Inilah Foto Naga/Ular Raksasa Di Sungai Mahakam (Kaltim)


image Masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, digemparkan kemunculan sepasang ular raksasa sebesar drum atau berdiameter sekitar 60 sentimeter dengan panjang sekitar 40 meter. Ular raksasa itu terlihat meliuk di permukaan air di Riam Haloq, Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai.

Ular raksasa yang melintas di sungai itu diyakini masyarakat Suku Dayak sebagai naga. Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun, sebenarnya peristiwa kemunculan naga terjadi Jumat (29/1/2010).

Saat itu sebuah longboat berangkat dari Long Bagun menuju Long Pahangai. Longboat tiba siang hari di Kampung Long Tuyuq, hulunya Riam Haloq. Saat itulah motoris dan penumpang longboat melihat sepasang ular raksasa melintas di permukaan Sungai Mahakam dari arah berlawanan.

Begitu mengetahui sepasang naga lewat, motoris langsung menepikan longboat ke tepi sungai karena khawatir menjadi korban. "Ternyata kedua naga itu berjalan terus dan tidak merasa terganggu dengan kehadiran longboat," tutur Dodik, yang mendengar cerita dari keluarganya di Mahakam Ulu.

Setelah itu, motoris dan beberapa penumpang langsung mengambil gambar menggunakan ponsel berkamera karena menganggap itu sebuah momen langka. Di wilayah Kubar sendiri foto ular raksasa itu telah tersebar dan masyarakat menjadi heboh.

Menurut seorang warga Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, sebenarnya ada dua naga yang terlihat. Satu naga diyakini berjenis jantan karena di kepalanya ada dua tanduk dan naga betina karena tidak ada tanduknya. Kedua binatang itu memiliki empat kaki, warna kulit hitam dengan panjang sekitar 40 meter dan diameter tubuh sekitar 60 sentimeter.

Ia menambahkan, sebelumnya di Long Tuyoq bahkan ada seorang warga dan anaknya yang sedang berburu babi melihat ular raksasa tersebut. Saking kagetnya, sang anak sampai tidak bisa berbicara hingga kini.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, kemunculan naga bagi Suku Dayak adalah sebuah pertanda, yakni pemberitahuan akan turun hujan lebat yang diiringi banjir yang terjadi tiga hari setelah kemunculan ular raksasa. Hal itu lebih meyakinkan karena sejak Senin (1/2/2010) hingga Rabu (3/2/2010), air Sungai Mahakam meluap dan mengakibatkan banjir yang melanda beberapa kecamatan di sepanjang Sungai Mahakam, di antaranya Long Bagun, Laham, Long Hubung, Long Iram, Tering, Melak, Muara Pahu, Penyinggahan, dan Mook Manaar Bulatn.

Sulit akses
Kampung Long Tuyoq terletak di Kecamatan Long Pahangai. Memiliki luas 126,95 kilometer persegi dan dihuni mayoritas Suku Dayak Bahau Busang. Mereka tinggal di sepanjang Sungai Mahakam dengan mata pencarian sebagai petani tadah hujan, karet, vanili, berburu, dan penambang emas tradisional.

Long Tuyoq merupakan daerah yang terpencil sehingga akses menuju ke sana cukup sulit. Dari Samarinda jika menggunakan pesawat kecil DAS, membutuhkan waktu 1 jam hingga di Datah Dawai. Setelah itu harus melanjutkan perjalanan dengan ketinting menuju hilir Sungai Mahakam, membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Jika menggunakan longboat butuh waktu 1 jam.

Sementara jika menggunakan kapal motor (taksi air) dari Samarinda menuju Long Bagun membutuhkan waktu dua hari. Dari Long Bagun dilanjutkan dengan menggunakan speedboat, tarifnya Rp 500.000 per orang, sedangkan longboat Rp 400.000 per orang.

Butuh waktu 12 jam dari Long Bagun sampai di Long Tuyoq. Jalur sungai yang dilewati penuh tantangan dan risiko karena harus menghadapi keganasan riam-riam yang ada di sepanjang Sungai Mahakam. Riam yang dikenal paling ganas adalah Riam Panjang dan Riam Udang, di sana terdapat batu-batu karang yang tajam serta pusaran air yang siap menelan perahu jika tak berhati-hati melintas. Di kanan-kiri Sungai Mahakam menuju Kampung Long Tuyoq ditumbuhi pohon-pohon besar seukuran tubuh kerbau.

Ular 33 meter
Sebelumnya, pada Februari 2009, Kalimantan juga bikin heboh dunia saat muncul sebuah foto udara yang memperlihatkan ular raksasa tengah melintas di sebuah sungai di Sarawak, Malaysia. Ular raksasa itu berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan.

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009.

Foto itulah yang menjadi perdebatan. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa.  Namun, selama ini ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau piton atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun, ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, itu jauh lebih panjang dan besar dibandingkan dengan temuan piton. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal. New Straits Times di Kuala Lumpur juga memuat foto tersebut, yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal itu karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan sebab sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya ular besar di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di Sungai Baleh Borneo memercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

Nah, bila kedua foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis piton atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan.

Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazon. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang terbaru ditemukan adalah 50 kaki, tetapi para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Piton Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic reticulated python (Python reticulatus). Piton terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang piton bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara piton lebih gemuk dan hanya suka kelembaban, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara piton menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

Awal Februari tahun lalu, para ilmuwan juga menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa ini sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam. (alex pardede/tribunkaltim cetak)

Toni Imang: Naga Raksasa Itu Memang Ada

Munculnya binatang raksasa yang diyakini warga hulu Sungai Mahakam Kalimantan Timur sebagai naga ini dibenarkan oleh drs Toni Imang, Kabag Sosial, Kabupaten Kutai Barat. "Kebetulan yang disebut dalam berita itu adalah kampung halaman saya," katanya saat dihubungi via ponselnya, Jumat (5/2/2010).

Masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, digemparkan kemunculan sepasang ular raksasa sebesar drum atau berdiameter sekitar 60 sentimeter, dengan panjang sekitar 40 meter. Ular raksasa itu terlihat meliuk di permukaan air di Riam Haloq, Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai.

"Di masyarakat kami di pedalaman hulu Mahakam, binatang itu namanya lengian atau naga air. Sejak saya masih kecil, saya sudah mendengar cerita semacam itu. Secara fisik, saya belum pernah melihat binatang itu. Tetapi telapak naga yang ditinggalkan saat binatang seperti itu melintasi daratan, sawah, atau kolam saya pernah melihat," katanya.

Areal yang dilewati binatang itu biasanya rusak, pematang sawah hancur, tembok-tembok kolam juga terbelah. "Bebatuan saja bisa berantakan. Kami dulu berpikir, apakah terjadi gempa bumi? Mengapa hanya di daerah dekat-dekat sungai atau air, dan sangat lokal yang rusak," katanya.

Toni mendeskripsikan binatang seperti itu sungguh besar dan dianggap binatang ajaib oleh masyarakat setempat. Namun, kehadiran naga raksasa belum pernah terdokumentasi dalam rupa tulisan atau gambar, masih sebatas kabar dari mulut ke mulut. "Jangankan melihat, mendengar namanya saja kami sudah takut," katanya.

Saat ditanya, apakah kemunculan naga raksasa terkait dengan bakal terjadinya bencana atau banjir, Toni Imang mengatakan tidak tahu. "Wah, apa sejauh itu?" katanya seraya tertawa.

Ketika ditanya, apakah binatang itu muncul ke air karena mencari habitat baru atau karena terusik, dia mengatakan sangat mungkin karena di pegunungan mereka kekurangan air. "Biasanya mereka tinggal di gua-gua atau anak-anak sungai di hulu. Ketika menjadi besar, binatang itu kemudian mencari habitat baru yang lebih baik," katanya.

About these ads

185 Tanggapan

  1. assalamu;alaykum
    wah,lama tak berkunjung kemari
    ternyata masih aktif ngeblog ya
    btw, ane ada penawaran menarik neeh. pasang banner dibayar. tapi utk blog berbayar. gimana?
    eh, masih lancarkah dari BV?

    Jawab Abu Jaisy:
    Walaikumsalam, yups. Sama lama kita nggak bersua :)
    Insya Allah masih aktif, and BV walaupun agak sepi tapi tetap masih ada beberapa kali Bid. Di beberapa PTR juga masih aktif diblog saya yang lain.
    Banner dibayar? Semacam Promote Burner, Perfect Money itu yah? Atau ada yang lain bro? Sudah coba main di making money in twitter bro?

    • bukan pefectmoney. tapi emang dibayar via perfectmoney. tapi nilai kecil. $5 – $7 per bulan. gimana? tertarik? enaknya dibayar dimuka. setelah pasang, 1 ato 2 hari lgsg dibayar.
      [jiah, makin ga nyambung ma postingan] :mrgreen:

      Jawab Jaisy01:
      Ok lah kalau begitu :D

      • btw, gimana making money in tweeter?

        Jawab Jaisy01:
        Yah, cara kerjanya sama kayak PPC atau PTR tapi ini di twitter.

    • Nice posting Gan.
      Masih banyak yg belum kita ketahui dari kekayaan alam dan mahluk hidup di Indonesia ya…

      http://lintahindonesia.wordpress.com/

  2. weeww..ularnya panjang amat, gak nyangka masih ada jg tu si ular..

  3. Nice info euy…
    Lanjut terus …
    Ditunggu posting selanjutnya…
    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya di blog ane…

    Jawab Jaisy01:
    Tararengkyu bos. Ok, meluncur keblog ente :)

  4. wah, itu yakin foto asli ya? maaf, salam kenal

    Jawab Jaisy01
    Nggak tahu juga, katanya sih asli

  5. wiih…serem juga ngeliatnya….gimana yang ngambil foto tuh?…pa ga takut kesamber tu uler…segede itu mah bisa makan orang langsung glek dah…hiiii

    • Naga sebesar itu adalah penggenapan dari Firman Tuhan dan merupakan peringatan Tuhan bahwa tidak akan lama lagi saatnya akan tiba yaitu Kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali oleh sebab hai seluruh umat manusia ciptaan Tuhan bertobatlah dan carilah Tuhan dan beribadahlah kepada Tuhan maka Dia akan menolong dan memberkati kita……….. Ingat bahwa Ular adalah lambang dari Setan (Kuasa Iblis) krn yang datang menggoda hawa samapi manusia jatuh kedalam dosa adalah iblis yang mengambil rupa seperti ular. saya juga bisa ya kan bahwa itu adalah pertanda bahwa akan terjadi Hujan dan Banjir karena hal – hal seperti itu adalah pekerjaan Kuasa kegelapan untuk membinasakan umat Manusia serta menggoncangkan Iman kita tapi bagi orang yang sungguh2 percaya Kepada Tiuhan Yesus sebagai Tuhan dan akan mengalah pekerjaan Kuasa kege;lapan maka Dialah yang akan selamat. berjagfalah kamu sekalian Firman Tuhan.

      • saya setuju,menurut saya hal yg sepertinya tabu itu sangat memberikan isyarat untuk kita semua. entah halapa yg akan terjadi lgi kali ini ,mudahan tidak terjadi apa-apa…

      • yesusnya datang bawa naga kerumahmu

      • menurut saya itu adalah suatu teguran from our god untuk tidak berbuat lebih banyak sin gi3 btw fhotonya ada yg lbih jelas gak

      • yesusnya jadi naga melawan ular wew apa kada wew

  6. bentuknya aneh…

  7. fotonya ada yg lbh jelas gan?

  8. serem

  9. Waw….. panjagnya ularnya ………
    Mau tahu”CARA MENDAPATKAN PULS GRATIS” klik di http://ibnusyahrezawordpress.com/

  10. pernah baca berita ini di kaskus… ada yang bilang ini hasil photoshop…benar gak ya? :)

  11. ini photosop. tulang leher ular tidak mungkin bengkok kayak gitu. riak airnya juga gak masuk akal.

    • oya tuh perhatiin lebih detail juga tuh

    • Saya setuju sama si pluto,maaf yah:kepala ularnya itu gak jelas dan kalau itu foto asli biasanya orang yang memfoto akan mencamtumkan nama aslinya( PD ),MAAF YAH.kunjungi saya juga di http://bagasfish.wordpress.com/

  12. ngeri gan :lol:

    panjang benerr

    • ii…………ngeri juga y……………

  13. ooooo
    srem amat………………….
    itu pertanda hari kiamt sbntar lg,marilah kita smua memunasabah diri,spaya di hari kiamat kita tdk bertemu dengan naga……………..
    begitu bsarnya kekuasaan Allah swt……………..
    dia memberikan peringatan kepada kita spaya kita bertaubat sebelum aj mnjemput…………………….
    smoga kita termasuk hamba yang di sayangi n di cintai oleh Allah,smoga kita mndapat ridho Allah……………….
    aminnnnnnnnnnnn…………………………

  14. kalo ularnya manjat jembatan mahakam itu baru seru……………..

    • kyahahahaha,
      btul gan,
      kbayang jadi nya

  15. wah kayak ular benaran saja ya..hehee :p

  16. skilas..kyk hasil dr photoshop dech…..
    tpi yah,, apapunn britanyaa…
    “jangan pujungan.. ha ha ha

  17. Foto beneran apa rekayasa sih? Tapi infonya bagus kok, tentang banjir itu apa pemerintah tidak mengantisipasi atau mencegah? Salam kenal jendelakatatiti.wordpress.com

  18. sebagai anak kaltim jujur saya ngeri ngebayangin di sungai mahakam ada mahkluk kyk gt,,, emang di t4 kami banyak cerita kyk gitu, tapi itupun saya kira hanya mitos,
    semoga itu cuman rekayasa….tapi klo beneran gpp deh..ikhlas..T_T

  19. Keren…………. Dari mana, ya Ular alias Naga raksasa itu? Mungkin tersesat dari Kutub tengah. He.., heh….

  20. subhanallah…. xlo bener mang ada .. kudu hati2… takut ada korban …bisa jadiin riest.bwat ilmu pengetahuan juga..sih….maaf baru lam kenal aja

  21. Waktu aku melintas Mahakam ke hulu arah Muarakaman dengan menggunakan speedboat memang sangat menyeramkan perjalanannya. Di kanan dan kiri sungai banyak tumbuh pohon besar. Sedangkan air sungai Mahakam coklat pertanda di hulu sedang hujan deras.

    • Oh gt ya?

  22. Ya sebagai pekerja negara saya sangat berterima kasih atas informasi tentang ular naga di Kutai. Tapi itu sepertinya juga foto rekayasa ya, coba lihat ekornya kenapa lebih tebal? Lagipula whatever i don’t care, sebab ada ularnya michael yg bikin uh oh uh.

  23. ngeri juga yah. tp emang bener ada kok ular sebesar itu, bahkan yg lebih besar di Indonesia

  24. Tempat muncul ularx dimana sih,riam haloq apa long tuy0q,alx jarak antara l0ng tuy0q dan riam haloq kan lumayan jauh.

  25. mantap

  26. Wah wah,,, itu sih bukan anakonda lagi,bapakkonda malah!,abis gede buwanget siih! Hehe

    • Di Kalimantan gak ada Anaconda Bang. Adanya jenis phyton. Malahan bisa lbh besar dari Anaconda. Anaconda adanya di hutan tropis Amazon sana.

  27. masak seh, kurang percaya … gambarnya aja gak jelas, boongan kaliiiiiiiiiiiiiiiiii … hehehe,

  28. Wah…. gede banget itu ularnya ya? Ada juga cerita tentang ular raksasa nih. Di desa Barisan kec Jaken-Pati Jateng ada ular raksasa, panjangnya mencapai lautan selatan. Jadi kepalanya ada di Kuncen Barisan ekornya menyentuh laut selatan. Hmmm, tapi ularnya gak kelihatan, he he he….

    Kepalanya dipatok (dipaku) di Kuncen oleh sang penakluk ular, konon orang sakti. Ketika kami melihat Patok sebesar lemari, merinding juga. Jangan-jangan benar ya?

    Menurut cerita yang beredar, kalau ular ini lepas akan terjadi banjir bandang, karena air laut selatan akan mengalir deras ke daratan. Percaya nggak percaya sih? Ah, tapi jangan percaya deh, namanya juga legenda masyarakat? Tapi patok sebesar lemari itu ada beneran lho? Kami pernah melihatnya langsung dan menebarkan aura mistis.

    Salam kenal, kalau sempat silahkan mampir di Ummati Pres, http://ummatiummati.wordpress.com

  29. [...] Inilah Foto Naga/Ular Raksasa Di Sungai Mahakam (Kaltim) Masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, digemparkan kemunculan sepasang ular raksasa sebesar drum [...] [...]

  30. hoax pa beneran? gambarnya gak jelas.

    • klw mw jls, ambil gambar sendiri dongk!!!!

    • iya tuh gambarnya ga jelas.,

  31. Kayak Ny kagak Asli gamabarNya…

  32. wahh,,benar2 mirip film anaconda ya..
    terlepas asli atau tidak gambarnya, tapi kan emang udah terbukti secara ilmiah klo anaconda hidup di kalimantan..so, penyebutan kata ‘naga’ hanya anggapan masyarakat setempat..

    wallahualam..
    salam knal..

    http://tvauliya.wordpress.com

    • Aduh, ini lagi. Di Kalimantan gak ada ular Anaconda Mas. Anaconda adanya di hutan Amazone. Ular raksasa yg hidup di Indonesia, terutama Kalimantan itu dari jenis Phyton.Besarnya bisa melebihi Anaconda.

  33. nice info gan!!!

  34. wuihh gede amat tuh ular mang ada yah di negri ini ular segede ntu???

    http://www.arfathah.wordpress.com/

    http://www.yukbelli.wordpress.com/

  35. klau emang benar,,,
    harap hati 2x tuh orang yang suka merusak alam

  36. ow ow ow.. ular yang manis.. :)
    salam kenal…
    main2 ke blog saya.. “)

    • lucu juga d sebut ular yg manis mba,,,hehe,,,,,klo d sebut ular yg serem,kasian penduduk setempat pada ktakutan,,,,,ihhhh manisssssss

    • slm knl jg.,

  37. W percaya tentang ular nthu! mang meyeramkan juga ya,,,,,,,,!!!

  38. kalo aq sbg warga kaltim percaya aja klw sungai mahakam menyimpan berbagai misteri yg jauh dr akal fikiran manusia,.. coba ja lihat silsilah raja dan ratu kutai kartanegara I, kedatangannya pnuh legenda… tp itulah indonesiaq

    • setuju,,,,

  39. omomg kosonge ketok

  40. kalo di perhatiin lebih detail kok seperti patung yach..? hehehe

  41. potone gak jelas…hoax paling

  42. Ah…paling” hasil rekayasa, wallahualam bisowabb…

  43. Bisa di akses lwt youtobe gak bro…

  44. Nice info. Cuman anehnya katanya yang ada diboat pada menepi trus ambil gambar. Harusx gambarx bukan diambil dr atas bukit tho? Trus boatnya mana neh?

    • hahaha namanya jg ngarang

  45. wah….,
    ternyata ada yah ular segede itu..

  46. Yupz aq se7 ma hana…aneh..

  47. ular2an bukan?

  48. saya dokter yang bertugas dipedalaman kaltim…..seandainya anda2 pernah ke tempat tugas kami….saya yakin anda akan memberikan jawaban yg berbeda…..tentang kebenaran keberadaan ular2 ini…..hmmmmmmmmmm

  49. misalnya beneran itu naga / ular ,lebih baik kita mawas diri,bahwa kita sangat kecil .

  50. namanya ular…..pastinya senang melintas saja……

  51. koq kayak tunggul kayu yah :D

  52. masih ragu. bo’ongan mungkin.

  53. gambarnya gak asli tuh, sangat meragukan. Kepala ular gak bengkok kayak gitu, terus pola liukannya juga asal-asalan. hahaha
    o iya
    kunjungi blogku

    http://laliamonday.wordpress.com

  54. Foto Ularnya kurang jelas amat

  55. ya…semuanya tergantung…
    tanggapan boleh2 aja berbeda, tpi qta gk tw mana benar y..
    enjoy aja… toh nanti pasti ada kbar laen ya.

  56. kira” hoax bukan ya? ;)

  57. serem amat mas…wih. Ngelebihin anakoda yang ada di sungai amazon ya? hehheee [...]

    Slm knl ya.

  58. terima kasih info nya,,,,

  59. ularnya imut bgt tuh!!!

  60. kok saya ga percaya ya…
    fotonya asli apa fake?

  61. saya percaya , kebetulan saya asli putra kalimantan nich
    soal nya om saya ama 3 temannya penah nangkap ular gede, walau ngak segede itu

  62. Ga ada videox kh???

  63. Katanya diambil dari boat yg nepi kok difotonya ada tanah tepian sungai, emangnya bis nepi naik ya?

  64. hoax atau bukan?

  65. hiii serem juga ngeliatnya…

  66. ikut nimbrung ah…Langka tapi nyata…salam kenal buat semua..

  67. wauw…… panjang juga naganya,
    itu yang muncul diatas permukaan air kepalanya yach!

  68. Ngeri juga ya kalau ngeliat beneran.. Bisa mimpi buruk tuh tiap malam.

  69. Besar dan panjang
    Geli ngeliatnya

    Salam

    http://iklanbaris-gratis.org

  70. No comment.gw gak mau takabur.ntar didatangi krn saat ini domisili dekat mahakam

  71. Koq fotonya kayak animasi, yang lebih jelas lagi ada gak? jadi penasaran, sebenarnya ada ato gak sih?

    • iya jg sih.,

  72. buat mas yg ngedit ini foto,
    ahaha ngaco abis, orang blurnya kliatan gt, air-nya jg kurang alus yg ngepatch,.
    hahahaha kacauu!

    • apalagi kepala ularnya buengkok ky gt, haha

  73. serem juga ya ngeliatnya,apalagi berdekatan gak mau ahh….lam kenal aja bung….mau jualan pulsa gabung yuk di http://www.subowo71.wordpress.com

  74. ah serius tuh foto asli?

  75. sebuah informasi yang sangat menarik untuk menambah wawasan dalam ilmu penetahuan alam.
    sungguh alam indonesia masih banyak materi yang dapat digali untuk menjadi sumber peningkatan mutu pendididkan tentang ilmu alam.

    mari para peneliti dan pelestari konservasi sumber daya alam segera bertindak untuk mempertahankan keunikan dan keanekaragaman alam indonesia ini

  76. Waw di Sungai Mahakam ada Naganya..

  77. sepertinya berita sepertin ini pernah di muat di harian surya, tapi yang dari helikopter. Benar tidaknya, tidak tahu sie..

  78. mc’ c??????????? xg bner ah? ko gw msh agax gx percaya gtu z…. dr gmbrnx jew dah kxk REKAYASA jew,,,, tp it smw tinggal Qtnx aj,mw percaya ap gx… SO WHATEVER…!!!!!!!!!

  79. kalo saya sangat percaya, karena saya pernah megang tengkorak naga silakan lihat di telagasari2002.multiply.com tapi yg itu di dapat dari daerah Sulawesi dari sebuah gua….
    jadi jgn beranggapan semua mitos atau legenda itu semua bohong….thanks

  80. itu beneran ga sech ??? koq gambarnya kaya editan yah ??? kalo bener, gede n panjang bgt uth uler…

    • beneran lah. . . knln yuh. . .

  81. bneran atu cm hoax, sebelumnya jg ada foto dari udara, dan diklaim tu palsu. but its ok to raise up ur traffic

  82. masa sii? yaampun. serem
    anythinginmyworld.wordpress.com

  83. Kl fotonya cuma satu siapa yang percaya ?

  84. saya percaya ada naga di kubar tapi saya meragukan gambarnya saran klo ga da ganbarnya lebih baik jangan pasang gambar asal

  85. hbt ftx!!

  86. wah!! pasti ada yang berhasil ngumpulin dragon ball sampe 7 biji! tapi kok shen long nya aneh? gak ada mata nya? mulut nya? kumis dan tanduk nya? tu gambar ekor atau kepala ya?

  87. SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF …OYA,BISA PASANG BANNER/LINK GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM :roll:

  88. Foto Naga/Ular Raksasa Di Sungai Mahakam (Kaltim)….hehe inmah bener bener naga mas….kede banget tu buaya

  89. Tapi sebagai tambahan,.. harap jangan memburu NAGA ini, karena DIA adalah RAJANYA PULAU KALIMANTAN..

  90. Mungkin aja ular gede itu mmng ada..tapi kok ular ini…kepalanya kayak gitu ya…????

  91. banyak blajar photoshop ya..biar hasil animasi gambarnya lebih baik lagi…

  92. Mantap surantap, top markotop, nice post. Please come to my blog

    http://anakampah.wordpress.com

  93. pantas ada film anaconda di kalimantan ya ternyata memang ada ular yang sebesar itu

  94. waw. . . . bagus banget………………..

  95. numpang lewat ja mas….soal na takut ma ular….

  96. masak sih itu ular?? kok kepalanya kayak pohon??

    oto2.wordpress.com

  97. luar biasa
    lam knal mas

  98. Mang bneran ada ya mahkluk brnama naga? Bkan’a itu mitos?

  99. Naga itu ular punya kaki kan?

  100. SAYA MENUSULKAN UNTUK MENANGKAP ULAR TERSEBUT AGAR MEMPUNYAI BUKTI YG SANAGAT KUAT, JIKA TIDAK BERARTI HANYA HASIL PHOTOSHOP !!! setuju??????

  101. bayan9an aku,na9a itu terban9.. :mrgreen:
    nda melintasi sun9ai

    hemm..ternyata masih ada yah ular2 besar

  102. slm knall…
    wow..ularx gedhe banget…
    gag ngebayangn kl d lilit tu ular…
    remuk”dah ne tulank….
    serem euy….

  103. serem banget….

  104. ngeri saia melihat foto’y doang, reptil jenis tu baik kecil ataupun besar emang serem

  105. wah sotosop itu mas ,, ,

  106. Hanya tuhan yang tahu

  107. itu foto beneran apa rekayasa….jadi penasaran

  108. rasanya foto itu rekayasa, kalau asli, biasanya tidak satu foto dan pasti ada informasi merk kamera dan pengaturannya di exif-nya

  109. Wah besar sekali ularnya, tapi kok masih ragu ya, apa itu beneran

  110. halah, kirain beneran… :(

  111. wow…gede bgt…

  112. gede juga ya…
    tapi fotonya kuarang jelas, jadinya masih belom yakin… hehehe

  113. Assalamu;alaykum
    wah, tak pantas kiranya jika sebagai muslim kita selalu menebar kebohongan seperti foto naga di sungai mahakam diatas yang merupakan foto rekayasa (saya bisa buktikan).. Seandainya foto itu tanpa sengaja diambil dari situs lain segera laporkan kebohongan itu, apabila dengan sengaja Anda buat, segeralah bertobat. Kasihan saudara kita yang lain termakan tebaran tahyul Anda.
    Mohon maaf atas koreksi ini, hanya sekedar mengingatkanmu saudaraku.
    Wassalamu;alaykum

  114. iya tuh kayak bikinan aja.,

  115. fotonya editan nih kayanya…

  116. kepalanya agak aneh(kaku) bentuknya…

  117. Thanks dah infonya. Teman2 lg nyari foto tsb. salam kenal

  118. Kwerennnn!!
    masa ada sih???itu dari kamera ato hp?
    beneran nich???

  119. mari tangkap ular nya!!!! akan jadi sejarah yg dapat menangkapnya dan membuktikan kalo bukan hasil edit jika tidak dapat/ ketemu berarti itu palsu

  120. Nice post sob…
    Keep blogging…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    di http://tombolenter.com/

  121. tmbh dung fotonya
    penasaran nih

  122. sy percaya dg cerita tsb, krn pd tahun 80-an di kalimantan barat tepatnya di sungai kapuas kabupaten kapuashulu pernah muncul ular besar sx bertanduk dan bersisik, yg melihat pd wkt itu adalah bp. massardy kaphat (mantan anggota DPR RI dari PDI kalbar). mereka sekeluarga melihat ular tsb saat akan mudik/pulang k putusibau dg menggunakan motor air / longboat dan mereka mnyebut ular besar tsb nabau, nabau mmg kadang terlihat di daerah kapuas hulu pada jaman dulu,

  123. MASA CI ADA NAGA DI SUNGY MAHAKAM YANG SEBESARX ITU, TGI N HAMPIR SAMA SMUA IH NGRI BANGET

  124. masaa sich d sungai mahakam ad naga…ngerix pank..

  125. ap tu cm rekayasaaa aj…masaa hr gini msh ad nagaaa….cape dech..

  126. percaya kafir

  127. semua tiu bohomg…..
    woooooooooooooo…….

  128. fotonya rekayasa….. klo ularnya kebenarannya…misteri alam..

  129. Lam kenal, ularnya besar sekali…Kita tunggu aj foto2 berikutnya..
    Mau bisnis pulsa. Pndaftaran gratis..Pasif incom 3 mlyar/bln plus bonus total 275 juta

  130. Mau bisnis pulsa. Pndaftaran gratis..Pasif incom 3 mlyar/bln plus bonus total 275 juta

  131. ampun dc,low ular ni pas da di hadapanku
    duh jangan sampai

  132. Mau asli apa nggak terserah deh, nih saya jualan mp3 player the kube. Bagi yang minat hub saya aja

  133. wek, baca dari pertama ampe akhir jd merinding, tp bnr gk yah cerita tersebut ????”:}{+_)(&^&&^!????

  134. itu naga ap bkan cie kaya uler kobra uler kobra kli yh

  135. itu cuma foto klo g ad di depan muka w cie w gk bkal percaya

  136. Lumayan tu bwt kendaraan, pke mtor mah hambur bensin, kyahahaha,

    tp ini naga asli atau bukan sih?
    kenapa g di serbu aja sama warga, di tangkap lalu di adili eh di selidiki

  137. kok kayak sudah diedit yak ?? (Maaf, link URL tidak boleh berada dikomentar)

  138. bagus sekali

  139. bagus sekali naganya dapat dari mana aku mau minta

  140. arwinkin bapakmu yang di edit dasar (edit by admin, dilarang caci-mencaci) orang gue yang liha gitu ma dasar cacat

  141. BAGI YANG MAU CAR PB PANGKAT MAYOR2″ SILAKAN HUBUNGI SAYA KE 085245483640

  142. ade ke naga sebenarnye

    • hmm..nasib baik x terbang kalau terbang 1 malaysia mati kena makan hahahahah.

  143. Terlepas asli atau tidaknya foto tersebut, Saya percaya masih ada ular yang diameter tubuhnya hingga 60 cm dan panjangnya 40 m. Delapan tahun lalu, ketika saya praktek lapang di hutan Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Landak, warga sekitar menceritakan bahwa di daerahnya masih ada ular yang besarnya seukuran log kayu meranti (waktu itu yang ditunjuk oleh pencerita adalah pohon yg diameternya sekitar 60-70 cm). Salah satu cerita yang dikisahkan masyarakat tersebut adalah sbb: ada salah seorang masyarakat sekitar hutan yg tengah masuk hutan. Karena lelah orang tersebut beristirahat dan duduk di atas sebuah pohon tumbang. Orang tersebut terkejut bukan kepalang, karena pohon yang didudukinya tiba-tiba bergerak. Setelah diperhatikan ternyata yang dikira pohon tumbang tersebut ternyata seekor ular yg tengah melintang. Karena saking besar dan panjangnya ular tersebut, kepala dan ekornya tidak kelihatan, jadi sepintas seperti pohon tumbang yang sebagiannya tertutup semak. Penampakan ular besar tersebut jg pernah disaksikan beberapa orang penduduk sekitar lainnya. Wallahualam.
    Bukannya ingin menelan kisah tersebut mentah- mentah, tetapi mengingat rahasia alam yang begitu besar dan belum banyak terungkap, bisa jadi cerita tersebut benar adanya. Karena toh secara ilmiah pernah pula ditemukan ular-ular besar di pedalaman hutan Kalimantan dan Amazone. Kita boleh saja mendebat sebuah fenomena (terutama fenomena alam) berdasarkan argumentasi secara logika dan akal. Tapi seberapa besar sih rahasia alam semesta ini yang telah terkuak oleh akal kita? Bisakah akal kita menjangkau semua rahasia alam ini? Alangkah sombongnya manusia bila menjawabnya dengan “YA”. Wallahualam.

  144. ah,kayak bohongan tapi ya???????
    y udah laen kali cari yang meyakin kan ya?????????????????
    thank’s tapi untuk hiburan na………..

  145. Kalo yang namanya ular raksasa, monster, or apalah..kalo penasaran n pengen tau benar gaknya, ya tunggu aja sampe hari akhir datang. karna smua yg aneh2 dari perut bumi akan kluar.

  146. akh tp kayamya bener juga tuh……….di brazil juga udh ketemu 80 meter di kalimantan ada jg yg 17 meter di sumatra 14meter;makannya jngn ktinggalan zaman.

  147. ngeri juga yah liat foto nya aj udah bgini apalagi yg asli,itulah misteri di hutan kalimantan,penuh mistik,tapi ular itu tidak menganggu mungkin cuma lewat aj,soalnya sy sering pulang pergi ke hulu mahakam.tpi keindahan terpancar di saat melihat batu dinding yang tinggiiiii banget wow.ciptaan tuhan.salam magdalensfashion.com

  148. masih ada ajjh kah naga d sungai mahakam.!!! apa tidak berbahaya

  149. sereeeeeeemm….

  150. ular2 besar itu bersembunyi di dalam gua2….yang tertutup hutan dan pegenungan, menunggu untuk di temukan….. ayah saya seorang pemburu pernah melihat dengan mata kepalanya sendiri….

  151. ehhh baya ad naga d indonesia kan tuh dah punah’..

  152. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuu
    sungguh keajaibannnnnnnnn>?//////////////////////

  153. mungkin ular itu d ikenakan azab oleh tuhan yang maha esa

  154. Aku lah naga itu wkwkwkwkwkwk

  155. Tanda2 akhir zaman.!!

    q prcya nga tu mmg ada, soalnya kakek sy prnah liat naga d sngai mhkam dgn mata kpla sndri n bpk sy jg prnah mlhat ular yg diameterx kra2 kya drum tp pendek sktar 5 mtr’an pas wktu mlintasi jln d lokasi, msh bnyak msteri htan klimantan yg blm trkuak olh manusia.

  156. aq seorang surveyor salah satu perkebunan kelapa sawit didunia tmpatny dikalimantan barat.selama ini aq kerja menyusuri hutan belantara untuk oservasi lahan pmbukaan prkebunan sawit.sejauh ini saya belum pernah menemukan yang namany anaconda kecuali phiton tu dh sering bget aq temui..

  157. ini bukan sotoshop , gak ada editing sedikitpun..
    kalo mau datang saja ke kaltim…
    naga itu kalau dicari kgk bakal muncul…

  158. saya percya karn pernh melihat ular pithon sebesar drum,di bengkulu tpatnya kabupaten mukomuko,jd bkan hal mustahil memang ada di sungai kalimantan,ok bro mantap postingnya cri lg info yg menabjubkan,asal kbenaran dapat ditrima

  159. seremm!!!! kayak anakonda , tapi masih lebih besar lagi , hahahaha
    XD

  160. ular besar memang ada tpi tak sepanjang itu lagian pas bener ular difoto pada posisi di tengah-tengah sungai

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: