Akibat Facebook Wanita Banyak Yang Cemburu



Maraknya perselingkuhan yang terjadi di facebook membuat situs jejaring sosial ini dianggap sebagai ‘biang keladi’ retaknya sejumlah perkawinan dan hubungan asmara. Tak bisa dipungkiri ajang saling mengomentari status dan foto, dan mengirimkan pesan lewat fitur ‘wall’ memang cukup bikin hari para pengguna facebook lebih berwarna.

Namun, aktivitas menyenangkan ini bisa berubah menjadi ajang pertengkaran antar pasangan. Terbukti dari penelitian yang dilakukan terhadap 300 orang mengungkapkan Facebook dapat meningkatkan rasa cemburu, terutama pada wanita.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal CyberPsychology & Behavior edisi Agustus 2009 ini menyatakan hal-hal yang bisa memicu rasa cemburu mulai dari pasangan memiliki teman baru, komentar dari teman wanitanya, hingga aktivitas facebook lain, seperti mengisi kuis, upload foto bahkan main games.

Pada data penelitian terungkap bahwa sebagian besar responden rata-rata memiliki 300 teman dan menghabiskan sekitar 40 menit sehari membuka facebook. Dan, bagi mereka yang membuka facebook lebih dari 40 menit sehari memiliki level cemburu yang lebih tinggi. Apa penyebabnya?

Ternyata, banyak responden yang mengaku bila membuka facebook lebih lama, mereka cenderung membuka akun pasangannya beberapa kali. Bahkan, tidak sedikit wanita yang mengintip akun pasangannya di sela-sela waktu kerja atau belajar (mahasiswi).

Apa yang membuat mereka hobi membuka akun pasangannya? Ternyata 72 persen dari responden menjawab penasaran ingin melihat aktivitas pasangannya di facebook. Biasanya jika pasangannya tidak terlalu banyak up date, mereka mengaku merasa tenang.

Namun, kalau pasangannya cukup aktif berkomunikasi di facebook terutama dengan teman wanitanya, inilah yang bisa menjadi pemicu rasa cemburu yang dapat berujung pada pertengkaran.

Hasi penelitian ini menyimpulkan, lebih banyak responden wanita yang mengintip akun facebook pasangannya dibandingkan responden pria. Lucunya, para responden pria mengaku justru menghindari membuka akun pasangannya, karena lebih tertarik membuka akun facebook wanita lain.

2 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum……
    Ana Sih Cuma mau berpesan aj kpd khalayak yang memiliki FB…….
    Jangan Prgunakn Lyanan Net dgan jalan yng Ngatif..
    nah skarang mslahnya,, Karna FB wanita byak yang cmburu. Pda dasarnya,, Pnggunaan FB itu kn hnya untuk saling brkomunikasi kpda siapapun yang bersfat Silahturahmi ajj,.mau itu yang brbntuk FB mwpun sbagainya,,. Yang jd bahan ksimpulannya adalah kembali pada “KESADARAN” qt ajj bgmana mnyikapi hal sperti ini. qt positf Thinking lah dulu. Jika mmang Psangan qt sperti itu,,brarti psangan qt memng bnar^ harus di Basmi……….
    Makanya,, Tetap harus Istiqomah dlam hidup….!!!!!!!!!!
    ALLAHU AKBAR
    Wssalam.

  2. wkakakakak.. kocak juga postingan ini..

    tapi emang bener, jejaring sosial memang seperti bermata dua. bisa menguntungkan juga merugikan..

    nice posting..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: