Survei LRI: Pemilih Golkar Paling Setia


img3
JAKARTA- Popularitas JK-Win akhir-akhir ini menanjak dan selisih elktabilitasnya dengan SBY-Boediono di peringkat pertama hanya 4 persen saja. Demikian diungkap Presiden Direktur Lembaga Riset Informasi (LRI) Johan Silalahi.

"JK-Win menanjak karena mendapat limpahan suara dari pemilih Demokrat dan PDIP," kata Johan saat Jumpa Pers Survei Nasional Polling Presiden di Jakarta, Minggu (7/6). Hasil survey LRI mendapatkan, elektabilitas SBY-Boediono saat ini 33,02 persen. Sedangkan JK-Win 29,29 persen dan Mega-Pro 20,09 persen.

Johan memaparkan, pada Pileg yang lalu Partai Demokrat mendapat 20,8 persen suara. Dari jumlah itu, yang tetap memilih SBY hanya 87,42 persen. Sedangkan 6,29 persen pindah ke JK-Win, 0,90 persen ke Mega-Pro, dan 5,39 persen responden belum memutuskan.

Berikutnya, Johan menuturkan soal konsistensi pemilih Partai PDI Perjuangan. Hasil riset menyebutkan 89 persen masih setia. Pemilih lain memilih ke JK-Win sebanyak 3,78 persen, ke SBY-Boediono 1,37 persen, dan sebanyak 5,84 persen masih belum memutuskan.

Hal ini berbeda dengan hasil Golkar. Masih menurut Johan, ternyata pemilih Golkar paling setia. Pemilih Golkar yang masih setia mendukung JK-Win sebanyak 91,03 persen. Yang "berlari" ke SBY-Boediono dan Mega-Pro masing-masing 2,33 persen. Sedangkan 4,32 belum memutuskan. "Melihat tren akhir-akhir ini, mereka yang belum memutuskan bisa jadi mengarahkan pilihannya ke JK-Win," ungkap Johan.

Penelitian di atas dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner di 33 propinsi di Indonesia. Metode yang dipakai adalah teknik sampling multi-stage cluster atau teknik sampling gugus bertahap. Untuk jumlah responden sebanyak 2096 dan berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah. Ukuran sampel yang digunakan telah memenuhi keabsahan data, dengan margin of error +/- 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(ONE/kompas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: