Persembunyian Osama Bin Laden Mulai Sedikit Terkuak


ISLAMABAD— Abang Sam dan sekutu-sekutunya memang getol memburu orang nomor satu di Al Qaeda, Osama bin Laden. Nah, ada seorang anggota Taliban yang dibui di Pakistan mengaku tahu keberadaan tokoh itu. Dia mengaku, pada Januari dan Februari lalu, bertemu Osama.

Tahanan itu mengatakan, awal tahun ini dia bertemu kontak kepercayaannya yang melihat bin Laden 15 sampai 20 hari di perbatasan Afganistan. "Tahun 2009, bulan Januari dan Februari saya bertemu teman saya. Dia mengatakan baru dari pertemuan dengan Sheikh Osama dan dia dapat mengatur pertemuan dengan dia," katanya.

Menurut tahanan ini, kontaknya adalah seorang kepala suku Mehsud yang bertanggung jawab atas agen-agen Al Qaeda di luar negeri untuk bertemu dengan bin Laden.

"Dia membantu orang-orang Al Qaeda dari berbagai negara untuk bertemu Sheikh sehingga dia dapat memberikan arahan apa pun yang mereka rencanakan di Eropa dan tempat lainnya," imbuhnya sebagaimana ditulis BBC, Jumat (4/12).

"Sheikh tidak tinggal di satu tempat. Orang itu datang dari Ghazni jadi saya kira di sana keberadaan Sheikh dulu," katanya.

Sulit ditembus

Provinsi Ghazni di Afganistan timur merupakan basis Taliban. Sebagian besar kawasan itu sulit ditembus pasukan koalisi dan Afganistan.

Tahanan itu mengatakan, militan menghindari kawasan Pakistan karena risiko mendapat serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat. "Pakistan saat ini tidak nyaman untuk kami tinggali karena banyak senior kami martir akibat serangan pesawat tak berawak," lanjutnya.

Tahanan itu tidak dapat disebutkan karena alasan hukum.

Menurut aparat keamanan Pakistan, dia memiliki hubungan yang erat dengan para pemimpin Taliban di Pakistan dan Afganistan. Dia juga terlibat dalam operasi penculikan dan pengumpulan dana.

Informasinya cocok dengan Pakistan yang menyatakan, bin Laden tidak berada di wilayahnya meskipun Inggris dan Amerika berbeda pandangan.

Namun, pakar dari Amerika dan mantan analis CIA, Bruce Riedel, menyatakan, ceritanya masuk akal dan harus diselidiki.(kompas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: