Facebook Milik Cawapres Prabowo Subianto Diblokir


JAKARTA – Pemilik akun Facebook Prabowo Subianto (FbPS) kebakaran jenggot. Mereka kecewa kepada kantor pusat Facebook di Amerika Serikat (AS) yang telah memblokir situs jejaring pertemanan milik Prabowo Subianto, cawapres dari PDIP-Gerindra. Kegiatan rutin para maniak Facebook, seperti update status, posting berita, diskusi, dan upload foto tidak bisa dilakukan sejak Rabu (22/7) lalu.

’’Alasannya, Prabowo dianggap bukan orang yang secara langsung mengoperasionalkan Facebook-nya,’’ kata Direktur Mega-Prabowo Media Centre (MPMC) Amran Nasution di Jakarta kemarin (23/7).

Amran mengakui kesibukan Prabowo sepanjang pilpres sangat padat, sehingga mendelegasikan pengelolaan Facebook-nya kepada Boyke Setiawan dan kedua anaknya. ’’Tapi, di waktu senggang, Prabowo sendiri menyempatkan waktu untuk menanggapi diskusi yang berkembang di Facebook-nya,’’ cetusnya.

Di tempat terpisah, Boyke Setiawan mengatakan data Facebook Prabowo selama sebulan dari 15 Juni-20 Juli 2009 sempat menghilang. Namun, data itu akhirnya bisa muncul lagi dengan utuh. ’’Tapi, sempat muncul kata disable atau tidak bisa digunakan,’’ kata Boyke.

Yang lebih mengherankan, imbuh dia, link Facebook yang semula beralamatkan www.facebook.com/prabowo.subianto berubah menjadi www.facebook.com/prabowo-subianto. Perubahan link itu membuat orang yang berusaha mengaksesnya dengan alamat lama pasti gagal.

Menurut Boyke, pemblokiran itu sangat merugikan Prabowo. Apalagi, jumlah anggota Facebook yang dibuat pada 22 September 2008 itu mencapai 67 ribu orang. Fans aktifnya, ungkap Boyke, mencapai 18 ribu orang. ’’Interaksi yang terjadi rata-rata 5.600 per hari,’’ katanya.

Boyke menduga ada pendukung lawan politik Prabowo dalam Pilpres 2009 yang melaporkan masalah ini ke kantor Facebook pusat. Laporan itu membuat Facebook Prabowo diblokir karena dianggap pemalsuan atau kebohongan publik. ’’Kesimpulan sementara kami, ada orang yang lebih kuat dari pemilik Facebook yang ’bermain’, sehingga bisa memblokir kami,’’ cetusnya.

Boyke menyebut pihaknya sudah menyampaikan komplain kepada Facebook pusat melalui surat yang ditandatangani Prabowo. ’’Kami meminta Facebook membuka kembali admin FbPS supaya bisa diakses kembali. Selain itu, link FbPS harus dikembalikan ke alamat semula,’’ tandas Boyke. (pri/agm)

3 Tanggapan

  1. waduh..

    kok cuma prabowo aja yang kena cekal dan kena banned sama facebook?? bukannya capres atau cawapres laennya juga punya Facebook dan ga mungkin juga mereka yang ngurus tuh FB..hehe..

    Salam Kenal Gan..
    Salam Perubahan..
    Salam Anak Bangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/23/joged-dangdut-ala-obama/
    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/22/celotehan-dokter-obat-modal-sabar/

    Jawab Jaisy01:
    Iya, salam kenal juga Gan

  2. Saya tidak tahu tentang dunia politik.

    Tapi yang perlu ditanyakan adalah apa hubungannya diblokir/tidak dengan keuntungan/kerugian seseorang? Bukankah pilpres sudah usai?

  3. commend 117 luar biasa dahsyat artikel anda sangat bermanfaat bagi saya. dan jangan lupa berkunjung ke situs saya.

    Jawab Abu Jaisy:
    Terima kasih, semoga bermanfaat. Insya Allah balik berkunjung 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: