Belajar Sambil Nge-game, Kenapa Tidak?


"Disuruh belajar matematika atau fisika, anak-anak pasti males. Tapi kalau lewat game, siapa sih yang bakal nolak?" Itu diungkapkan Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto, Center Director SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization/Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center), saat peresmian JENI ASEAN Research Center, tepat di Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, di Pondok Cabe, Tangerang.

JENI (Java Education Network Indonesia) tingkat ASEAN, yang pertama di Asia Tenggara, memiliki fungsi sebagai tempat pelatihan, penelitian, dan pengembangan aplikasi Java dan open source.

Menurut Gatot, pengembangan games, yang dinamakan Edu Mobile Game itu, dilakukan untuk memudahkan penyampaian materi pelajaran melalui sarana games di ponsel, yang rata-rata dimiliki pelajar. Games ini dirangkum Portal Game Republik Indonesia, yang dikembangkan oleh tim JENI ASEAN Research Center, yang berkantor di Komplek Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang.

Lewat portal yang beralamat di http://gameri.diknas.go.id ini, para pelajar bisa men-download games dan animasi (untuk versi Beta) secara gratis ke dalam ponselnya. "Tidak semua punya komputer, tapi hampir semua pelajar punya HP (ponsel)," ujar Gatot.

Menurut Gatot, standar pelajaran yang diberikan lewat games itu, bukan saja standar ASEAN atau Asia, bahkan global. "Singkatnya, standar global, harganya murah," katanya. Para siswa tinggal menyediakan ponsel yang bisa mengakses Java, pulsa, dan pergi ke Warnet.

Sementara itu, Cahya Kusuma Ratih, Manajer Program JENI, mengatakan, games yang ditawarkannya, antara lain berupa permainan perang-perangan yang setiap pelurunya diluncurkan dengan operasi penjumlahan. Ini ditujukan bagi anak-anak SD yang sedang belajar penjumlahan.

Games lainnya, ujar Cahya, adalah permainan tembakan meriam yang ketepatan tembakannya harus kita ukur dulu secara fisika, agar tepat sasaran. Secara tidak langsung, siswa akan belajar sinus, cosinus, dan gerak peluru (parabola). Dan banyak permainan lainnya.

Cahya menambahkan, total games yang dihasilkan timnya mencapai 100-an games. Ditargetkan, tahun 2008 ini pihaknya bisa menghasilkan 250 sampai 300 games.

Kerja sama

Fasilitas riset hasil kerja sama antara Sun Microsystems dengan SEAMOLEC ini, yang peluncurannya bertepatan dengan 80 tahun Sumpah Pemuda, menurut Gatot, diharapkan membuat generasi muda lebih tangguh dengan berbekal ilmu, sehingga dapat bersaing dan unggul, tidak hanya di Indonesia, melainkan di tingkat internasional.

Dalam kerja sama ini, Sun Microsystems –yang memelopori partisipasi jaringan melalui pengembangan komunitas open source– mentransfer teknologi Training of Trainers (ToT) sampai ke tingkat pelajar dan mahasiswa, sehingga mereka bisa memahami teknologi open source lebih baik lagi.

Selain itu, Sun Microsystems akan memberi kurikulum open source, seperti Java dan Open Solaris, serta infrastruktur teknologi. Kurikulum SEAMOLEC akan diakreditasi sebagai bagian dari kurikulum pendidikan siswa di sekolahnya masing-masing.

Menurut Presdir PT Sun Microsystems Indonesia Wibisono Gumulya, dalam tiga tahun ke depan, JENI ASEAN Research Center akan mengajarkan open source dan aplikasi Java ke lebih dari 500 sekolah dan 100 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini juga telah mengembangkan program open source bagi mahasiswa dengan sertifikasi internasional.

Program JENI pertama kali diluncurkan pada Agustus 2007 dengan dukungan Menristek, dengan tujuan mengembangkan komunitas open source di Indonesia. JENI Research Center, yang berkedudukan di PPPPTK/VEDC Malang, dengan JENI ASEAN Research Center, memiliki misi yang sama, yakni mengembangkan teknologi open source, terutama aplikasi Java kepada para pelajar dan mahasiswa. [TMA]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: