Terbongkar, Skenario Bunuh Erdogan


ANKARA – Nyawa Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan kembali terancam. Kemarin (9/3), lima orang ditangkap di Provinsi Adana yang berada di kawasan selatan Turki karena diduga kuat merencanakan pembunuhan terhadap tokoh 55 tahun tersebut. Salah seorang diantaranya perempuan.

"Informasi bahwa lima orang ditangkap itu memang benar," ujar Gubernur Adana Ilhan Atis kepada Agence France-Presse kemarin (9/3). Namun, dia tidak bersedia memberikan informasi lebih detail tentang penangkapan tersebut. Baik identitas mereka yang tertangkap maupun lokasi penangkapan. Dia hanya berjanji merilis pernyataan resmi sesegera mungkin.

Koran Haberturk melaporkan, penangkapan itu terjadi setelah polisi mendengar pembicaraan mencurigakan dari telepon yang mereka sadap. Konon, satu dari lima orang yang ditangkap tersebut memang berada di bawah pengawasan polisi. Karena itu, polisi telah menyadap teleponnya. Dalam perbincangan itu, perempuan yang teleponnya disadap bertanya kepada lawan bicaranya tentang kapan Erdogan sebaiknya dibunuh.

"Perempuan itu tampaknya punya masalah kejiwaan dan sangat mungkin terlibat dengan gerakan bawah tanah sayap kiri," terang salah seorang pejabat kepolisian kepada BBC. Dalam waktu singkat, polisi sukses membekuk perempuan tersebut. Selanjutnya, dari penuturan perempuan itu, polisi menangkap empat orang yang berkomplot dengannya. Saat ditangkap, tidak seorang pun yang kedapatan membawa atau menyimpan senjata.

Harian Milliyet menyatakan, perempuan itu punya kaitan erat dengan militer Turki. Dalam perbincangan telepon, perempuan yang tidak disebutkan namanya tersebut tengah membahas rencana kampanye Erdogan di Adana. Rencananya, pemimpin sekular itu berkunjung ke provinsi tersebut Sabtu (14/3) mendatang. Kunjungan itu, sebut Reuters, terkait pemilu lokal yang dijadwalkan 29 Maret. (hep/ami)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: