Mau Tahu Cara Mencerdaskan Otak Yang Efektif Dan Tidak Mahal?


Olahraga untuk otak memang populer akhir-akhir ini, namun tahukah Anda bahwa olahraga yang kita lakukan tidak hanya baik untuk jantung dan berat badan tapi juga efektif untuk mengasah otak.

“Olahraga sebenarnya lebih berguna untuk otak, bukan tubuh, karena olahraga sangat memengaruhi mood, vitalitas, konsentrasi dan perasaan positif seseorang,” kata John J.Ratey, MD, penulis buku A User’s Guide to the Brain.

Stephen C.Putnam, MEd, penulis buku Nature’s Ritalin for the Marathon Mind, juga menyatakan manfaat olahraga untuk anak-anak dengan cedera otak, seperti anak hiperaktif. Dengan kegiatan olahraga, kelainan perilaku anak bisa dikurangi dan fokus mereka ditingkatkan.

Dalam penelitian yang dilakukan Putnam diketahui anak yang melakukan olahraga 15-45 menit sebelum masuk kelas cenderung memiliki sikap yang lebih baik dan mudah berkonsentrasi di kelas. Selain membuat tubuh terasa bugar, olahraga juga akan membuat otak lebih segar.

Para ahli menjelaskan olahraga memengaruhi banyak bagian dalam sistem saraf dan memicu dilepaskannya hormon-hormon yang menimbulkan perasaan senang, gembira dan tenang, seperti serotonin dan dopamin. Itu sebabnya, orang yang rajin berolahraga lebih jarang terkena depresi.

“Saat Anda berolahraga, Anda akan berpikir lebih jernih, lebih bugar dan lebih positif. Ini murni hal ilimiah karena olahraga akan merangsang sistem saraf dan berfungsi dalam level yang maksimal,” kata Christin Anderson, MS, koordinator kebugaran dari University of San Fransisco.(kompas)

About these ads

11 Tanggapan

  1. betul, olahraga penting, walopun saya lum bisa rutin, hehehe

  2. Tapi dulu aku terlalu banyak olah raga,sehingga kurang istirahat,dan aku terserang sakit liver,tipus sehingga harus perlu istirahat yg.cukup..buat pembaca yg.lain agar mengatur waktu yg.seimbang;-)

  3. ada yang harus kita ingat juga yaitu keseimbangan antara olah raga, istirahat yang cukup, nutrisi yang cukup, dan aktivitas sosial & spritual juga jelas tidak bisa di abaikan.

    rgds
    sodikin

  4. oea,gmn carax membuat og[rg yg pendiam,menjdie seseorg yg pndar berbicara

    Jawab Jaisy01:
    Ada beberapa cara, pertama seringlah membaca, menganalisa informasi dan perluas pergaulan. Sering-seringlah berlatih di kaca dengan berbicara sendiri.
    Dan yang terpenting “PeDe” (Percaya Diri), modal utama dari hal-hal yang diatas. Ingat, jangan hanya berbekal Pede kita ngobral omongan, karena malah akan memalukan kita. Persiapkan “amunisi” seperti yang saya sebutkan tadi, sebelum PEDE!
    Semoga bermanfaat! :)

  5. Bagus artikelnya, ada yang lain gak?

  6. gmna sihh cranya menjadi orang yg jenius

  7. jadi, selain menjaga kebugaran tubuh olahraga jaga bisa mencerdaskan otak?………….

  8. selain olah raga apaan lagi…apa maen game bisa membanti menginterkoneksikan neuron pada otak ya

  9. Seharusnya pemerintah mewajibkan olahraga setiap pagi bagi anak sekolah sampai SMA agar lebih baik dalam berkonsentrasi belajar.

  10. apa gak salah…

    klo abis olahraga, terus pelajaran bukannya mlah kecapekan, trus gk bisa konsentrasi?

  11. pngn pinter w……. ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: