“Perang Hacker” Sunni-Syiah, Barat Untung


Situs www.alhesbah.net sudah tidak bias diakses, sedangkan di situs yang satunya lagi, www.al-Ekhlass.net hanya terlihat pesan yang merujuk pembacanya ke situs www.joker.com. Kedua situs ini sudah tidak bisa diakses sejak peringatan tujuh tahun serangan 11 September di AS, kemarin.

Situs Al-Ekhlass.net kabarnya berafiliasi ke Al-Qaidah serta para pejuang di Iraq, Afghanistan dan Somalia, untuk menyampaikan pesan-pesan jihadnya.

"Domain ini berhasil didaftarkan ke Joker.com. Untuk mengelola domain, mengatur alamat-alamat e-mail dan alamat URL yang dicantumkan, atau ingin mendaftarkan domain-domain yang lebih banyak lagi, silahkan buka situs Joker.com," demikian pesan yang tertulis di situs Al-Ekhlass.

Belum diketahui siapa yang telah memblok dua situs yang kerap digunakan Al-Qaidah. Namun dari pemberitaan media-media Barat yang mengutip AFP menyebutkan, diduga pemblokadean itu dilakukan oleh kelompok Syiah yang menentang kelompok Wahabi-salah satu sekte Muslim Sunni-yang diidentikkan dengan kelompok Al-Qaidah.

"Perang" lewat internet antara pakar IT dari kelompok Sunni dan Syiah targetnya bukan hanya situs-situs jihad. Pada 10 Oktober kemarin, stasiun televisi al-Arabiya yang berbasis di Dubai juga mengumumkan bahwa situs mereka diserang para hacker "ekstrimis".

"Jika serangan terhadap situs-situs Syiah terus berlanjut, tak satu pun situs-situs Anda yang bakal aman," demikian pesan yang muncul di situs al-Arabiya, yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Arab. Setelah diperbaiki, situs al-Arabiya normal kembali. Sebelumnya, pada bulan September, kantor berita Fars memberitakan tentang belasan situs Syiah milik lembaga-lembaga keagamaan di kota Qom, Iran yang diduga diserang para hacker dari kalangan Wahabi.

"Kelompok hacker ’XP’ milik kalangan Wahabi menyerang 300 situs Syiah, termasuk situs ’al-Beit’ situs milik Syiah terbesar di dunia," demikian laporan Fars menyebut situs yang dikelola oleh Ayatullah Ali al-Sistani.

Sementara pihak Barat juga sudah sejak lama khawatir tentang makin maraknya situs-situs Islamis. Situs-situs ini dituding menyebarkan propaganda bahkan petunjuk manual pelatihan untuk melakukan serangan teror bom, yang memberikan inspirasi bagi pembacanya untuk bersikap militan. [fjr/hid/hidayatullah]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: