PBNU Kutuk Teror Bom


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengutuk keras aksi teror bom di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton Jakarta.

"Kami sangat mengutuk tindakan itu karena telah menghilang nyawa orang yang tidak berdosa," kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi usai peresmian Masjid Al Hikam serta pembangunan Pesantren Mahasiswa Al Hikam II di Depok, Jawa Barat, Jumat (17/7).

Dikatakannya, tak ada satu pun alasan yang bisa membenarkan aksi teror itu.

Jika pun dilakukan atas dasar agama, menurut dia, tetap saja tak dapat dibenarkan karena selain telah menghilangkan nyawa manusia tak berdosa, juga karena tak diketahui jelas motifnya.

"Korban, baik yang tewas atau terluka, belum tentu tahu masalahnya. Jadi, kalau ada masalah jangan libatkan orang yang tidak berdosa dan tidak tahu menahu," katanya.

Hasyim meminta pemerintah menyelidiki dan mengusut tuntas serta terbuka aksi terorisme yang memakan korban tewas sembilan orang dan korban terluka 52 orang itu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma`ruf Amin menganggap pemerintah, terutama pihak keamanan kecolongan dengan terjadinya ledakan di dua hotel tersebut.

"Pemerintah harus mengamankan keadaan, harus ada kewaspadaan tinggi, jangan kecolongan lagi," katanya.

Ma`ruf mengimbau masyarakat, khususnya umat Islam, agar tetap tenang dan tidak terpancing. Ia juga menolak keras tindakan jika ada pihak yang mengaitkan teror itu dengan gerakan jihad Islam.

"Islam tidak mengajarkan teror. Teror beda dengan jihad. Kami mengutuk sangat keras aksi terorisme," katanya.

Secara terpisah Sekjen Partai Buruh Sonny Pudjisasono mengecam aksi teror yang terjadi justru setelah pemilu dan pilpres berlangsung aman dan damai.

Jumat pagi (17/7), sebuah ledakan terjadi di Hotel JW Marriot Kawasan Mega Kuningan Jakarta pada pukul pukul 07.53 WIB dan lima menit kemudian ledakan terjadi di Hotel Ritz Carlton yang bersebelahan dengan Hotel JW Marriot.

Sampai saat ini diketahui bom yang meledak di kedua hotel tersebut telah menelan korban meninggal sebanyak sembilan orang dan sekitar 42 orang luka-luka dan dirawat di berbagai rumah sakit di sekitar Kuningan. [TMA, Ant]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: