Hati-hati Dengan Scareware, Srigala Berbulu Domba


Bonn- Kadangkala bajingan menyamar seperti seorang teman.

Gambaran ini persis seperti yang terjadi saat anda berselancar di Internet dan tiba-tiba melihat peringatan, dengan pesan "komputer anda terinfeksi virus. Klik di sini untuk menerima software terbaru anti-virus.

Hati-hati! Peringatan itu merupakan bagian ancaman baru yang dihadapi para pengguna komputer, yakni scareware.

Pada dasarnya, scareware adalah program (software) jahat yang berpura-pura menjadi software anti-virus, namun sesungguhnya ingin memperoleh akses pada komputer anda.

Daya upaya ini telah meningkat dalam jumlah belakangan ini, kata Frank Felzmann, seorang pakar pada Badan Keamanan dalam Teknologi Informasi Federasi Jerman (BSI) di Bonn.

Sekitar empat juta hingga lima juta pengguna telah terinfeksi di seluruh dunia," katanya kepada DPA.

Godaannya besar sekali

Pembuat software keamanan Steganos telah menghitung satu dalam 300 pelanggannya sudah berurusan dengan scareware.

Bagi para peselancar Internet, godaannya sangat tinggi untuk menafsirkan peringatan yang tak diminta itu sebagai nasehat yang layak dipercaya.

Dampak ini bahkan telah dikonfirmasi dalam pengkajian belum lama ini oleh Lembaga Psikologi di Universitas Negara Bagian North Carolina. Dalam pengkajian itu, para pengguna yang tak menaruh curiga ditunjukkan peringatan yang benar-benar palsu.

Dalam 63 persen kasus, mereka yang diuji mempercayai laporan itu dan betul-betul mengunduh (download) scareware tersebut.

"Para pengguna biasa pada umumnya tak bisa mengenali scareware semacam itu," kata Daniel Bachfeld dari majalah komputer Jerman, c’t, yang berbasis di Hannover.

Program itu berpura-pura seolah-olah melakukan pencarian virus dan umumnya juga menemukan virus di komputer. Softaware itu kemudian memuji dirinya sendiri sebagai solusi yang tepat.

Ada banyak varian

Terdapat berbagai macam varian scareware. Yang paling berbahaya adalah tipe yang mendorong pengguna untuk mengeluarkan uang pada apa yang sebetulnya merupakan software yang sama sekali tak bermanfaat.

Scareware lainnya dapat lebih berbahaya, karena dapat berlaku seperti program kuda troya, dengan membuka pintu belakang bagi akses gelap ke sistem yang terkena scareware.

Tak mudah untuk mengusir tamu-tamu tak diundang ini. Virus komputer akan masuk lebih dalam ke "jeroan’ komputer.

Dalam banyak kasus, sistem pendaftaran diubah sama sekali sehingga pengguna tak mempunyai pilihan, selain me-install ulang seluruh sistem operasi. (antara)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: