Setelah Bersaksi Di Sidang Antasari, Susno Didatangi Densus 88


image Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Susno Duadji kini kembali jadi sorotan pasca kesaksiannya di persidangan kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnen dengan tersangka Antasari Azhar.

Susno mengaku siap menanggung risiko atas kesaksiannya itu. Termasuk dari institusinya, Polri. "Sedih dan memalukan. Tadi malam rumah saya didatangi Densus 88 pakai truk," kata Susno dalam pesan pendeknya kepada vivanews, Jumat 8 Januari 2010.

"Wah….Densus itu dulunya anak buah saya. Kok sekarang saya jadi..," tambah Susno.

Susno mengaku kedatangan truk Densus 88 membuat keluarganya takut.

Susno juga mengaku fasilitasnya dari Polri berupa mobil dan pengawal pribadi ditarik pada Kamis 7 Januari 2010 malam.

Namun, Markas Besar Kepolisian, melalui Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Edward Aritonang membantah penarikan fasilitas terkait kesaksian Susno di sidang Antasari.

Kata Edward, fasilitas Susno ditarik karena dia bukan lagi Kabareskrim.

****

Meski berseragam Polri, lengkap dengan tanda bintang tiga di bahunya, Susno mengaku datang dan bersaksi di sidang Antasari atas nama pribadi.

Dalam kesaksiannya, Susno menyebut dua nama yang berperan dalam penyidikan kasus Antasari, yakni mantan Wakabareskrim, Inspektur Jenderal Hadiatmoko dan Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Dalam kesaksiannya, Susno menjelaskan bahwa dia tidak dilibatkan dalam kasus Antasari. Kata dia, kasus ini ditangani Polda Metro Jaya.

Sementara, Markas Besar Kepolisian menunjuk Wakil Badan Reserse dan Kriminal Polri saat itu (Wakabareskrim), Inspektur Jenderal Hadiatmoko sebagai tim pengawas dan tim menyelidiki motivasi Antasari.

"Dia melaporkan langsung hasil-hasilnya  langsung kepada Kapolri," kata Susno dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 7 Januari 2010

Kata Susno, Hadiatmoko tidak diwajibkan melapor soal kasus Antasari kepada dia. Jalur Komando langsung ke Kapolri. "Kalau kasus rutin melapor pada saya, karena dia bawahan saya," tambah dia.

Kesaksian Susno lalu menajdi dasar bagi pengacara Antasari untuk  meminta majelis hakim memanggil Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri ke persidangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: