Hoax Facebook, Jika Bulan Juli Nanti Kita Harus Bayar 150 ribu/bulan!


Munculnya sebuah group yang menyatakan "KAMI TIDAK MAU BAYAR 150ribu/bln FAEEBOOK /JuliI 2010 (butuh1 JUTAmember)" sedang marak. Kasus seperti ini rentan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung-jawab. Ketika saya membuka group tersebut, ternyata di tautannya terdapat beberapa link “berbayar” yang akan memberikan keuntungan kepada sang pemilik Group tersebut!

image

Boleh saja kita mengikuti group Facebook, seperti Group yang mendukung KPK, mendukung Prita, dan beberapa group Facebok yang lain. Yang tentunya tidak ada motif “materi” dibalik dia membuat group tersebut, kecuali motif kepedulian dan moral semata. Intinya, jangan membuat group yang orang tidak sadar kalau diarahkan untuk diambil keuntungan pribadi. Ketika kita scroll kebawah, link-link yang dapat menguntungkan si empunya group adalah beberapa tautanseperti ini:

 image

Coba lihat kolom Tautan sebelah kiri, kita akan menemukan beberapa tautan seperti:

Situs Jejaring Yang Membayar Kita Dan JOIN KE GRUP INI DIBAYAR RP 5.000 🙂

Tetapi setelah saya “Google” kebenarannya, tentang apakah benar Facebook akan menerapkan pembayaran 150 ribu perbulan di bulan Juli nanti. Saya menemukan berita seperti ini:

LONDON, TRIBUN- Facebook disebut-sebut akan menarik bayaran pada penggunanya. Penarikan biaya sebesar Rp 140 ribu per bulan itu akan mulai dilakukan Juli 2010.

Sebuah kelompok telah memiliki 200.000 anggota percaya situs itu akan segera menarik biaya sekitar US$14,99 (Rp 140 ribu) dari pengguna jejaring sosial itu.

Grup bernama “Kami tidak akan membayar untuk menggunakan Facebook – kami keluar jika hal ini terjadi”, sekarang memiliki lebih dari 140.000 anggota dan bertujuan untuk mendapatkan 300.000 anggota yang menandatangani petisi.

“Ini adalah sebuah petisi untuk menghentikan Facebook dari biaya US$ 14,99 per bulan mulai bulan Juli 2010 “.

“Karena popularitas besar Facebook, Mark Zuckerberg (pendiri dan chief) mendapat banyak penawaran dari orang yang ingin membeli Facebook, orang-orang yang akan menjadikannya sebagai sebuah paysite (situs berbayar)”.

“Mari kita terus bersama-sama dan biarkan mereka tahu bahwa kita akan meninggalkan Facebook jika mereka memutuskan untuk menarik bayaran,” kata kelompok manifesto.

Namun, Facebook menyangkal keras klaim itu. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan: “Kami tidak punya rencana untuk menarik bayaran pada pengguna Facebook untuk layanan dasar. Facebook adalah layanan gratis bagi 350 juta pengguna. ”

Beberapa kelompok-kelompok kecil yang didedikasikan untuk menyebarkan pesan bahwa Facebook akan menarik bayaran mulai awal Juli 2010 juga bermunculan. Rumor tentang Facebook tak gratis lagi itu tampaknya datang dari email hoax yang beredar di situs.(tribun)

Coba kita pikirkan dengan akal sehat kita, sebuah situs jaringan sosial/pertemanan dengan menerapkan account yang gratisan dan sudah sangat populer, akan menerapkan sebuah keputusan yang akan membuat mereka rugi sendiri, dan bahkan sangat dipastikan kerugiannya akan sangat besar sekali jika mereka akan menerapkan sebuah keputusan yang kontroversial tersebut. Apakah benar pihak Facebook akan mau menanggung resiko tersebut? Tentu tidak bukan!

Karena facebook sudah mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari setiap orang yang bergabung di account facebook. Dengan demikian facebook akan bisa mendapatkan iklan-iklan berbayar yang terus-menerus. Dan keuntungan seperti ini adalah sebuah keuntungan yang besar. Contoh saja Google, yang memberikan account gratisan di blogger mereka dengan menempatkan account adsensennya. Dan WordPress pun ternyata menerapkan hal yang serupa, WordPress menermpatkan iklan Adsense dari setiap wordpress gratisan.

Tahukah kita, bahwa ada sebuah situs (Sales dan Referral) yang siap membayar ribuan dollar kepada setiap facebookers yang mempunyai group yang sangat banyak. Hal yang patut kita garis bawahi adalah:

Jangan terlalu percaya terhadap berita-berita yang beredar di internet. Karena HOAX ataupun berita yang tidak bertanggung jawab sudah sangat banyak sekali memakan “korban”

Sebarkan berita ini kepada setiap orang agar berhati-hati. Terserah mau dicopy-paste tanpa link blog ini juga nggak apa-apa (kalau emang loe raja tega sich 😀 ).

Iklan

43 Tanggapan

  1. mantap infonya bos,langsung update..mampir2 ke blog saya

    Jawab Jaisy01:
    Siap bos 🙂

  2. syukurlah tidak benar, kalo benar facebook akan kehilangan satu pelanggannya, saya…he…he….

  3. kalo FB narik bayaran bahkan buat yang temannya sampe lebih dari 5000 pasti orang akan nyari layanan lain, lagian pesaing tinggal nunggu migrasi kan?

  4. dari awal emang udah ga percaya sih

  5. wah betul tuh. stuju banget. ga pacay gw

    masa sgitu kere nya fb mpe narik biaya. perbulan

    stau gw sih ads yang ada di facebook dah cukup banyak yang tertarik wat bayar ads di fb.

    Fb ngga narik biaya founder nya dah kaya banget kale…
    mau2 aja di bodohin ama group ini.

  6. hihi..gw keblasuk ikut ke group itu

    Jawab Jaisy01:
    Hehehe… 😀

  7. 🙂

  8. kalo benar mending kita main fupei aja dech

  9. Terima kasih atas info-nya, sangat bermanfaat, untung belum join group itu. Minta izin untuk share di FB dengan link ya.

  10. Keren Gan postingannya,memang kabar Facebook berbayar cuma Hoax doang 🙂

    Btw kok ada tulisan grup ane diatas itu?

    “Situs Jejaring Yang Membayar Kita” Dan “JOIN KE GRUP INI DIBAYAR RP 5.000” (kalau 2 grup ini Ane adminnya) dan 2 grup ini pastinya bukan Hoax

    Jawab Jaisy01:
    Ups, sorry Gan! Maksudnya bukan groupnya A-Gan yang Hoax (JOIN KE GRUP INI DIBAYAR RP 5.000), maksudnya memanfaatkan group “KAMI TIDAK MAU BAYAR 150ribu/bln FAEEBOOK /JuliI 2010 (butuh1 JUTAmember)” untuk mendapatkan Referral atau sesuatu yang lainnya, nah kalau ada niatan moral kan seharusnya nggak pake tautan yang “aneh-aneh” gan! 😀
    Bergabung, dengan group manapun ok-ok aja, asal jelas groupnya dan tidak membohongi orang yang akan ikut groupnya. Termasuk group “belajar bisnis di internet”, kalau nama groupnya jelas itu oks bangets gan buat para facebookers indonesia!
    “MAJU TERUS BISNIS INTERNET DAN PERANGI HOAX” 😀

  11. misalkan fesbuk bayar tinggalin aja, kn msih ada http://www.kombes.com , fesbuknya indonesia…!!

  12. setujuuu…… 😉

  13. mantab infonya gan….langsung menuju TKP….

    banyak pihak yang merasa dirugikan karena berita hoax semacam ini.

  14. mas titip ini mudah-mudahan bermanfaat ya
    http://abasalma.wordpress.com/2010/02/05/forex-trading-antara-jual-beli-dan-game-tebak-tebakan/

  15. Yang punya grup sedang tepuk tangan sambil melonjak-lonjak tuh 🙂

    Mas Ben
    http://bentoelisan.blog.com

    Jawab Jaisy01:
    Bagaimana tidak tepuk tangan, tercatat 73 ribu lebih sebelum postingan ini diterbitkan. 🙂

  16. Bener, biarin aja mo dijual ato nggak .. org indonesia tuh kan kaya suka niru , dulu lg musik FS, skrg FB , biarin aja lagi plg pd migrasi ke Twitter, lagian sebenarnya FB buatan org yahudi asli … bayak mudaratnya gak ada batasan2 umum kaya twitter , nanti juga Fb ditinggalin kaya FS , tinggal tunggu tanggal mainnyaaa

  17. 😀

    facebook..oh facebook..
    tinggalin aja kalo memang berbayar…

  18. dari pada fecebook-an…
    mendingan bloging :P…
    ada manfaatnya…

    update status di facebook mah seperlunya aja…
    jadi ga’ terlalu merasa kecewa klo sapa tau aja terjadi bener kita harus bayar klo buka facebook… wakwak2

  19. Wah q dah masuk laman itu,wa kluar ach!

  20. aku kaget itu
    knapa harus bayar 150rb fb…
    jd harus gratis dunk…
    pasti kita semua tidak mau bayar fb

  21. itu hoax yagh, klo gt ane mo keluar aja deh dr grup itu

  22. trims ya info nya,mantafff…

  23. bego aja tuh yang percaya kalo facebook bakal bayar.

    Kalo bayar, ya ngapain pake facebook, balik ke friendster aja.

    Ga bayar pun facebooknya uda untung dari iklan2 yang ada.

  24. thanks Bro…….atas infonya

  25. wahh… kalo gw sih lebih demen kalo facebook berbayar…. dan kayaknya berita itu beneran…..

  26. “Dan WordPress pun ternyata menerapkan hal yang serupa, WordPress menermpatkan iklan Adsense dari setiap wordpress gratisan.”

    woy ente jangan nyebar hoax juga lah, kasih bukti kalo adsense bisa dipasang di wp…

    nah lu sendiri ini kan pake wp, pengen tau bisa gak pasang adsense di wp gratisan kayak gini,

    beda ceritanya kalo lu pake script wp di hosting yang berbayar… tolong koreksi lagi tulisan lu, jangan menyebarkan hoax yang lain lagi…

    Jawab Jaisy01:
    Wp gratisan emang dipasaing oleh admin wordpress.com adsense. Mau bukti? Mudah kok, ente search aja sesuatu di wp.com-nya seseorang melalui google.com nah setelah itu pasti loe nemuin Iklan yang dipasang. Dulu saya kira wp.com membolehkan memasang adsense, tetapi setelah saya cara tahu ternyata memang memang wp.com TOS-nya tetap tidak boleh dipasangi iklan atau sesuatu yang berbau keuntungan dari pihak pengguna wordpress.com. Karena iklan adsense-nya dipasang oleh wp.com sendiri.

    • coba tolong diulang pembuktiannya… penjelasan ente gak jelas nih… search-nya di kotak yang ada di tiap2 blog WP.com? kok saya gak nemuin iklan ya?? contohnya coba aja ente cari “ramadoni” di kotak search di blog ini… gak ada hasil apa2 tuh…

      atau maksud ente bukan kayak gitu?? coba donk jelasin lagi…

      Jawab Jaisy01:
      Coba ente pake proxy, lalu cari sesuatu hal di blog yang berada di wordpress.com, entah kata kunci apa yang ente mau di google, pokoknya nanti intinya menuju wordpress.com, setelah itu insya Allah ente akan menemukan iklan-iklannya. Ingatloh, proxynya bukan proxy web, tapi proxy http (nomor). Intinya wordpress.com akan mendeteksi no ip seseorang yang pernah join/member wordpress.com untuk menyembunyikan adsense mereka. WordPress.com akan menunjukkan adsense-nya jika no ip itu tidak dikenal dalam akun wordpress.com. Insya Allah seperti itu.

  27. Pas baca baca iklan disamping tiba tiba ada link ke grup aneh tersebut. Langsung deh Cari di google, eh malah ketemu blog ini. orang orang yang membuat grup tersebut kelihatanya memanfaatkan ketidak tahuan masa untuk meraup keuntungan. orang yang seperti ini pintar nyari duit atau pintar nipu orang. atau pintar nyari duit dengan nipu orang. hahahaahahaha

  28. beberapa hari yang lalu sempet sech di undang untuk gabung dengan group tersebut. tapi untungnya saya nggak ikutan.

    oh ya, mampir2 dong ke blog saya. hehehehehehehehehe

  29. Oh ternyata grup itu cari keuntungan ya, beberapa teman saya di facebook sdh join grup tsb. Terima kasih infonya, nanti saya beri tahu teman-teman di FB.
    Betul sekali mendinagan ngeBlog dari pada FB an terus…jendelakatatiti.wordpress.com

  30. mksd na apa sech….msi ga ngerti w yg ttg byar 5000……wele”

  31. thx sobat, hampir aja saya join ke grup tsb, pesanku utk pendiri FB -> ALWAYS FREE & I LOVE THAT

  32. Yah, namanya juga FECEBOOK.

    http://bit.ly/fecebook

    🙂

  33. kira” yg bikin hoax sapa gan?
    sikaattt.. hahaha
    parah dampakny cepet bgt fans nambah tuh

  34. tp belakangan facebook mengubah tampilan Home/beranda. Dan di tampilan terbaru home/beranda facebook itu, di bagian account/akun, ada opsi saldo kredit ..lengkap dengan sob-opsinya spt cek saldo, credit card option dan currrency….bagi yg sudah berubah tampilan home/berandanya coba silakan cek di bagian akun…saya blm tau persis apa maksud dr opsi saldo kredit itu…tp kayaknya salah satu fungsinya adalah untuk membeli kado/hadiah virtual spt yg biasa dikirimkirim ke teman yg lagi ultah atau untuk membuka akses main game…utk sementara, blm ada keterangan yg ckp jelas ttg hal ini…jd maaf kl info saya ini di kemudian hari terbukti keliru…tp silakan cek saja sendiri…

    Jawab Jaisy01:
    Mungkin yang bro maksud itu pembayaran untuk pembelian hadiah virtual, dan bermain di facebook, atau pembayaran untuk mengiklankan di Facebook. Kalau itu mah memang harus beli dari Facebook 🙂

  35. Jadi ingat Multiply. Sepanjang 2007 pengguna dimanjakan dengan berbagai kemudahan sehingga usernya melimpah. Pertengahan 2008, Multiply mulai menarik bayaran. Ketika itu, pengguna yang sudah terbiasa men-download foto beresolusi tinggi terpaksa meng-upgrade menjadi premium karena Multiply membatasi hanya 1.200 pixel untuk pengguna gratisan. Multiply premium membebaskan pengguna dari iklan, plus boleh men-download foto resolusi tinggi, download file video, dan simpanan tanpa batas waktu di Media Locker.

    Akankah ada juga Facebook Premium? Kalaupun itu terjadi, pasti tak akan sampai Rp150.000 per bulan. Kalau per tahun, mungkin.

    😀

  36. wah mas Abdul klo misalnya Multiply ya memang sih, toh dia juga butuh pemasukan sendiri. dan konsepnya beda lah, punya komunitas yang lebih spesifik, tak sekadar nyampah seperti di facebook. hehehe..

  37. […] baca selengkapnya disini … […]

  38. wah wah wah kayaknya strategy bisnis jaman skrg makin aneh aja ya boss…

  39. hehehe, jelas dong si Zark akan sangat rugi kalo membernya pada kabur gara-gara disuruh bayar,, entar friendster naik lagi dunkz ato malah situs2 yang membayar membernya yang naik daun…..

    tapi ternyata facebook juga kadang-kadang memberi dolar loh, saya sendiri dapat $12 dari facebook,,,,

    http://adrian-ktc.blogspot.com/2010/02/alhamdulillah-dibayar-sama-facebook.html

  40. Ha..ha… untuk apa si Zukerberg meminta bayaran segitu…. dari iklan yang ditampilkan di FB aja mereka sudah mengeruk jutaan $, mereka seharusnya malah berterima kasih dengan para penggunanya…. tak mungkinlah FB akan menerapkan aturan tersebut…. betul kata mas… mereka akan merugikan diri sendiri.

  41. Mantap gan..
    Ane baru liat,jgn lupa main main ke blog akk y
    http://www.muhers.blogspot.com
    http://www.Nurcyber.blogspot.com
    http://www.m-duitonline.blogspot.com
    tiga*ny blog akk…
    😀
    ..Maav y dh promosi,skli lg thx info.a

  42. wah…untunglah klo gt..akun fb gua dikasi berita disuruh bayar 15$ gt deh…untung ada elu…jadinya plonk dah…tengkiyu sob.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: