Negara Arab Pembeli Senjata Terbesar di Dunia


Uni Emirat Arab dan Arab Saudi telah menduduki peringkat teratas sebagai pembeli senjata di dunia, membantu Amerika Serikat meningkatkan persentase keuntungan menjadi lebih dari 68,4% dari semua transaksi persenjataan luar negeri selama resesi global.

UEA menandatangani US$ 9.7 miliar dalam perdagangan senjata dan Arab Saudi menandatangani US$ 8.7 miliar dalam perdagangan senjata, New York Times melaporkan pada hari Minggu (6/9).

Menurut sebuah penelitian baru, Washington menandatangani perjanjian senjata senilai $ 37.8 milyar pada tahun 2008, atau 68,4% dari semua bisnis di pasar senjata global, penjualan ini naik $ 25.4 miliar dari tahun sebelumnya.

Italia jauh pada peringkat kedua, dengan $ 3,7 milyar pada penjualan senjata di seluruh dunia pada tahun 2008, sementara Rusia adalah ketiga dengan US $ 3,5 miliar dalam penjualan senjata tahun lalu – turun dari $ 10.8 miliar dalam transaksi senjata yang ditandatangani oleh Moskow pada tahun 2007.

Pertumbuhan penjualan senjata oleh AS tahun lalu terlihat melawan tren di dunia. Nilai penjualan senjata global pada tahun 2008 adalah $ 55.2 milyar, menurun sebesar 7,6% dari 2007 dan terendah total perjanjian senjata internasional sejak tahun 2005, papar dalam penelitian tersebut.

Amerika Serikat adalah pemimpin tidak hanya dalam penjualan senjata di seluruh dunia, tetapi juga dalam penjualan kepada negara-negara berkembang, penandatanganan $ 29.6 miliar dalam perjanjian senjata dengan negara-negara ini, atau 70,1% dari semua transaksi tersebut.

Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar perdagangan senjata dilakukan oleh AS dengan negara-negara berkembang tahun lalu termasuk $ 6,5 milyar untuk sistem pertahanan udara Uni Emirat Arab, $ 2,1 milyar dengan Maroko berupa jet tempur dan $ 2 milyar dengan Taiwan yang berupa helikopter.

Kesepakatan perdagangan senjata lainnya yang dicapai antara AS dan Mesir, Irak, India, Korea Selatan dan Brasil.

Laporan tahunan ini diproduksi oleh nonpartisan Congressional Research Service, sebuah divisi dari Library of Congress.(dakta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: