Habibie: Politik Dinasti Sudah Tak Relevan


JAKARTA – Di tengah semakin berkembangnya politik dinasti di tanah air, mantan Presiden B.J. Habibie mengingatkan bahwa sentimen politik dinasti serta latar belakang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sudah tidak relevan untuk menjaring kepemimpinan nasional. Dia berpendapat, kompetensi, integritas, dan kemampuan tokoh menjadi hal terpenting untuk membawa Indonesia menuju kejayaan.

’’Dinasti kepemimpinan tidak tepat lagi, masanya sudah lewat. Sekarang ini, siapa saja yang terbaik, tanpa melihat faktor SARA dan usia, berhak menjadi pemimpin bangsa,’’ katanya saat menjadi pembicara dalam diskusi bersama Prof Dr Ing B.J. Habibie bertema Apa Yang Masih Salah dengan Bangsa Kita? di Universitas Paramadina, Jakarta, kemarin (28/11).

Habibie mengimbau agar seluruh komponen bangsa melakukan pendidikan politik terhadap masyarakat hingga ke pelosok daerah dalam rangka menjaring calon pemimpin nasional. Kasus pemilu presiden Amerika Serikat, lanjut Habibie, merupakan contoh terbaik untuk pembelajaran politik di Indonesia.

Barrack Obama mencerminkan keterwakilan masyarakat minoritas yang mendapat dukungan luas dari masyarakat. ’’Obama bukan dari keturunan orang kaya, berasal dari kelompok minoritas, berkulit hitam, serta bukan dari dinasti keturunan presiden sebelumnya,’’ terangnya.

Karena itu, dia berharap sistem penjaringan kepemimpinan nasional bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman. UU yang mengatur pemilihan presiden disusun untuk mengakomodasi orang-orang dari kalangan minoritas. ’’Buatlah sistem agar mereka bisa memiliki peluang untuk dicalonkan. Peraturan perundangan bisa diubah, asal ada kemauan,’’ tegas penulis buku Detik-Detik yang Menentukan tersebut.

Habibie meyakinkan bahwa Indonesia masih mempunyai orang-orang terbaik yang pantas menjadi pemimpin nasional. ’’Ada lusinan kader terbaik di partai maupun di luar partai, namun tidak berpeluang maju menjadi calon presiden karena terhambat peraturan perundangan,’’ tegasnya. (cak)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: