pohon alfalfa merupakan tumbuhan bahan dari klorofil produk K-Link. Dalam bahasa arab Alfa artinya 1000, berarti pohon alfalfa merupakan pohon 1000 manfaat. Ketiga-tiganya pastinya Insya Allah merupakan sesuatu yg memang berguna bagi kesehatan semua makhluk hidup dimuka bumi.

  22. AS,,,,saudaraku yang dirahmati ALLAH,,,luar biasa dengan yang saya baca di atas tadi,,intinya begini..sya adalah Membr ” K” semua sistem yamg di ciptakan oleh perusahaan MLM,,itu baik,,menurut masing masing perusahaannya,,permaslahan adalah..ini adalah oknum..atau yang bersipat manusiawi,,dimana seseorang gagal dalam bisnis MLM,,,bukan karena sistem,,tapi melebihkan pada personalnya,,yang menyerah dalam perjuangan,,,SUKSES ADALAH PERUBAHAN,,TAPI PERUBAHAN ITU SANGAT TIDAK ENAK,,,intinya adlah mereka gagal dalam melalui proses ketidak enakan itu,,,,maka dianggaplah sistem yang jelek…luar biasanya,,semua MLM,,mengajarkan Sikap kepada setiap membernya,,,..tinggal kita yang menjalankan,,,Saluut untuk saudaraku yang telah membuka forum ini..luar biasa,,,mudah mudahan ALLAH memberikan petunjuk,,dan selalu menjga hati kita,,aminn…five.v K system Banjar Jawabarat

  23. oy ada yang lupa,,,,Afwan saya kurang setuju,,DEngan Judul K LINK VS HABATUSSAUDA,,ga enak,,nanti malah ada yang ambil sesuatu dari judul diatas,,,,,Habbatus sauda memang luar biasa,,,saking luar biasanya,,di K Link juga ada,,produk yang terbuat dari habatusauda,, K SAUDA VCO..jadi bisnis kita adalah murni,,ada produk yang dijual,,dan bukan bicara tentang duit duit duit,,tanpa ada produk,,,,

  24. Ass.wr.wb, Salam kenal un tuk semua. Saya hanya sedikit bersaran: Apabila kita mengaku muslim tentu akan sebisa mungkin menjadikan Al-Qur’an dan Assunah sebagai panduan. Saya lebih berpendapat segala info yang ada dlm Al Qur’an dan Hadist yg shohih harus kita yakini kebeneranyya dan harus kita ikuti perintahnya insya Allah dengan cara spt itu kita mendpat keberkahan hidup. Dlm hubugan tsb. memang hadist ttg habbatussauda adalah shoheh menurut ahli hadist dan sebenarnya ilmu ttg kedokteran islam jauh lebih ramah utk di aplikasikan dlm tubuh manusia, ada sebuah hadis yg menyatakan yg makna nya kurang lebih” Allah menurunkan segala penyakit disertai dengan obat/penangkalnya, namun Allah tidak akan menurunkan obat/penawar nya dari barang yg haram”. Yg perlu digaris bawahi adalah Allah tidak akan menurunkan obat dr barang yag HARAM. Jadi kalo kita muslim hendaknya menekankan pd hal hal yg HALAL & TOYYIB. Bukankah kalo kita sakit pengen nya cepat sembuh? Kita manusia di ciptakan oleh Allah swt. ? pastilah hanya Allah yg mengetahui akan kebutuhan kita. Untuk itu Allah mengutus Rasulullah saw. ( yg segala gerak geriknya adalah sesui dgn WAHYU ALLAH ) dr kalangan manusia. Dan dari Nya pula kita di kenalkan TIBBUN NABAWI. Dalam Tibbun Nabawi dijelaskan dan dicontohkan bagaimana kita harus bertindak apabila kita terserang suatu penyakit. Menurut Nya penyembuhan suatu penyakit dpt dilakukan dgn beberapa cara Yaitu: dgn Habbatusauda, Hijamah (bekam), madu, minyak zaitun, terapi tulang belakang, air putih, ruqyah dan lain sebagainya semua metode terapi itu sangat mudah di aplikasikan dan bermanfaat bagi penyembuhan dengan ijin Allah, dibandingkan dengan pengobatan menggunakan bhan -bahan kimia sintetis. perlu saya sampaikan juga beberapa produk obat yg menggunakan zat aktif dari kima sintetis sudah banyak dikeluhkan. untuk lebih jelasnya coba anda baca buku ” Deadtly mist” karangan Jefry degrey sorang mualaf asal amerika yg dunya menjadi kelinci percobaan bagi eksperimen obat obat produk amrik. Mudah mudahan kita bisa ambil banyak ilmu darinya. dan mari kita mulai lirik kembali ilmu ilmu kedokteran islam (Tibbun nabawi) yang sangat dahsyat namun banyak ummat islam sendiri yg meninggalkannya. Berbisnis apa saja boleh tp tolong kita pasnga filter halal-haram nya agar kita mendapatkan keberkahan dan bernilai ibadah shg bermanfat dunia akhirat.

  25. assalamu’alaikum

    saya rasa anda harus lebih mengerti lagi mengenai bisnis jaringan yang sebenarnya…
    walaupun seorang teman memaksa anda,sudah pasti dia tau kehidupan anda,masa masa anda,tandanya beliau perduli dengan masa depan keluarga anda…kebanyakan gak ada yang ikhlas kok awal mula bergabung di bisnis jaringan…tetapi alhasil mereka mereka yang terpaksa ikut di bisnis jaringan ternyata bisa juga menjadi diamond,crown manager,crown ambassador,senior crown ambassador,dan royal crown ambassador…terima kasih

  26. ga ikt komentar ahhh..ikut nonton aja dehh hehehehe

  27. Assalamualaikum..
    jd gmna?? baiknya gmna??? ikut K-Link ap nggak seh??

    Jawab Abu Jaisy:
    Bagi yang mau ikut silahkan, bagi yang tidak ikut tidak perlu dipaksa. :)

  28. Hehehehehehehehe
    Aneh ya Orang Yang Menulis ini…. Masak untuk memutuskan bergabung di sebuah perusahaan MLM Bertanyanya sama Istri…Bukannya sama Orang yang benar2 Paham K-Link…Masak Mau Buka Warung Kopi,Belajarnya sama Tukang Sol Sepatu……
    Di K-Link Sudah Terbukti Banyak Yang sukses di Indonesia…dan Testimoni Produknya Pun ada…..Anda saja yang Mental kerupuk…….

    Jawab Abu Jaisy:
    Heheheheheheehe
    Aneh ya orang yang komentar diblog ini… masak komentar kok nggak baca semua postingan dan jawaban…. bukannya membaca malah komentar yang malah membuat malu dirinya sendiri… Masa komentar kok tidak mau membaca, ibarat makan roti yang dimakan bungkusnya….
    Kalau K-Link sudah terbukti banyak yang sukses di Indonesia alhamdulillah… kalau cuman ada testimoni yah semua produk ada testimoninya… ada saja yang mental kerupuk….

    • Semua pendapat oke.Menurut saya simpel aja ,jalankan bisnis kita dengan benar,entah MLM ataupun non MLM.
      Semua obat baik dari medis atau non medis(herbal)insyaallah akan bermanfaat bagi kita,dengan izin Allah.
      Yang menarik mungkin cara dlm berbisnis.Tiap manusia mungkin beda cara dalam berbisnis.
      Bagi saya instropeksi diri kita,apakah sudah benar atau belum!Kalo udah benar berarti emang udah siap dunia akhirat.OK

  29. biasalah orang belum tau k-link,,skr bersystem syari’ah bro

  30. buat abu jaizi, …….kalau anda mau menuliskan tulisan anda tentang MLM cbalah anda ketahui dulu yang sebenarnya,, jangan hanya pandai ngomong aja,, terserah apa kata anda sekarang, tapi sekali coba anda hadiri GBOP K-LINK, di sitU anda akan lihat apa itu K-LINK, karna saya yakin anda hanya tau ”MLM K-LINK”, tapi anda tidak tahu apa itu “K -LINK’

  31. Assalamualaikum wr.wb.
    Terima kasih Bpk Abu Jaisy yg terhormat.Komentar bapak memberikan pencerahan pada saya.Memang tidak ada kecap yang no 2.Semua merasa lebih baik dari yang lain.Saya adalah orang dengan pengetahuan sedikit tentang agama.Tetapi ternyata ada sebuah perusahaan MLM yang mengajarkan pd membernya utk selalu rendah hati.Tidak boleh menjatuhkan kompetitornya dengan tidak sehat.Justru mengajak bersaing dengan baik.Mungkin yang bapak temui adalah member sebuah perusahaan MLM yang kurang tepat menjalankan sytsem yang telah diatur dalam perusahaan tersebut.Tetapi apapun isi debat dan pendapat yang ada, semua kembali kepada pribadi masing masing.karena apapun perusahaannya,asal menurut agama diperbolehkan,tidak mendzolimi orang lain untuk meraih kesuksesan, serta kunci utamanya adalah berusaha dan kerja keras,maka kesuksesan akan datang.Kalaupun orang yang diajak bergabung menolak, maka itu adalah hak dari orang tersebut.Kalau ada kebaikan tidak disampaikan, maka itulah dzolim yang sebenarnya.Terima kasih

  32. Mestinya Blog ini diganti az namanya “OMONG KOSONG” wong melakukan survei kok hanya bertanya dan tidak melakukan penelitian secara ilmiah dengan banyak ahli bukan hanya dengan 1 orang dr. az dan secara tidak langsung anda telah melakukan tindakan bodoh yang mendatangkan dosa buat anda sendiri maka dari itu apa si susahnya meminta maaf pada pihak yang berangkutan…???

  33. heran ini pada ribut apa…. ? Satu yang benar buat si A belum tentu benar buat B. wajar kan??? Kalau menurut ku tulisan nya ok2 aja. Pendapat pribadi. Mengapa harus memaksa penulis harus mengikuti apa yang diinginkan pengomentar ??

    Kalau anda pengomentar merasa apa yang dilakukan adalah benar dan baik dan lain sebagainya, gak usah kan maksa orang lain harus mengikuti apa yang anda inginkan. Toh katanya anda mengajukan kesuksesan bareng, kalo gak mau gak usah marah atau memaksa dong !!

    Santai aja bung, dirumah orang kok ngamuk-ngamuk. malu tuh ama tetangga :D

  34. ass……udah ngak usah pada ribut yang penting mau mlm jelek atau apapun pendapat orang yang jelas kl kita yang ikut ngak dirugikan ya sudah lah …toh ngak ada untungya…

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

