Karena Berjilbab, Polwan Menghadapi Sidang Komite Disiplin Polisi!


Seorang perempuan di bagian pengawasan kantor polisi Paris, yang diskors gara-gara memakai jilbab saat bertugas, akan menghadapi komite disiplin. Demikian diungkapkan beberapa sumber yang dekat dengan penyelidikan tersebut, Rabu (3/2).

November 2009, polisi prefektur Paris menskors Nora B., yang dijadwalkan diajukan ke komite tersebut Kamis, karena melanggar kewajiban bersikap netral sewaktu bertugas.Nora, petugas pengawas berseragam yang tugasnya berkeliling Paris, menolak menandatangani perintah penskoran dan "memicu ketegangan", dengan terus bekerja sambil memakai jilbab.

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan, keputusan itu telah diambil oleh prefektur Paris, "dengan menggunakan wewenangnya sebagai polisi kotapraja" di ibu kota.

Nora menghadapi prosedur serupa pada 2004, namun setuju membuka jilbabnya, setelah pertemuan dengan pejabat polisi prefektur Paris saat itu, Jean-Paul Proust.

Piagam sekuler Prancis dari 2007 meminta pegawai negeri agar tidak memperlihatkan kepercayaan agama mereka saat bertugas.

Kasus tersebut muncul di tengah perdebatan nasional mengenai apa artinya menjadi orang Prancis, dan pemerintah mengupayakan peraturan yang melarang pemakai burqa, pakaian Muslimah yang menutupi tubuh dari kepala sampai kaki, dengan alasan itu "tidak sesuai" dengan nilai-nilai Prancis.

Satu jajak pendapat baru-baru ini memperlihatkan 57 persen orang Prancis mendukung peraturan yang melarang pemakaian penutup diri penuh, dan satu laporan parlemen telah menyatakan pakaian semacam itu dilarang di sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah dan angkutan umum. [TMA, Ant]

Iklan

4 Tanggapan

  1. blog yang bagus dan informatif…sukses untuk Anda
    http://mobil88.wordpress.com
    🙂

  2. Wah diskriminasi agama namanya..
    Thanks infonya…
    Mau buat blog kamu lebih cantik dan menawan…
    kunjungi http://tips-mempercantik-blog.blogspot.com

    atau ingin resep-resep cinta jitu
    kunjungi http://resep-cinta.blogspot.com

  3. diskriminasi namanya

  4. diskriminasi agama, parah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: