Saatnya Tempe Menunjukkan Eksistensinya


Hal yang sangat lucu, adalah ketika kita mengolok-ngolok seseorang dengan mengatakan “dasar otak tempe!”

Tempe adalah makanan yang biasa dijadikan lauk-pauk oleh masyarakat Indonesia. Makanya tempe atau pun tahu adalah makanan yang bisa dibilang “lauk favorit” bangsa Indonesia. Selain harganya murah, tempe juga mempunyai kandungan protein yang tinggi. Kita mungkin lupa, protein yang dihasilkan dari tempe begitu besar. Tapi kenapa tempe harus menjadi sasaran kalimat ejekan maupun pencemoohan?

Ketika kedelai menjadi bahan langka disaat ini, maka pabrik-pabrik pembuat tempe maupun home industri para pembuat tempe susah dalam mendapatkan bahan bakunya. Karena langka dan susah dicari, akhirnya kedelai menjadi komoditas yang mahal. Mahalnya bahan baku tempe dan tahu (kedelai), juga mahalnya biaya produksi dan transportasi. Mengingat bahwa kenaikan BBM sudah terlaksana!
Ada hal menarik disini. Tempe akhirnya menjadi makanan yang mahal, bahkan menyamai harga daging. Inilah yang membuat tempe mempunyai derajat yang tinggi dalam kasta makanan para petinggi negeri. Kenaikan harga tempe akhirnya menambah daftar panjang orang-orang miskin yang harus makan nasi dengan sambal terasi.Tempe kini menjadi makanan orang-orang yang “mentereng”. Tidak lagi makanan orang-orang kelas menengah kebawah, tetapi menjadi kelas menengah keatas. Jadi, orang miskin sekarang tidak boleh memakan tempe! Atau dalam bahasa kasarnya, setiap orang miskin tidak boleh makan nasi berlauk! Jadi mereka cukup makan nasi tanpa lauk, mungkin juga nanti bahan sambal terasi yang biasa dibuat lauk oleh orang-orang miskin akan naik. Hingga orang miskin harus benar-benar makan nasi putih saja. Sambil diiringi oleh perkataan “nak, sudah makan nasi dinegeri ini saja sudah untung-untungan”Kini tempe menjadi benar-benar makanan yang layak untuk dijual di restoran-restoran, dijual dirumah makan berkelas mewah, tempe menjadi makanan fast food. Dan tempe menjadi bahan obrolan ABG-ABG, menjadi makanan-makanan jalanan yang mentereng. Dan nanti akan ada kata “Please deh, hare gene nggak pernah makan tempe? Emang lo kemane aje?”Hingga kita benar-benar menjadi bangsa tempe, slogan-slogan tempe from indonesia menjadi kejayaan dan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Walaupun padahal sebenarnya, lisensi tempe sudah menjadi hak paten negara lain!

Hingga tempe menjadi makanan yang benar-benar digemari, menjadi makanan-makanan sekelas si Mack, dan si chiken ataupun sekelas si Hut. Dan akhirnya tempe spagheti juga menjadi makanan dan trand mark baru di dunia. Hingga pedagang-pedagang tempe sudah go international semua. Mereka menjadi milyuder-milyuder baru. Hanya karena menjual tempe. STOPPP….. berkhayal.

Kini tempe benar-benar menunjukkan eksistensinya! Lalu apakah kita akan mengatakan kepada orang “dasar otak tempe!”?

Jaisy01 Only

src=”http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js” mce_src=”http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js” type=”text/javascript”>

<p 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: