Hebat, Indonesia Punya Penjara VVIP Untuk Koruptor


image Artalyta Suryani, terpidana kasus suap Rp 6 miliar terhadap Jaksa Urip Tri Gunawan, memiliki fasilitas mewah di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Ia menempati ruang khusus yang terpisah dengan narapidana lainnya.

Wanita yang akrab disapa Ayin itu menempati ruang seluas 8×8 meter yang dilengkapi dengan kasur busa, pendingin ruangan, televisi plasma, peralatan fitnes sederhana, meja kerja, serta kamar mandi pribadi lengkap dengan kloset duduk dan pancuran air hangat. Ia juga leluasa mendatangkan dokter ahli kecantikan untuk merawat kulitnya.

Kondisi itu jauh berbeda dengan ruang tahanan narapidana lainnya. Hanya berjarak beberapa meter dari ruang Ayin, ratusan narapidana berjejal menempati ruang tahanan sederhana berjeruji besi. Bahkan salah satu narapidana itu dikabarkan ada yang bekerja sebagai pembantu untuk Ayin.

Tak hanya Ayin, sejumlah narapidana yang memiliki status sosial yang tinggi juga memiliki fasilitas khusus di ruang tahanannya. Seperti Aling, narapidana kasus narkoba, yang memiliki fasilitas karaoke di sel tahanannya. Ruang tahanan yang ditempati Aling juga sangat rapi dan bersih dengan tempelan wallpaper. image

Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, mengatakan, terkejut atas hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum pada Minggu malam, 10 Januari 2010. Patrialis merasa tak mendapati fasilitas mewah itu saat melakukan inspeksi mendadak beberapa waktu lalu. "Waktu itu malam. Mungkin saya nggak ditunjukan," ujarnya.

Sementara Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan, bahwa seluruh warga negara memiliki hak yang sama di mata hukum. Setiap narapida memiliki hak yang sama di dalam rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan. Tidak dibenarkan seseorang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi memiliki fasilitas mewah di dalam selnya. (vivanews)

Iklan

2 Tanggapan

  1. kira-kira berapanya harganya nginap di situ seharinya……jadi pengen kalau liburan nginap di sana, kamarnya pasti super aman

  2. klu emg “tdk dibenarkan seseorang yang memiliki status sosial lbh tinggi memiliki fasilitas mewah di dlm sel” truz kenapa byk koruptor yang dpt fasilitas mewah itu??
    dgn diberinya fasilitas itu mereka bkn nya kapok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: