Lautan Massa PKS Memenuhi Jalan-Jalan Protokol


Jakarta: Lautan manusia. Massa tumpah ruah di sejumlah jalan protokol di Ibu Kota, sepanjang lebih dari tiga kilometer, Jumat (2/1). Mereka adalah kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera yang berunjuk rasa sebagai bentuk solidaritas atas rakyat Palestina.

Mereka pun menggelar salat gaib, mendoakan rakyat Palestina yang menjadi korban agresi militer Israel di Jalur Gaza. Praktis, lalu lintas macet total. Ini terjadi mulai di Bundaran Hotel Indonesia, Jalan M.H. Thamrin, kawasan Tanahabang, Jakarta Pusat hingga ke arah Blok M, Jakarta Selatan. Jalur khusus Bus TransJakarta lumpuh, apalagi jalur umum.

Bendera Palestina juga memenuhi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Puluhan ribu kader PKS dan sejumlah kelompok gerakan antizionis Amerika berdemonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup untuk umum. Presiden PKS Tifatul Sembiring bersama sejumlah petinggi partai memimpin demonstrasi. Mereka meminta presiden terpilih AS, Barack Obama, mengubah kebijakan Negeri Adidaya itu selama ini. Sebagian peserta menyumbang dana yang akan digunakan untuk mengirim relawan medis dan obat-obatan ke Palestina.

Aksi mengutuk kebrutalan serangan udara militer Israel juga berlangsung di beberapa daerah lain. Di Solo, Jawa Tengah, misalnya, seribu lebih muslim berunjuk rasa di sepanjang jalan utama Kota Solo. Mereka menuding serangan tersebut sebagai bentuk terorisme dan pelanggaran hak asasi manusia. Aksi yang berlangsung tertib ini diakhiri dengan pembacaan pernyataan sikap dan doa untuk keselamatan bangsa Palestina.

Di Bali, ratusan muslim mendatangi Kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Kota Denpasar. Mereka membawa beragam spanduk dan poster yang mengecam tindakan Amerika karena dianggap mendukung kebijakan Israel. Karena masih dalam suasana libur, tidak satu pun petugas Konsul menemui demonstran.

Selain berdemonstrasi, organisasi massa Islam di Palembang, Sumatra Selatan, juga berencana mengirim relawan jihad ke Palestina. Mereka juga mengumpulkan uang untuk disumbangkan ke rakyat Palestina. Pemrotes meminta pemerintah Indonesia bersikap lebih aktif untuk menghentikan serangan ke Palestina.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

Iklan
%d blogger menyukai ini: