Indonesia Urutan Ke-111 Negara Terkorup


BERLIN – Lembaga pengawas korupsi internasional Transparency International (TI) kembali merilis Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perceptions Index) tahunan. Daftar negara terkorup, dengan skor 0, dan terbersih, dengan skor 10, itu dirilis kemarin (17/11). Kali ini, Selandia Baru menduduki peringkat teratas negara terbersih.

Negara Kiwi tersebut memperoleh skor tertinggi 9,4. Selisih 0,1 poin dengan Selandia Baru adalah Denmark, yang menduduki peringkat kedua dengan skor 9,3. menyusul di belakang Denmark adalah Singapura dan Swedia, masing-masing dengan skor 9,2. Keduanya sama-sama menduduki peringkat ketiga. Namun, Swiss yang berada di urutan berikutnya dengan skor 9,0 dianggap menduduki peringkat kelima.

Jika 10 peringkat teratas didominasi negara-negara Eropa, 10 peringkat paling bawah diduduki negara-negara Afrika dan Asia. "Negara-negara yang tercabik perang tetap menjadi yang paling korup," terang TI dalam pernyataan tertulisnya seperti dilansir Agence France-Presse kemarin. Somalia berada di urutan paling bawah dengan skor 1,1. Sedangkan, Afghanistan berada satu tingkat di atasnya dengan skor 1,3.

"Jika lembaga-lembaga yang esensial sangat lemah atau bahkan tidak ada, korupsi merajalela tanpa bisa dikendalikan," lanjut TI. Munculnya Selandia sebagai juara negara terbersih itu menjadi prestasi tersendiri bagi tetangga Australia tersebut. Sebab, selama empat tahun berturut-turut, Selandia mampu bertahan di peringkat pertama.

Selama empat tahun terakhir, Selandia dilaporkan berada dalam kondisi yang cukup stabil. Baik dari segi politik maupun hukum. "Ini merupakan hasil dari stabilitas politik, pengaturan konflik kebutuhan yang solid dan berfungsinya lembaga-lembaga esensial publik," urai TI seperti dilansir BBC. Tahun ini, Indonesia berada di urutan ke-111 bersama delapan negara lainnya. Yakni Aljazair, Djibouti, Mesir, Kiribati, Mali, Sao Tome dan Principe, Kepulauan Solomon dan Togo. (hep/ami)

Iklan

2 Tanggapan

  1. seharusnya no.1 bro…emang udah dari sono nya kali bro…hehehe

  2. kalo urusan kayak gini, malu awak jadinya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: