Puluhan Ribu Orang Sambut Hari Jadi Hamas



KOTA GAZA–MI: Puluhan ribu pendukung Hamas berkumpul di kota Gaza pada Minggu untuk menandai hari jadi ke-21 pembentukan gerakan Islam itu, yang secara keras merebut Jalur Gaza pada tahun lalu.

Bus penuh pengunjukrasa mengarus ke kota itu dari wilayah padat di seberang, melambaikan bendera hijau Gerakan Perlawanan Islam tersebut.

"Hamas bergerak mulai dari pelemparan batu sampai senjata dan roket, dari dukungan awal beberapa ribu orang sampai dukungan jutaan di negara Arab dan seluruh dunia," kata salah seorang pejabat tertinggi gerakan itu di Gaza, Mahmud Zahar, di laman Hamas. "Gerakan itu berhasil dalam menyerang keamanan negara Israel," katanya.

Hamas meraih kemenangan mengejutkan dalam pemilihan anggota parlemen Palestina pada Januari 2006, tapi tetap didaftarhitamkan sebagai kelompok teroris baik oleh Eropa Bersatu maupun Amerika Serikat dan Israel. Televisi Hamas menyebut pengunjukrasa pada sore di lapangan Katiba di pusat kota itu di berjumlah ratusribuan.

Kepala pemerintah Hamas di Gaza, Ismail Haniya, dijadwalkan tampil di unjukrasa itu, yang bertujuan menunjukkan kekuatan dalam ketegangan gerakan tersebut dengan pemerintah Presiden Mahmud Abbas, yang berpusat di Tepi Barat.

Haniya diperkirakan mengemukakan sikap Hamas atas gencatan senjata bermasalah berumur enam bulan dengan Israel, yang habis pada Kamis sesudah berpekan kekerasan.

Kelompok itu menuduh Israel gagal menghormati pihaknya persetujuan timbal-balik dengan mengurangi penhalangan melumpuhkan atas Gaza, yang tergantung pada bantuan. Israel menuduh Hamas gagal mencegah kelompok keras menghujankan roket dan mortir atas kota selatannya.

"Tidak ada perpanjangan gencatan senjata bila musuh tidak menghormatinya dan Gaza tetap dalam keadaan terkepung," kata jurubicara Hamas Fawzi Barhum, tanpa menyatakan kemungkinan gerakan itu bermaksud menyatakannya selesai.

Pejabat tinggi kementerian pertahanan Israel Amos Gilad, yang memimpin Israel dalam perundingan berpialang Mesir untuk gencatan senjata sebenarnya, di Kairo pada Minggu untuk perundingan memperpanjangnya.

Meskipun ada rangkaian berbalas serangan sejak 4 November, yang memicu beberapa menteri Israel menyeru serangan besar darat terhadap Gaza, Gilad berulang kali berbicara untuk memperpanjang gencatan senjata itu, dengan alasan tidak ada penyelesaian ketentaraan.

"Pengalaman menunjukkan bahwa gerakan tentara tidak selalu memecahkan masalah di Timur Tengah," katanya pada ahir bulan lalu, "Anda mesti menemukan pemecahan terbaik. Pada saat ini, tak ada penyelesaian secara ketentaraan bagi Jalur itu."

Israel pada Minggu menyatakan tetap menutup penyeberangan ke Jalur Gaza setelah serangan roket dari wilayah Palestina itu.

"Keputusan itu dibuat setelah serangan roket dan mortir ke Israel selatan pada Sabtu," kata Peter Lerner, jurubicara koordinator kegiatan Israel di wilayah Palestina.

Roket ditembakkan dari Gaza itu, yang dilakukan gerakan Hamas sejak Juni tahun lalu, tidak menimbulkan korban atau kerusakan harta benda, kata polisi Israel.

Pejabat Mesir dan Israel pada Minggu bertemu di Kairo untuk memperpanjang gencatan senjata di Jalur Gaza dengan Hamas, yang berahir beberapa hari lagi.

Pejabat penting kementerian pertahanan Israel Amos Gilad berada di Kairo untuk bertemu dengan kepala sandi Mesir Omar Suleiman mengenai gencatan senjata itu, yang disusun Juni melalui penengahan Mesir dan berahir Kamis. (Ant/OL-03)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. mengapa indonesia ribut dgn malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: