Situs Eramuslim Kelihatan Belangnya, “Suka Bersilat Lidah Untuk Memecah Umat”


image Alhamdulillah, setelah Allah memudahkan koneksi internet ini. Untuk sekarang bisa Update blog.  Cerita punya cerita ketika sedang berada di facebook, ada salah seorang teman mengatakan kalau Eramuslim memberikan klarifikasi/tabayyun tentang berita-beritanya. Bahwa tidak ada niatan sama sekali atas Eramuslim memecah belah umat dan bla..bla..bla yang lainnya. Setelah itu saya cek dan menemukan sebuah “klarifikasi/tabayyunnya” Eramuslim. Sebuah klarifikasi dengan berjudul “Eramuslim Tidak Bertujuan Memecah Belah Umat

Ada rasa salut saat melihat judul tersebut. Setelah membaca semua klarifikasi tersebut. Saya mendapatkan titik point yang terpenting (menurut saya). Yaitu

Media ini tidak dalam posisi untuk terus menerus menyebarkan permusuhan dikalangan umat. Seperti keberatan dan tuduhan diantara para pembaca. Sekali-kali tidak ada tujuan seperti itu. Media ini hanya menjadi pengingat diantara kita. Sesama muslim. Media ini bertujuan ini ingin menyatukan umat, dan men jadikannya dalam satu shaf.

Sejenak dalam hati saya bersyukur. Dan mencoba untuk melihat kembali rubrik dari Eramuslim yang dimaksud menyebabkan kontroversi para umat Islam. Tak seberapa lama, ternyata saya langsung di suguhi komentar negatif:

http://suara01.wordpress.com/2010/04/09/cara-cepat-dan-mudah-mendapatkan-uang-27-dalam-sehari/

image

image

image

Beberapa komentator sudah malas dengan Eramuslim yang sudah ketahuan belang adminnya dengan mengatakan:

image

Mungkin sudah menjadi rahasia umum, bahwa Eramuslim sepertinya mempunyai “dendam” pribadi kepada PKS. Seperti komentar ini:

image

Sekelas situs Eramuslim saja ternyata juga melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Melakukan pengutipan berita dari sumber lain tanpa memberikan link berita dari situs yang dimaksud. Blog ecek-ecek seperti blog saya ini (suara01.wordpress.com) saja tahu bahwa mengutip berita harus disertakan sumbernya.

image

Jadi tak dipungkiri akhirnya banyak orang menduga-duga kenapa Eramuslim seperti ini. Dulu yang netral, baik terhadap semua umat Islam, kini menjadi media yang membikin kisruh umat.

image

Beberapa saat setelah itu saya mencoba untuk komentar. Tentu dengan syarat-syarat komentar yang ditetapkan oleh Eramuslim. Yaitu harus santun, argumentatif, tidak profokatif. dll. Setelah saya coba “kirim” di akhir komentar saya ternyata “termoderatori” sehingga harus di setujui dulu. Berarti menurut akal sehat, ada orang-orang yang mensetujui setiap komentar-komentar yang dikirim di Eramuslim. Dengan begitu sudah jelas, komentar-komentar “RENDAHAN” yang di “setujui” oleh Eramuslim itu memang sudah direncanakan oleh admin. Bagaimana mereka menyatakan tidak ingin memecah belah umat, jika komentar yang disetujui itu adalah komentar yang menhina, melecehkan partai Islam terbesar se-Indonesia (PKS).

Eramuslim seharusnya meminta maaf kepada PKS atas komentar-komentar yang “tak senonoh” yang ditampilkan oleh admin Eramuslim. Bagaimana bisa sebuah media Islam yang kredibilitasnya tinggi menjadi media rendahan yang kualitasnya tak sebatas lebih tinggi dari Blog-blog pribadi para penghujat Islam!?

Di akhir tulisan Eramuslim (Eramuslim Tidak Bertujuan Memecah Belah Umat), terdapat kalimat:

Karena itu, perbedaan sisi pandang dan berbagai ide, serta sikap untuk tidak saling menegasikan satu sama lain, tetapi harus menjadi faktor perekat. Wallahu’alam.

Bagaimana Eramuslim berkata seperti itu sedangkan mereka sendiri yang menampilkan komentar-komentar “jorok, rendahan” yang melecehkan umat Islam yang lain! Jika Eramuslim tidak meng-aprove komentar yang menyerang/melecehkan partai Islam terbesar di Indonesia tersebut. Insya Allah masih ada perekat dalam ukhuwah Islam. Ketika sudah diadakan sesi dialog di komentar, seharusnya Eramuslim memikirkan dialog-dialog yang argumentatif, baik, dan benar sesuai syari’at islam. Bukan menurut pemikiran pribadi admin Eramuslim yang tentunya sudah jelas tidak sesuai dengan syari’at Islam atas realitas yang terjadi saat ini.

Wajar saja jika saya menjadikan Eramuslim sebagai situs yang “Perlu Diwaspadai”. Karena yang memang nuansa “sakit hatinya” kental sekali terhadap golongan lain. Sehingga seringkali tidak adil dalam meriwayatkan/memberitakan sebuah berita. Selalu dibumbu-bumbui dengan kalimat-kalimat profokatif menyerang muslim yang lain.

Jjika memang Eramuslim berniat untuk tidak memecah belah umat, seharusnya dan wajib bagi Eramuslim untuk menghapus semua komentar-komentar yang berisi hujatan, cela’an kepada PKS. Atau kalau memang admin komentar di Eramuslim tidak profesional dalam meng-Approve sebuah komentar yang Islami atau tidak. Sebaiknya tidak perlu pakai komentar segala di akhir artikelnya. Agar tidak terjadi saling ejek-mengejek antar umat Islam!

Saya masih berharap, Eramuslim bisa merubah diri. Tidak menjadi situs yang merasa benar sendiri dan tentunya tahu adab-adab dalam menasehati. Jangan hanya ingin saling nasehat menasehati, tetapi malah menghilangkan adab kewajiban dalam Hak muslim ketika menerima nasehat. Hal itu malah dholim dan sangat munkar sekali dalam Islam!

Semoga Eramuslim kembali menjadi wajah cerah seluruh umat Islam, bukan wajah situs buram pemecah belah umat Islam.

Wallahu’alam.

http://suara01.wordpress.com/2010/03/30/cara-mudah-mendapatkan-dollar-dari-internet-untuk-pemula-tidak-perlu-blog/

About these ads

38 Tanggapan

  1. nice post…

  2. Eramuslim itu org2 yg anti NKRI

    • nkri penting buat saya setelah islam agama saya.kalo nkri kacau sy susah utk ibadah, kalo nkri sesat sy jg susah utk hidup tenang. sy pembaca rutin eramuslim tp sy ga peduli ama komen2 yg msk ke eramuslim.

  3. Tapi yang ditulis emang bener kan, intinya PKS pragmatis dan gila kekuasaan, ga usah ngemeng panjang lebar, liat aja faktanya.

    Jawab Abu Jaisy:
    Hehehe… Faktanya? —> silahkan langsung berada di link ini untuk mendapatkan pencerahan “10 Alasan Kenapa Saya Keluar Dari PKS (Tanya –Jawab)

    Setiap manusia/Seluruh manusia itu PRAGMATIS. Eramuslim juga Pragmatis, semua gerakan Islam juga pragmatis. Yang harus dilihat, siapa yang melihat sudut pandang pragmatis tersebut! :D

    Jika seseorang sudah terjangkit penyakit seperti yang dilakukan Eramuslim. Islam tidak akan pernah bersatu!

    FAKTANYA, PKS tidak pernah ngurusi gerakan Islam yang lain! :D

    • 10 alasan yang benar bagi seseorang menurut opininya belum tentu cocok bagi orang lain. Yang jelas dan pasti dalam jalan-jalan dakwah, pasti ada yang berguguran…

    • mau keluar silahkan….
      tapi faktanya pks selalu naik suaranya, :p

    • Mamang tidak pandas bagi kita untuk merasa paling benar, tetapi yang harus kita miliki adalah tolak ukur dari kebenaran itu, yaitu :
      1. Al-Qur’an
      2. As-Sunnah
      Terkait komentar saudara kita Admin, mang tidak boleh baginya untuk langsung menghina salah satu organisasi politik tertentu seperti PKS, kalalupun ada kesalahannya perlu adanya konfirmasi secara kekerabatan. jangan sampai dalam menyampaikan kritan kepada ormas tertentu akhirnya pendapat atau solusi yang saudara ingin kemukakan ditolak mentah-mentah, ingat bahwa Setiap muslim harus berfikir kritis (membangun solusi dari pemecahan sebuah masalah), tanpa harus melecehkan pihak lain walaupun mungkin “jewerannya” terlalu keras.
      Klo mengenai komentar saya terhadap para aktifis PKS, klo ke depannya PKS tidak boleh lagi untuk menerima calon legislatif dari agama lain selain islam. tapi selama ini buktinya banyak kesempatan orang nonmuslim yang jadi anggota parlemen dari dukungan masyarakat muslim di Indonesia. kalau memang orang PKS ingin menjadikan syari’at Islam tegak di Bumi Pertiwi ini, jangan merekrut orang yang nonmuslim, kan banyak saudara-saudara muslim lainnya dari pada harus merekrut orang kafir yang belum tentu berjuang untuk tegaknya sistem islam, bisa saja orang nonmuslim itu berkhianat kepada amanah yang diembannya itu ?! ^_^

      Jawab Abu Jaisy:
      Sudah dikonfirmasi bolak-balik, tapi tetap seperti itu. Yah akhirnya disini saja. Kalau berbeda yah nggak apa-apa cuma jangan saling memaki-mencaci. Boleh diberitahu didaerah asal mana caleg Nashraninya yang di usulkan PKS? :)

      • dari Papua akh,,jadi PKS ingin menunnjukkan bahwa islam itu rahmatan lil’alamin,,,selain itu juga tidak serta merta main angkat,,,kan orang nasraninya itu mau menerima kebijakan2 PKS

  4. bagus-bagus-bagus :D :D :D

  5. Terlepas dari substansi pembahasan pada artikel ini, terus terang saya salut terhadap kritisi pemikiran sobat dan dalam mengolahnya menjadi sebuah artikel. Saya suka yang seperti ini…. salam kenal ya sobat dari (Edit by admin. Linknya saya tarhu di URL)

    Jawab Abu Jaisy:
    Setiap muslim harus berfikir kritis (membangun solusi dari pemecahan sebuah masalah), tanpa harus melecehkan pihak lain walaupun mungkin “jewerannya” terlalu keras. :)
    Salam kenal juga

  6. wah sekaliber eramuslim kok begitu ya..
    semoga kembali menjadi media yang mencerahkan..

    Jawab Abu Jaisy:
    Amien.

  7. berarti bukan saya saya saja yang berpikir demikian. coba saja kita baca salah satu tulisan mereka yang bertajuk ” Ternyata Muhammadiyah bukan tukang semir”. saya sependapat bahwa mereka memang mempunyai dendam pribadi dengan PKS. tulisan-tulisan yang menjelek-jelekkan PKS bertaburan di situs mereka

    Jawab Abu Jaisy:
    Setiap manusia mempunyai nafsu, ada nafsu yang baik. Tetapi ada nafsu buruk yang dikemas dengan kebaikan. Eramuslim itu ibaratnya Orang telanjang yang sambil mendakwahi orang lain untuk menutupi aurat! :D
    Terima kasih kunjungannya.

    • bagusnya kalau ada kata atau perumpamaan yang kurang pas/senonoh dihapus dan tidak ditayangkan lama-lama agar lebih berkah, syukron Era Muslim

    • gaya bahasa preman Tololpedia eramuslim bisa disamakan dengan Koran lampu merah, Contoh tulisan Eramuslim yang bertajuk ”Ternyata Muhammadiyah bukan tukang semir” = KOran lampu Merah (saya ambil dari Internet) contoh judul : “Gara-gara Sering Mati Lampu, Ditambah Bini Sering Gak Ada. Majikan ‘nyolok’ Pembantu. Bunting Deh. Hidup PLN !”

  8. ya dulu saya cukup aktif kirim tulisan di eramuslim … memang setahun dua tahun ini agak berbeda nuansanya,
    pandangan antum di atas juga sempat kita jadikan tema omong2 santai , ternyata beneran …..

    Jawab Abu jaisy:
    Yups, benar ustad! Ini adalah luapan hati yang sudah tidak terbendung setelah menahan-nahannya :D

  9. bukankah akan lebih baik jika sedikit lubang di Era Muslim ini tidak di beberkan? kita mengatakan ERMUS memecah umat. Tapi, jika kita juga menghujat ERMUS di Media, seperti blog yang berpotensi di baca orang banyak, bukankah sebenarnya itu sama dengan melakukan apa yang kita sendiri menghujatnya??? Wallohu`alam.

    Jawab Abu Jaisy:
    Insya Allah, ini hanya analisa sementara. Bukan mutlak, seperti halnya ketika saya menulis —> Inilah Situs Islam Yang Pantas Dikunjungi Dan Yang Harus Diwaspadai dan saya tidak pernah menghujat Eramuslim, tetapi mengkritisi sikap Eramuslim atas standar gandanya. Jika memang mereka tidak berniat memecah Islam, tentu komentar-komentar yang menghujat Umat Islam yang lain pasti dihilangkan. Namun buktinya tidak!

    Jadi saya mengkritisi Eramuslim untuk kembali kejalan Eramuslim terdahulu, yang netral terhadap segala berita umat Islam. Kalau dulu, di Eramuslim tidak pernah ada berita-berita yang “menohok” umat Islam yang lain, tetapi itu berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini. Nah, ada apa dengan Eramuslim?

  10. saya juga sedih, karena eramuslim, sudah ditunggangi, gerakan Islam lain yang seharusnya menjadi saudara seperjuangan, malah memposisikan diri sebagai kontra PKS.
    Lihat saja nick komentator di Eramuslim pada kolom dialog, Parte Kemanapun Setuju, Alis Matta, Kutu Kapok, itu sudah ketahuan sekali, dari gaya bahasanya yang nyinyir adalah bahasa-bahasa tajam aktivis Hizbut Tahrir.
    Kolom pemuda di eramuslim pun sekarang sudah banyak bertengger syabaab HT mengisi kolom. Menurut saya tidak masalah, justru bagus sekali kalau media seperti Ermus dijadikan tempat perjuangan dakwah mereka, cuma yang menjadi masalah mereka di ujung-ujungnya selalu menjadikan PKS sebagai sasaran tembak. Sehingga semakin jelas, ada agenda yang ingin dijalankan ermus, bukan lagi sebagai wadah memebrikan nasehat melainkan menjelek-jelekkan PKS, dan menggembosi PKS lewat media.

    Jawab Abu Jaisy:
    Semoga kita tetap sabar dan menjaga untuk tidak su’udzhan terhadap mereka. Amien. :)

  11. aslkm! salam perjuangan akhi! beginilah kondisi umat di saat para pemimpinnya sibuk mengurusi hajat hdup masing2….istilah kata,umat mayoritas muslim d negeri ini jadi sangat gampang sensitif thd perbdaan yg notabene hy urusan furu’iyah.kritis sama sosok individu dianggap sentimen pribadi,kritis thd sistem dan perangkatnya dianggap fanatik,kritis thd partai dianggap dengki…masya ALLAH..kita perlu INSTITUSI PENEGAK SYARIAH,KHILAFAH,InsyaAllah.

    Jawab Abu Jaisy:
    Waalaikumsalam.
    Mari membedakan antara kritis dan menghujat, mencela, melecehkan dan menuduh. Kritis itu adalah sebuah pertanyaan yang mengganjal dan memberikan solusi. Tetapi menghujat, mencela, melecehkan adalah perbuatan yang lebih kepada ingin membuat orang lain terlihat bersalah padahal belum tentu.

    Kedua-duanya itu perbedaannya jelas, kecuali kepada orang yang belum tahu makna kritis. Kritikan itu tidak ada yang menyakitka hati, kecuali menghujat menuduh, melecehkan dan mencela. Lihat tazkiyaun nafs orang-orang yang sedang terjangkiti penyakit jiwa, maka mereka tidak akan bisa membedakan antara kedua hal itu (kritis vs menghujat, melecehkan, mencela, dll).

    Oh iya, sudah membaca “dialog syabab Hizbut Tahrir dengan Anggota PKS” diblog ini? Kalau belum silahkan dibaca dulu, karena nanti insya Allah akan ada dialog Part II.

  12. Akhi coba kunjungi : http://eramuslim.co.nr/

    Jawab Abu Jaisy: :D Kalau bisa beritanya jangan … saja. Nanti dianggap Membaik2in PKS hehehe…
    good Site/Blog akhi

  13. Aswra. Pada akhirnya, ko sy melihat ini ad upaya membaik2an Pks dan memburuk2n Hizbut Tahrir.? Jadi menghujat juga dong?

    Jawab Abu Jaisy: :D Membaik-baikkan PKS? Dimananya yang ngebaikin? Dan dimanakah letak penghujatan kepada Hizbut Tahrir?

  14. inilah tantangan kita sebagai umat Islam, tantangan internal ternyata juga luar biasa. Ada satu nasiha t di sebuah buku kalau gak salah judulnya “Bekal Sorang Mukmin” disitu tertulis salah satu yang di waspadi adalah Mukmin yang mendengki… sudah suntaullah ada saudara kita yang mendengki dan kewajiban yang didengki adalah berlapang dan dada dan mendoakan yang mendengki

  15. Alhamdulillah ada juga yang nyadar, ternyata saya ga sendirian, Eramuslim emang kental banget dengan Politiknya, berbeda dengan situs-situs Islam kebanyakan, paling No 1 dalam memburuk-burukan umat Islam juga tapi kalo info Kristenisasi di Indonesia atau gerakan sekuler hampir tidak pernah. Saya di Forum dialog Ermus kadang2 memakai ID Aduy atau Abu Goshok (He he maklum blum punya anak).
    Perlu diperhatikan juga Eramuslim sering mengadakan SEminar atau kerjasama bareng Arrahmah Com atau orang2 semacam Tegoeh Al Banna (yg pernah menyesatkan umat Islam dengan mengatakan Masjidil Aqhsa itu adalah hanya mesjidnya saja, bukan termasuk Kubatsuhshakrah, pintu Buraq, dll), Sayapun pernah sekali waktu menasehati Saudara Rizki Ridyasmara secara langsung lewat Facebook, tapi jawaban yg saya terima adalah : “..belajar dulu deh”. Mudah2an Allah SWT menyelamatkan umat Islam dari tipu2 daya kaum Yahudi dan Dajjal, Aamiin…

    • ya ikhwah, apalah munafaat saling olok-olok an

  16. Ternyata betul dugaan saya, nasib Eramuslim berakhir tragis. Kerjaannya menjual pesimisme dan itu ternyata laku keras, jadi yah kecanduan terus. I’m sick and tired reading Eramuslim….

    Mestinya kan Eramuslim mengajak umat untuk selalu optimis, mendoakan supaya para pemimpin/pejabat diperbaiki akhlaknya oleh Allah SWT.

    Yah, itulah Eramuslim, media islam rujukan, rujukan pesimisme….

  17. sama cocok seperti pendapat di atasku ini.

  18. Saya merasa aneh. belakangan banyak sekali tulisan blog yg kyk gini. Hmmm….Eramuslim menyuguhkan berita yang dinilai memojokkan PKS dan dihujat “sakit hati”-lah, “dendam”-lah, dll. Lalu saya ingin tanya, tulisan ini secara terang-terangan memojokkan Eramuslim.

    Kira-kira, apakah penulisnya rela jika tulisan ini disebut sakit hati, dendam? Karena isinya juga sangat memojokkan eramuslim yang di dalamnya juga ada orang-orang muslim.

    Terus kenapa semua komentar yang memojokkan PKS juga dinilai “rendahan”, tapi komentar tentang pembelaan terhadap PKS meskipun dengan bahasa yang tidak santun dikatakan sebagai “menguak belang”? Lihat komentar terakhir yang anda muat yang menyebut nama ust Mashadi, itukan juga namanya membuka aib, menuduh, dan suudzon? Emang ust Mashadi bukan muslim ta? koq ada yang memojokkan dia malah terkesan dipuji dan dibenarkan oleh tulisan ini? Tapi yang memojokkan PKS dibilang ghibah dengan sesama muslim.

    Blog ini juga menuduh eramuslim memecah belah umat. Trus apa dengan membuat tulisan yang memojokkan eramuslim seperti ini juga tidak akan memecah belah umat? Ingat, orang eramuslim juga umat Islam. Tolong jawab dan muat komentar saya ini. Terima kasih

    • Saya rasa bukan di eramuslim bukan tulisa Ust Mashadi, tapi orang-orang Khawarij yang memanfaatkan situs Eramuslim, dari segi bahasa juga jauh Eramuslim dengan Blog ini, eramuslim terkesan berbahasa kasar dan penuh fitnah tidak jauh beda dengan media Sekuler, bisa tolong dibandingkan sendiri

  19. jadi intinya apa ya? PKS lebih baik dari Eramuslim?

  20. pusing baca’a, hrs’a kt cari solusi bwt stiap mslh yg ada, klo bkn kt yg peduli sama agama ini, trus siapa lg?

  21. Jadi ingat Pesan Rasulullah tentang kaum Khawarij…nampaknya Ermus itu sudah mulai terjangkiti penyakit Khawarij (Takfiri), Naudzubillahi min dzalik gemar fitnah, cela, dan kasar terhadap sesama umat Islam dibingkai nasehat namun mereka tidak menyadari

  22. Saya merindukan situs pengganti eramuslim yang tentunya lebih mencerminkan islam secara utuh…adab-adabnya, berita-beritanya, semangatnya dan semuanya yang mencerminkan kepribadian Rasullullah..

    • kalau begitu tinggal benahi dan tingkatkan kualits era muslim

  23. sesama muslim itu bersaudara, ada haqul ukhuwah yang harus diberikan,harta, darah,harga diri itu haram untuk diganggung, mari kita mengumpulkan pahala lewat dunia maya, bukannya sebalik, afwan wa syukron

  24. Iya Memang Benar Saudaraku
    Situs Era Muslim memang sudah berbeda dari yang dulu
    sebab terkadang di salah satu topiknya ada hujatan yg ditujukan untuk kelompok tertentu

    Dulu Saya Pernah baca disalah satu topiknya itu gini Judulnya

    Mantap, ustad abu bakar ba’asyir mengirimkan buku kepada Presiden Sby ” Demokrasi itu Bisikan Setan ”

    Dari Judul diatas sudah mencerminkan Bahwa situs Era Muslim Sudah terkontaminasi oleh kelompok – kelompok tertentu yang pasti berbau sara

  25. Terima kasih atas infonya ttg era muslim. Saya akan peringatkan agar2 orang2 waspada.

  26. Onta la…

  27. Saya sepakat sepenuhnya dengan anda. Eramuslim bermanis muka namun berperilaku zalim dan dengan sengaja mengembangkan bibit permusuhan di tubuh umat karena fitnahnya dan bahasanya yg arogan. Disadari atau tidak eramuslim telah sejalan dgn upaya zionis memecah umat

  28. Emang betul sih, setahu saya mantan2 pks setelah keluar dan tak aktif “kegiatan” punya gangguan kepribadian ( nggak semua sih, tapi banyak).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: