Turunkan 600 Tentara, Perangi Hamas


31864large[1]

TEPI BARAT – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mulai menunjukkan ketegasannya terhadap kelompok garis keras Hamas. Kemarin (25/10) dia menerjunkan 600 tentara di Tepi Barat, tepatnya Hebron.

Memang, Abbas tak secara terbuka menyatakan bahwa pasukan bersenjata itu dikirim untuk memerangi Hamas. Dia berdalih, itu dilakukan hanya untuk menegakkan ketertiban. Tapi, semua pihak percaya bahwa menekan Hamas adalah tujuan utama Abas.

"Kami serius akan menangkap siapa pun yang melanggar hukum dan ketertiban. Dimulai dari kelompok tentara ilegal dan siapa pun yang tergabung dengannya," kata Samih al-Saifi, kepala keamanan Palestina untuk wilayah Hebron.

Sebelumnya, Abbas sudah menempatkan ratusan pasukan di wilayah lain di Tepi Barat, yakni Kota Nablus dan Jenin. Politikus dari kelompok rival Hamas, Fatah, tersebut juga sudah menangkap dan membubarkan jaringan militan Hamas serta menjarah gudang persenjataan mereka.

Namun, Hamas tak mau begitu saja dipojokkan. Mereka balik menyerang kebijakan Abbas yang dianggap hanya melayani kepentingan Zionis. "Peran mereka (pemerintah Palestina) hanya membatasi Hamas dan bertujuan membalas dendam, bukan menegakkan hukum dan melindungi warganya," tegas juru bicara Hamas di Gaza.

Hebron, sekitar 30 kilometer dari Jerusalem, adalah kota suci tiga agama -Islam, Kristen, dan Yahudi. Kota tersebut sampai sekarang masih menjadi wilayah sengketa antara Palestina dan Israel.

Hebron dihuni 160 ribu lebih warga Palestina dan 600 lebih warga Israel garis keras. Selain tentara Palestina, pasukan Israel turut bersiaga diwilayah itu. Israel menyatakan bahwa Palestina sudah lebih dulu mengontak mereka sebelum mengirim pasukan ke Hebron kemarin.

Hubungan antara Abbas dan Hamas dipastikan bakal terus memanas dalam beberapa waktu ke depan seiring perbedaan pendapat di antara mereka tentang masa kerja Abbas. Hamas mengatakan, masa jabatan Abbas seharusnya berakhir Januari tahun depan. Tapi, para pendukung Abbas menandaskan bahwa pemilihan presiden dan parlemen mestinya diadakan bersamaan pada Januari 2008. (AP/AFP/Reuters/ape/ttg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: