Inilah Sebab Kenapa Islam Dikatakan Jorok Dan Kumal


Foto : Antara/Widodo S. Jusuf


Islam sangat mewajibkan setiap umatnya untuk selalu hidup dalam kebersihan. Jika anda melihat bagaimana “khusyuknya” orang-orang yang sedang berdzikir dalam acara Maulid Akbar ini (Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat (26/2). Sangat mengharukan bukan? Tetapi lihat sesudahnya dibawah ini:

Antara/Andika Wahyu

Sampah bertebaran dimana-mana. bukankah sudah sangat jelas Islam sangat mewajibkan umatnya untuk hidup bersih!

Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang kepada kedermawanan. Karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang Yahudi. (HR. Tirmidzi)

Bagaimana mungkin kita “nangis-nangis” saat berdo’a. Tetapi ketika selesai berdoa kita malah membuat Allah tidak suka dengan diri kita atas kekotoran yang kita buat.

Suatu kali ustad saya (dari NU) ngobrol-ngobrol ketika selesai shalat Isya’ di masjid. Beliau mengatakan bahwa dulu ketika dia masih di pesantren (pesantren paling tersohor di Jombang), didatangi oleh beberapa orang Asing dari luar negeri untuk berkunjung melihat-lihat pesantren tersebut. Namun setelah melihat-lihat seluruh pesantren, si Bule ini merasa jijik dan terlihat sedikit mual ketika melihat beberapa kamar mandi pesantren. Seketika itu terucap kata “jorok” oleh orang asing tersebut karena mungkin mencium aroma yang tidak sedap.

Mulai dari situlah terbesit pembenaran bahwa “Inilah sebab kenapa Islam Dikatakan jorok dan kumal”. Karena memang terlihat realitasnya seperti itu. Bagaimana mungkin kita mengatakan Islam itu adalah jalan kebenaran, menyukai kebersihan, tetapi realitasnya jauh dari hal tersebut. Pasti orang diluar Islam akan tetap mengatakan “islam itu jorok dan kumal”.

Jadi jika kita adalah penggiat ASWAJA penggiat sunnah-sunnah Rasulullah. Maka bersikanlah diri dan wilayah kalian dari berbagai kekotoran. Jangan jadikan Islam itu sebagai agama jorok, kumal dan menjijikkan. Jika kalian masih “kotor” malulah dengan klaim ASWAJA yang kalian umbar-umbar.

Mari hidup bersih, karena Allah menyukai kebersihan.

About these ads

144 Tanggapan

  1. betul sekali sobat,bahkan ada sebuah kalimat bahwa kebersihan adalah sebag\ian dari IMAN….maaf saya ga tau bhs arabnya….

    • inazofathu minal iman
      buktikan kediri dulu,kluarga,baru kluar {umum}

    • :) :)

  2. Rangkaian gambarnya bagus :)

    Karena itu pimpinan2 jangan sibuk propaganda partai, sampai lupa propaganda hidup bersih.

    Jawab Jaisy01:
    Yups, betul pak. Hidup bersi! :)

    • setuju,, jangan hanya ketika akan ibadah kita bersih-bersih
      tapi setelah ibadah juga harus bersih-bersih,, atau menjaga kebersihan setelah melakukan ibadah,,

    • he…………… he……………… ngambil gambarnya bisa aja…pas ada tukang sapu dan panitia ambil itu koran kok ngak di foto ngak di foto cuma pas berserakan… berimbang donk kalo nampilin artikel….

      Jawab Abu Jaisy:
      Foto itu diambil dari Vivanews. Di Vivanews tidak ada foto orang mengambil koran, jika ada maka insya Allah saya akan tampilkan juga. Dan Vivanews mengambil dari fotografernya ANTARA

  3. kita mulai dari diri sendiri hehehe

  4. orang orang bodoh… kaku terhadap keyakinan…
    meningkatkan imanensi, tapi mengabaikan lingkungan…

  5. Kesadaran akan hidup bersih dan sehat di kalangan umat perlu terus dijaga dan ditingkatkan

  6. bukan Islam saya kira yg dikatakan jorok. Tapi lebih pasnya ‘Muslim Indonesia’ yg jorok. Buktinya muslim2 di timur tengah bersih2. ya to?

    Jawab Jaisy01:
    Yups! :)

  7. nggak perlu terlalu dipermasalahkan buat sampah yg ditimbulkan, itupun juga membawa berkah bagi para pemungut sampah, yg lebih diperhatikan adalah,

    karena do’a serta shalawat yg mereka kumandangkanlah yg membuat jakarta terhindar dari murka Allah, dan InsyaAllah dosa mereka terhapus

    dan ada yg paling kotor dari sampah yg ada diatas yaitu KOTORAN HATI ANDA, itu yg membuat anda congkak, iri hati, dengki, BURUK SANGKA dan hasut, lihatlah SAMPAH dihati anda,
    semoga Allah mengampuni anda

    tolong jaga persatuan dikalangan muslim, mari kita dukung majlis2 taklim, jangan hanya melihat celah keburukannya aja,

    dan justru perangilah kemaksiatan yg ada dijakarta, itulah yg seharusnya ada dibenak anda

    Ampuni dosa2 hamba Ya Allah

    • dalil nya kelihatannya dipaksakan ya…………
      apa gak lebih baik dikumpulkan sehingga yang mengambil tinggal bungkus aja kan lebih baik dan indah………….

      se7 soal kotoran hati harus dibersihkan smua muslim harus itu, jadi cool ……….. aja dech.

      sepakat persatuan harus tetap kita jaga sesama muslim, jadi peace ah.

  8. jorok bukan budaya islam bro… tp budaya bangsa kita

    • budaya adalah buatan manusia.
      jadi…………………
      bisa dirubahkan……………….

  9. Betul sekali tuh… mungkin nasehat A’a Gym yang 3M bisa diterapkan untuk kebersihan juga… : Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yg kecil2 dan Mulai dari sekarang…
    Yuk, bersih2….

    Salam kenal…

    • akan lebih lagi di tambah dengan yang TSP ya …….

      peace ah…………….

  10. bener banget…
    islam adalah aagama yang mencintai kebersihan, damai dan penuh keindahan..
    salam kenal and sukses selalu..

    sedj

    http://sedjatee.wordpress.com

  11. Mas mungkin sebaiknya redaksi judul ma isi diperbaiki, tahu kenapa…..

    Judulnya jelas sekali jika diartikan BAHWA AGAMA ISLAM ITU JOROK DAN KUMAL artinya ditujukan kepada AGAMA tapi ketika saya membaca isinya justru yang dikatakan JOROK DAN KUMAL ADALAH KELAKUAN UMATNYA (OKNUM) BUKAN AGAMANYA, ini jelas sekali sampeyan menulis kalimat ini …

    Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang kepada kedermawanan. Karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang Yahudi. (HR. Tirmidzi)

    Ini menunjukkan bahwa Islam Menganjurkan supaya Umat-Nya menjaga kebersihan …..ditambah dengan kalimat …

    Jadi jika kita adalah penggiat ASWAJA penggiat sunnah-sunnah Rasulullah. Maka bersikanlah diri dan wilayah kalian dari berbagai kekotoran. Jangan jadikan Islam itu sebagai agama jorok, kumal dan menjijikkan. Jika kalian masih “kotor” malulah dengan klaim ASWAJA yang kalian umbar-umbar…..

    Anda yakin dan percaya bahwa Rasulullah mengajarkan agar kita selalu menjaga kesucian …. dan satu hal yang anda lupakan bahwa Hanya Dalam Islamlah orang yang mau masuk ke tempat Beribadah Dianjurkan dalam keadaan Suci.

    saya yakin seorang blogger bisa menentukan judul sebuah kalimat sudah pasti akan sama dengan isinya tapi untuk postingan kali ini saya melihat sebuah perbedaan dan penafsiran judul dengan isiyang berbeda….

    Saya tahu niat anda baik tapi alangkah baiknya redaksi judul diganti atau diubah

    Salam hangat

    Jawab Jaisy01:
    Terima kasih atas nasehat Omiyan. Terus kritik para blogger demi kemajuan para blogger bro Omiyan.

  12. semoga selalu mejadi pengingat yang selalu diingat…

  13. bukan islamnya yang jorok, tapi manusianya yg kurang sadar kebersihan..

  14. Iya, sepakat. Terkadang hal-hal seperti itu dianggap kecil dan tidak penting. Padahal sebaiknya hal seperti itu tidak diabaikan.

  15. wah,mungkin kita harus mulai dari diri sendiri dulu deh.

  16. “At thohru satrul minal iman”
    kebersihan itu bagian dari keimanan, jadi belum beriman dengan sempurna kita kalo masih jorok dan kumal

  17. Assalamu alaekum wr.wb. Numpang baca bro..

  18. Kritik yang bagus … kita memang harus berbesar hati mengakui kelemahan untuk dapat diperbaiki di kemudian hari … Thanks udah mengingatkan … karena saya juga kalo shalat Id suka melakukan demikian … karena emang ada sudah ditungguin pemulung yang mau ngambilin koran-koran tersebut … Tapi Insya Allah ke depannya akan saya perbaiki … Sekali lagi thanks sudah diingatkan … :D

  19. jangan dulu belajar fiqih yang tinggi-tinggi, fiqih dasar macam thaharah atau kebersihan buat diri sendiri saja belum bisa sempurna.
    Penyakit umat islam jaman sekarang : Alergi Muhasabah.

  20. Salah satu kebiasakan buruk kita yang paling mendasar, yaitu JOROK ! Selain itu kebiasaan buruk mendasar lainnya yang telah mentradisi dan harus dimusnahkan adalah.

    DUSTA
    MALAS
    GIBAH
    LALAI
    SOMBONG
    BOROS
    EGOIS
    TAMAK
    EMOSIONAL
    PRAGMATIS
    IRI

    Mungkin itu juga ada pada diri kita, semoga kita bisa lebih baik.

    Salam kenal dari http://www.kangjavas.wordpress.com

  21. Hu uh ,,,,
    Stuju banget sama anda,,,

  22. mangtap betul nih tulisan ……. emang bener kalo ngaku Islam kudu bersih karena ISlam agama yang bersih….. sedangkan budaya kotor itu adalah perbuatan setan dan konco-konconya ….. setan emang paling suka yang kotor, jorok dan bau…. nah kalo masih ada orang yang senang dengan sesuatu yang berantakan, kotor dan bau ini prajuritnya setan (keknya begitu deh) soalnya mereka menyebarkan budaya kotor agar ditiru…. biar banyak pengikutnya dan membenarkan perbuatannya yang salah …..

  23. Sebenarnya kita tidak perlu membesar-besarkan masalah ini dulu, seandainya keimanan ini sudah tertanam dalam hati umat maka kesadaran akan masalah kebersihan ini akan muncul dengan sendirinya.

  24. Saya kira jangan kata ISLAM yang digunakan di sini. Seperti anda katakan ISLAM sebagai agama adalah seperangkat ajaran yang salah satunya menganjurkan kebersihan. Bahkan sebelum shalat kita harus bersih-bersih dahulu dengan berwudlu. Lebih tepat adalah kata UMAT ISLAM / MUSLIM yang digunakan dalam konteks ini. Tks.

    Jawab Abu Jaisy:
    Maaf, kalau memang tidak berkenan dengan judul tersebut. Jika dalam ilmu media yang saya pernah peroleh dulu saat menjadi wartawan, judul memang kadang harus provokatif agar orang melihat dan membacanya. Jika disebut oknum/umat atau hanya sebatas individu saja maka hal itu adalah biasa. Seperti kata Islam adalah teroris, hal ini adalah realitas yang digunakan atas pemahaman orang-orang Barat terhadap Islam karena melihat “teror”. Dan dari “kebersihan” itu juga yang menjadikan Islam menjadi tercemar. Setiap orang dibekali dengan pikiran “sempit” dengan justifikasi. Seperti oknum polisi yang melakukan tindakan kecurangan maka yang jelek adalah institusinya bukan oknum tersebut. Maka dari itu, saya memberikan judul dan ilustrasi dari foto tersebut dengan memberikan dalil-dalil Rasulullah, sehingga ada realitas yang harus kita jaga. Bahwa ketika kita melakukan sesuatu hal, yang dilihat bukan hanya kita saja tetapi Organisasi, Institusi dan Agama Islam. Tak jarang ada banyak missionaris kristen juga yang memanfaatkan hal tersebut.

    Terima kasih telah berkunjung. :)

  25. konsep islam masih di permukaan belum masuk ke perilaku dan kebiasaan jadi citranya tidak konsisten.makanya orang islam harus dirubah mind setnya…

  26. Kurang disiplin, kurang konsisten dan tidak istiqomah, atau apalah gitu gan..
    soal kebersihan, yang bener annadzofatu minal iman atau at thohuuru syathrul Iman..? nice post gan..

  27. mari kt ubah budaya itu

  28. Judulnya perlu dikoreksi, sebab ajaran Islam jelas sangat menganjurkan kepada kebersihan. Permasalahannya terletak pada umat Islam bukan pada ajaran Islamnya.
    Anda ingin judul provokatif tapi hati-hati dalam pilihan kata.

  29. Seringkali masalah sepele seperti ini dianggap remeh, padahal kalau dipandang lebih luas, efek yang muncul malah berdampak global.

  30. Setujuu…
    Tapi kalo liat dari sisi yank laen, kekotoran2 itu (kertas-kertas koran yang berserakan) bisa merupakan pendapatan bagi pemulung2 yang mengumpulkan kertas2 bekas u/ di daur ulank lho:)
    Haha… tapi tetep ga bener sehh buang sampah sembarangan.

  31. Assalamu’alaikum.

    Menanggapi tulisan “Bagaimana mungkin kita “nangis-nangis” saat berdo’a. Tetapi ketika selesai berdoa kita malah membuat Allah tidak suka dengan diri kita atas kekotoran yang kita buat”

    Padahal saya pikir, kenapa orang yang membawa alas tersebut masing-2 membersihkanya atau membawanya, pasti tidak akan sekotor itu.

    Ironis sekali memang, seperti kita menasihati orang lain untuk sholat tetapi diri kita sendiri tidak sholat, melarang orang lain untuk berbohong tetapi kita sendiri kadang-kadang suka berbohong. Saya pikir sifat seperti itu seperti sifat orang-orang fasik.

    Semoga kita terhidar dari sifat orang-orang yang dibenci Allah. Amin.

    http://peciexclusive.com

  32. Bersih bersih donk ah kan asyik diliat-nya

  33. benar sekali mybro…dan setuju…semua Agama mengajarkan umatnya untuk hidup bersih, itu semua harus dimulai dari diri sendiri…ayo hidup Bersih jangan JOROK!!!

    okedeh, kalo lagi ga sibuk mohon JJS n komat-kamit d blog saya: http://lovenroll.wordpress.com/ trims :D

  34. Setuju pak!!!…saya juga pernah denger bahwa “Kebersihan sebagian dari Iman”..

  35. Yg jorok orangnya, bukan acaranya kan, Ustadz?

    Sy kuatir dr soal sampah nanti terbangun persepsi yang tidak adil terhadap acaranya, penggagas acaranya, atau tokohnya.

    Mohon maaf… Semoga Allah membersihkan hati kita semua. Dan biarlah saya lebih dulu mengucapkan: Astaghfirullah…

    Jawab Abu Jaisy:
    Poitnnya adalah kebersihan, bukan acaranya :)

  36. pantas saja….

  37. http://esbuah.wordpress.com

    ga semua kyk gitu…..
    mending cuma ngotorin lapangan, daripada ngotorin alam..???

  38. tapi menurut saya lumayan bagus itu karena rejeki bagi para pemulung lumayan ka,,
    tapi emang sih kotor g enak diliat harusnya masing” orang mengambil sendiri sampahnya dan di kumpulkan di satu tempat jadi mudah di bersihkan dan di ambil oleh para pemulung :lol: ..

  39. yups……
    terjemahan bebasnya kurang lebih memang “kebersihan adalah sebagian dari iman”

    saya jadi ingat pesan Aa Gym
    Tahan buang sampah sembarangan
    Simpan sampah pada tempatnya
    Pungut sampah Insya Alloh sedekah

    atau terkenalnya T S P

  40. Bukan islam yang jorok dan kumal tapi oknum yang memberikan kesan negatif itu.

  41. tulisan yang bagus untuk introspeksi…

  42. yapppbtul

  43. Jadi bukan islamnya nih?? tapi oknumnya?? :D

  44. Artikel yang sangat bagus Sob,
    Saya setuju, mudah2an ada pengurus ormas yang membaca artikel ini.

    penilaian orang pertama oleh orang kedua, bukan karena omongan orang pertama. tapi oleh perbuatan (yang dicontohkan) orang pertama, dan omongan orang ketiga. IMHO

    RobbyMilo
    “Never ride faster than your guardian angel can fly”

  45. Ingat “kebersihan sebagian dari iman”, betul gak teman?
    :-)

  46. Apakah umat Islam sendiri akan Toharoh ya..

  47. Apakah umat Islam sendiri sudah lupa akan Toharoh ya..

  48. turut prihatin

  49. assalamu’alaikum …

    antum bisanya hanya bisa Menjatuhkan Saudara sendiri dari pada Membangun Ummah dan Negara.

    lihat lah beberapa jam kemudian lapangan tersebut sudah bersih .

    kami berzikir bersama para Ulam dan Habaib dan juga pemimpin Negara kita.

    semoga Allah Merahmati antum.

    salam dari kami

  50. ya mari bersama sama bersihkan hati dan taqwa kita setiap hari.buang yg jelek benahi dan sempurnkan iman kita trus karena kita nanti akan menghadao yg mh kuasa.ok trim

  51. Kalau melihat gambar diatas memang itulah gambaran kehidupan orang2 diindonesia. Namun saya sangat tidak setuju dengan judul tulisan Anda yang menyimpulkan Islam dari sekedar contoh sedikit seperti itu. Seolah, anda mengatakan seluruh umat islam itu jorok dan kumal. Ingat lho jumlah orang muslim sedunia hampir 3 milyar. Apakah segelintir muslim di monas dan jombang bisa akurat menggambarkan yang 3 milyar?

  52. ya…tapi jangan men-generelisasi umat muslim yang lain donk.

  53. Ah, ini postingan bagus. Aku juga sepakat ini Mas/Pak. Jadi ingat lebaran yang lalu di Aceh sini. Khatibnya dengan tegas mengingatkan, bahwa adalah sia-sia berpuasa membersihkan diri tapi tidak bersih di hari yang suci, termasuk “dengan para jamaah sekalian membiarkan kertas-kertas berserak di lapangan sesudah khutbah ini selesai.”

    Dan beliau benar.

    Soal pesantren/rumah ibadah muslim yang *maaf* sering jorok itu, memang harus dibenahilah. Di Baiturrahman Banda Aceh sudah baikan sekarang. Kamar kecilnya diberi wangi karbol setahuku.

    Di mesjid kami di daerah kabupaten ini juga sudah mulai ada perbaikan. Tentu saja kesadaran umatnya sendiri. Jangan sampai nanti timbul anekdot melecehkan lagi: “Gampang mencari kamar kecil di negeri muslim. Cari saja rumah ibadah yang ada bau pesing.” Bukan begitu, Mas/Pak? :D

    Salam kenal ;)

    Jawab Abu Jaisy:
    Alhamdulillah, semoga kebersihan ada pada semua tempat. :)
    Salam kenal juga mas, terima kasih telah berkunjung.

  54. yup,.. setuju! kebersihan sebagian dari iman…

    hidup bersih itu sehat…

  55. Jangan Islamnya yang dikatakan Jorok, tapi ORANG INDONESIA nya yang nggak mau sadar kebersihan. Mereka cuma berkata hal – hal yang besar namun tidak mempedulikan hal – hal yang sepele dan mudah dikerjakan. seperti membuang sampah pada tempatnya.

    BTW, Nice Inpoh gan !!

    • Betul, betul, betul………..
      Kalo islam nya sudah bagus, tinggal pengikutnya aja yang perlu memperbaiki diri

  56. so… mulailah dari diri sendiri… mulai dari yang kecil.. dan mulai lah dari sekarang…
    hidup bersih bukan impian bung..!!!

    salam muslimshare..

    http://muslimshare.wordpress.com

  57. Semoga keselamatan ada padamu. :)

    Nah kan, bila satu ayat pun gugur, maka ayat2 yg lainnya diragukan bisa bersemi. :)

    Karena benar (hak) adalah logis atau aljabar (gak ngerti penjumlahan, diragukan ngerti pengurangan), begitupun dengan agama yg hak (benar). Trimakasih saudaraku. :))

  58. Bersih itu sehat, betul kan?

  59. Kebersihan adalah sebagian dari iman, itu hadist yang sering kita abaikan. Maaf saja lihat rukuh-rukuh (mukena) yang ada di masjid atau musola banyak yang kotor dan bau, walau ada masjid yg mukenanya bersih. Semoga hal yang namapaknya kecil tapi penting dan menunjukkan kadar keimanan kita ini diperhatikan oleh umat Islam. wassalam.

  60. Betul sekali pak. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman?

  61. Mohon maaf sebelumnya, klo tau, siapa yg kemudian membersihkan sampah2 itu? :) Terimakasih. :)

    Jawab Jaisy01:
    Waduh jangan tanya saya, saya nggak ikut dzikir disitu. :)

  62. betul bgt..menyebabkan byk penyakit….

  63. an-nadhafatu minal imaan.. ayo donk kaum muslim jadi pelopor green n clean!!

  64. Al Islamu mahjubun bil muslim

  65. benar sekali. jazakumullah

    kadang kita juga dengan mudah menganiaya lewat menginjak2 sendal orang lain dengan sendal kita saat hendak masuk dan keluar masjid

  66. bukan agamanya yang jorok dan kumal, tapi manusianya..

  67. Setuju, mari kita mulai dari diri kita dan lingkungan sekitar kita. Salam kenal

  68. Mungkin ada benarnya, tapi Islam identik dg kebersihan. Jika mengaku muslim, harus bersih. Di satu sisi Anda menggiatkan orang lain untuk bersih dan tidak jorok, tetapi di sisi yang sama, Anda memampang berita dari SUARANEWS yang isinya JOROK.: HEBOH!!! Foto Telanjang 5.200 Orang. Bagaimana nih? Perbaiki diri dan instropeksi.

    Jawab Abu Jaisy:
    Afwan akhi, apakah ada foto joroknya di suaranews.com? Atau hanya sebatas judul saja? Di postingan blog ini pun banyak keyword-keyword yang dicari orang “jorok”, berjihad dengan menembak keyword itukan ibadah! (Seperti antum berfikiran untuk menbid’ahkan seseorang itu juga berjihad) Asal tidak ada foto-fotonya dan kata-kata joroknya. Mari kita saling mengingatkan tanpa menjadi qadhi’ yang paling benar dari yang lainnya. Rasulullah membawa Islam ini untuk menyeru, bukan untuk menghakimi seseorang. Terima kasih telah mengingatkan saya dan berkunjung diblog ini.

    • alergi dengan kata “jorok” kyknya tuh orang mas.

      Jawab Abu Jaisy:
      Hehehe :D

  69. utk masalah kebersihan yang anda sebut diatas, saya sangat setuju sekali 100%, karena menurut pandangan sy hal tsb memang “budaya” sehari2 bagi mayoritas masy Indonesia yg memang sbgian bsar bragama Islam. Tapi untuk msalah kbersihan moral,iman,hati dan taqwa, sy ykin kalo mayoritas org indonesia (khususnya kaum muslimin & muslimat) masih bs djaga kebersihannya, Wassalam…..

  70. betul

  71. Jd orang muslim mulai skarang berusaha hidup bersih

  72. betul tuh yg di atas emang lg pada sibux cari muka dg azaz manfaat kasus2 yg lagi populer

  73. wah makasih banget neh, menggugah saya sbg orang muslim.

  74. like this

  75. nahi tu dia bertambah lagi ciri kita ngaku muslim tapi nol realiasasi,,,ayo kita ingatkan muslim Indonesia ini supaya tidak ngaku Islam saja

  76. aduhhh,,,, pada kmn pa ustadnya?

  77. Iya, waktu sholat ied di lapangan deket rumah juga gitu. Huhu… =(

  78. Kunjungan sesama blogger sob…
    Blognya menarik nih…
    Ditunggu kunjungan baliknya ya…
    Dan jangan lupa komennya…

  79. Astagfirullah…. apakah mereka tidak menyadari kebersihan itu juga sebagian dari iman, kenapa mereka berbuat seperti itu?
    AYO UMAT ISLAM GERAKAN IMANMU KEMBALI, SUCIKAN HATIMU, BERSIHKAN LINGKUNGANMU, Allah,,,,, maafkan kami,,,,,

  80. Setuju muslim harus bersih
    Klo zikir aja sampai nangis2, klo ngerbersihin sampah sendiri g mau :D
    ========================================
    Tertarik tentang SQA masuk sini http://sqaindonesi.wordpress.com

  81. betul

    betul

    betul

  82. Kalo ditempatku dulu sebelum sholat Ied ( pas lebaran) di mimbar disampaikan pengumuman agar alas koran yang dipakai alas, setelah selesai agar dikumpulkan ditempat sampah yang sudah disediakan, walhasil 90 % jemaah melakukannya. Jadi harus selalu diumumkan dan diterapkan agar menjadi suatu kebiasan dan tidak lupa dilokasi tersebut disediakan tempat sampah. karena Lucu, karena kebiasaan saya, saya sholat ied ( Idul Adha) dilain tempat, cuma saya yang membereskan alas koran tersebut, orang lain tidak, jadi saya sendiri seperti orang aneh yang bawa koran bekas diuwel-2 celingukan cari tempat sampah…

  83. kurang kaffah :D

  84. setuju…bersih khan juga sebagian dr iman :)

  85. Mudah2an bagi yg sdh melihat gambar diatas bisa terbuka pintu hatinya utk selalu menjaga kebersihan, tdk seperti yg ada dlm gambar diatas.
    Terima kasih artikel anda baik dan sesama umat muslim mari bersama-sama bergandengan tangan utk menujukan kepada dunia luar bahwa tdk semuanya kotor, mari kita mulai dr diri kita masing2, gambar diatas sebagai contoh ulah sebagian oknum2 yg tdk bertanggung jwb dan tdk mengerti akan arti kebersihan. Maaf ikut nimbrung, salam kenal

    Jawab Abu Jaisy:
    Iya, mari bersama bergandengan untuk membangun kembali Islam. Apapun organisasi Islamnya tetap satu agamanya ISLAM. Terima kasih telah berkunjung :)

  86. emang sih uda ada “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”…tpi kRg tinggal Pengamalannya..

    monggo mulai jaga kBersihan dari hal kecil…mulai dari diri kita dan dimulai sekarang…. :)

  87. Saudara judul artikel anda ‘ Inilah Sebab Kenapa Islam Dikatakan Jorok Dan Kumal’ , hemat saya mungkin terlalu fulgar dan memberikan artikulasi pemaknaan yang sangat kontras dari yang seharusnya. Kalau kedepannya Mungkin bisa diberi tanda petik di judul itu? .Namun saya sangat salut dari materi anda ? Inna dina indallahi islam. Allahu Akbar

  88. kENYATAANNYA MEMANG BEGITU

  89. bukan islamnya yang jorok dan kumal tapi orang – orangnya yang jorok dan kumal ………… ( trutama orang – orang yang suka akan kejorokan dan kekumelan )

  90. Sabar… sekarang jug sudah bersih kok? Ada petugasnya, tenang aja…. Namanya juga sejuta orang lebih berkumpul, pasti ada efek-efek negatif dan positifnya.

    Mengenai pesantren, tenag aja…. sekarang juga sudah mulai modern kok? Sudah mulai bersih, jangan belebihan lah…?

    Jawab Abu Jaisy:
    Loh ini ustad saya yang cerita, beliau sendiri sering menjadi ustad “pembekalan” ustad yang lain di pesantren tersebut. Dan itu menjadi pengingatan bagi kita atas taujih beliau untuk selalu hidup bersih.
    Terima kasih telah berkunjung. :)

  91. Hmmmm…..kayaknya semua manusia di Indonesia masih seperti itu..apapun agamanya.

    DOWLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN GRATIS
    http://www.penuai.wordpress.com

  92. Nice posting shobat….Islam sesungguhnya agama yang sempurna..namun kadang umatnya sendirilah yang tidak mengamalkan ajaran2 mulia tsb.. maka teruslah pelajari Islam dari berbagai aspek2nya secara kaffah…

    Untuk masalah tsb saya punya berbagai e-book buat kita semua http://ibnumariam.wordpress.com/free-download/ …semoga berkenan. Jazakumullah khoir…

  93. ISLAM adalah agama yang sempurna.jadi jangan lagi anda berkata seperti itu.karena yang anda paparkan itu bukanlah bagian dari Agama.tetapi bagian dari cara hidup. Orang yang bijak adalah orang yang tahu dan paham bagaimana membawakan diri serta pendapatnya.

  94. he,,,,,,he,,,,,,, klo itu bukan ISLAM tp MUSLIM yang bikin ulah

  95. kadang lupa dengan bau keringan sendiri

  96. iyap….
    betul banget tuhh..
    mestinya ga buang sampah sembarangan…
    tapi lumayan juga tuh ngasih kehidupan bagi para pemungut sampah daur ulang.. :)

  97. Wah judulnya serem, bikin penasaran saja. semoga Alloh memudahkan kita semua untuk menjalankan sunnah dimanapun kita berada. Berpegang teguh pada Sunnah dan pemahaman salaf…….seperti amalan-amalan kita misalnya dzikir bagaimana yang sunnah dan sekaligus perhatikan hal-hal yang seperti diatas!!!!!! jangan samapai kebalik, kita memikirkan masalah seperti diatas. tapi malah teledor Amalan kita berantakan….kalau beginikan lebih bahaya!!!!bagi teman-teman yang ingin menambahwaswan kesehatan, silahkan mampir ke blog kami (berkahalami1.wordpress.com)

  98. itu perbuatan manusia nya bukan agama nya….kalau penulis menulis islam dikatakan jorok…berarti itu menyangkut agama…tapi jika umat islam dikatakan jorok itu berarti perbuatan manusia bukan agama….yang benar atau yang dimaksud tulisan diatas apa…..????

  99. Tabea… Salam kenal. Thanks,-

  100. ya tidak bisa divonis islam semua begitu dong, justru kita harus mencari solusi.

  101. setuju!

  102. Salam kenal Sobat!

    Fenomena sepert di atas sudah pasti akan terjadi, hal itu digambarkan dalam sebuah hadis yang intinya “Islam itu tinggi derajatnya dan tidak ada yang melebihinya, hanya saja orang (yang mengaku) Islam itu sendiri yang menjatuhkan ketinggian derajat Islam itu”.

  103. hidup bersih….

  104. ya orang biasanya terlalu senang untuk meminta dan terlalu malas untuk mengabdi,,

    http://hariterang.wordpress.com

  105. Saya setuju. Kalo jadinya kaya’ yang di ilustrasi nomor 2 itu, jangankan sesama Muslim, sebagai sesama orang Indonesia saya juga kecipratan malunya!

    Yah, semoga dikit-dikit kita semua pada berubah, ngga melulu mengharapkan perubahan keadaan.

    Salam kenal!

  106. Mmm,.. ada benarnya. Terpenting adalah tinggalkan yg jorok dekati yang bersih termasuk hati dan pikiran kita. Ini adalah koreksi atas perilaku umat Muslim.

  107. Orang suka bersih adalah bawaan lahir, bukan tergantung agamanya. Orang-orang Eropa cenderung suka bersih.
    Bila melihat haji Turki yang Eropa dan haji Indonesia yang Asia Tenggara, haji Turki lebih suka kebersihan daripada haji kita, Indonesia.

  108. Saya juga sedih kalo liat seperti artikel di atas.. mudah2an semua kaum muslimin lebih peduli lagi terhadap kebersihannya..

  109. Saya sangat setuju dan menyukai artikel anda
    Salam Kenal
    Irfan

  110. iya..ya.. mas…saya merasa prihatin juga

  111. Annadlofatu minal imaan, begitu bahasa arabnya

  112. kirain artikel bermuatan sara t’nyata sangat bermanfaat.
    salam kenal

  113. itu orang indonesia tuh yang seneng jorok2..

    wkwkwkwkwkwkk..

  114. klo ga salah: “anazo fatul minal iman” yah? patut jadi bahan introspeksi…sip pak

  115. betul banged..
    kalo dari kebersihan aja dah di cap jorok gitu,,,
    apalagi ajarannya ya…
    ugh ulah” orang yg tidak bertanggung jawab >_<

    HIDUP!!! ^_^

  116. itu kalo dibersihkan sendiri sama jamaahnya nanti tukang sapu ama pemulung gak dapat kerjaan…. he he

    well… serba repot jadinya…

    tapi memang benar yang anda sampaikan…

    mampir kesini ya…

    http://taimullah.wordpress.com/

  117. bersih adalah kepribadian.jadi jelas kt umat islam hrs sadar..

  118. iya… setuju…. tapi jangan hanya kritik ya,.. tapi ikut serta dalam perbaikan…

  119. setuju… mulailah dari hal kecil, mulailah hari ini, mulailah dari diri sendiri

  120. baiknya habis sembahyang perlu bersih-bersih, selain bersih rohani mesti bersih jasmani
    Mau Ngetes pasanganmu Reg CINTA
    Prediksikan Hari kematianmu?

  121. Jika belum bisa mengerti betul apa itu arti kebersihan berarti belum tau banget apa itu Muslim. Artikel menarik. Memang hal seperti ini yg masih tak ada kesadaran pada umat.

  122. Ironis memang,
    Apalagi ditambah meludah sembarangan, ugh..

  123. mari kita hidup bersih, saya dukung mas, jangan lupa berkunjung keblog ku yah

  124. ya mesti na penceramah na harus menasehati juga agar menjaga kebersihan sesudah acara

  125. saya melihat halaman orang islam paling jorok dari pada orang agama lain. ini fakta lho…coba lihat perkampungan orang makassar di mana saja mereka berada, pasti kotor dan penuh dengan sampah.

  126. Btul bgt mas,skali lg mari qt brsìhkan dlu dri qt pribdi baek raga maupun jiwa,dan lingkungan d skliling qt,agar anggapan itu tdk slalu mlekat d kaum ini,jazakumulloh…

  127. Yang jorok itu oknum2nya. Tidak pada ajaran Islamnya,karena Islam sangat memerintahkan menjaga kebersihan. mas, kalau bikin judul yg bener donk..

  128. mudah mudahan dengan membaca artikel anda kita umat islam lebih memperhatikan lagi kebersihan terutama dari dalam diri kita masing masing

  129. islam indo kali tepatyny kk… =P

  130. Subhanallah,menggugah,jika tidak keberatan bergabunglah di aggregasi web kami,cukup memasang banner kami,insya Allah setiap postingan terbaru dr sahabat akan muncul di web kami

  131. afwan wan… kalo masalah berserakannya sampah, itu bukan masalah utama, apalagi kalo kita lihat di poto tersebut, ane sebagai jamaah dari majelis rasulullah sohibul acara tersebut merasa terpojok, namun kita jangan lihat dari depannya saja, coba kita pikirkan lanjutan dari acara tersebut, meskipun sampah berserakan, namun itu semua merupakan ladang rizki bagi sebagian orang, sampah2 dari acara tersebut dapat memberikan nafkah bagi keluarganya….

    yang dibilang jorok itu, silakan cari situs2 yang menebar hawa nafsu…. itu jorok sesungguhnya…

    Jawab Abu Jaisy:
    Maaf mas, saya disini tidak membahas masalah majelis apapun. Yang saya bahas adalah masalah kebersihannya, jadi siapapun dari majelis atau orang Islam manapun yang tidak bersih maka itu tidak sesuai dengan sunnah-sunnah Rasulullah. Tidak perlu merasa terpojok, disana tidak ada kata organisasi atau apapun. Dan itu muhasabbah bagi kita umat Islam semuanya. Untuk selalu hidup bersih, bersih dari dunia maupun bersih dari prasangka-prasangka buruk terhadap umat Islam yang lainnya. Jika mau memberikan ladang rezeki kepada pemulung, alangkah lebih baik korannya dikumpulkan dulu oleh setiap peserta dan panitia setelah itu dikasihkan kepada pemulung. Yah jangan sampai pemulung masuk dan mengambili sampah-sampah tersebut lalu dibilang itu rezeki mereka, malah nanti ada kesan itu TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang dikerubutin oleh pemulung. Di beberapa masjid, sudah menerapkan sistem mengumpulkan koran dari setiap sholat ied disebuah tempat, nanti tempat itulah yang menjadi rujukan para pemulung untuk langsung mengambilnya, tidak perlu lagi pemulung mondar-mandir di lapangan. Insya Allah cara seperti itu lebih akhsan (baik) daripada pemulung disuruh untuk mondar-mandir dilapangan memungut koran-koran bekas tersebut.
    Insya Allah muhasabbah ini menjadi perenungan kita bersama (umat Islam) jika mau mengadakan acara maka buat juga panitia “seksi kebersihan”.
    Terima kasih telah berkunjung.

  132. Salah seorang generasi salaf, Makhul ad-Dimasyqi rahimahullah, pernah berkata, ‘Jika engkau melihat seseorang menangis, maka ikutlah menangis. Jangan engkau menganggap tangisannya itu sebagai tindakan riya’. Sungguh, suatu kali aku menganggap tangisan seseorang sebagai riya’, akibatnya Allah mengharamkan aku menangis selama satu tahun’.

    Mari, bersihkan sampah lingkungan dan sampah hati, dengan kebeningan hati.

    Salam ukhuwwah,

  133. Itu kok kopiahnya kayak topinya yahudi yah? Mungkin itu Islam versi Israel. Semoga shalawatnya juga bukan versi Israel. bercanda bro.

  134. Weleh … ini mah cuma cari2 kesalahan orang. Biasa juga klo abis sholat id di berbagai masjid, koran2 berserakan. Toh nanti juga dibersihkan oleh panitia dan dipunguti oleh pemulung. Apa ga ada tulisan yg lebih bermutu dp sekedar menghujat pihak lain?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: