Islam Dan Kristen Mengharamkan Nikah Beda Agama!


    image "Cinta itu buta," begitu kata penyair asal Inggris, William Shakespeare. Ungkapan yang sangat masyhur itu memang kerap terbukti dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, terkadang sampai melupakan aturan agama. Saat ini, tak sedikit umat Muslim yang karena "cinta" berupaya sebisa mungkin untuk menikah dengan orang yang berbeda agama. "Tolong dibantu… Saya benar-benar serius untuk melakukan nikah beda agama. Saya benar-benar pusing harus bagaimana lagi," tulis seorang wanita Muslim pada sebuah laman.

    Lalu bolehkah menurut hukum Islam seorang Muslim, baik pria maupun wanita menikah dengan orang yang berbeda agama? Masalah perkawinan beda agama telah mendapat perhatian serius para ulama di Tanah Air. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam musyawarah Nasional II pada 1980 telah menetapkan fatwa tentang pernikahan beda agama. MUI menetapkan dua keputusan terkait pernikahan beda agama ini.

https://suara01.wordpress.com/2010/04/09/cara-cepat-dan-mudah-mendapatkan-uang-27-dalam-sehari/

    Pertama, para ulama di Tanah Air memutuskan bahwa perkawinan wanita Muslim dengan laki-laki non-Muslim hukumnya haram. Kedua, seorang laki-laki Muslim diharamkan mengawini wanita bukan Muslim. Perkawinan antara laki-laki Muslim dengan wanita ahlul kitab memang terdapat perbedaan pendapat. "Setelah mempertimbangkan bahwa mafsadatnya lebih besar dari maslahatnya, MUI memfatwakan perkawinan tersebut hukumnya haram," ungkap Dewan Pimpinan Munas II MUI, Prof Hamka, dalam fatwa itu.

    Dalam memutuskan fatwanya, MUI menggunakan Alquran dan Hadis sebagai dasar hukum. "Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik hingga mereka ber iman (masuk Islam). Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun ia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan wanita orangorang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) hingga mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, meskipun ia menarik hatimu…" (QS: al-Baqarah:221).

    Selain itu, MUI juga menggunakan Alquran surat al-Maidah ayat 5 serta at Tahrim ayat 6 sebagai dalil. Sedangkan, hadis yang dijadikan dalil adalah Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Tabrani: "Barang siapa telah kawin, ia telah memelihara setengah bagian dari imannya, karena itu, hendaklah ia takwa (takut) kepada Allah dalam bagian yang lain."

    Ulama Nahdlatul Ulama (NU) juga telah menetapkan fatwa terkait nikah beda agama. Fatwa itu ditetapkan dalam Muktamar ke-28 di Yogyakarta pada akhir November 1989. Ulama NU dalam fatwanya menegaskan bahwa nikah antara dua orang yang berlainan agama di Indonesia hukumnya tidak sah.

    Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah juga telah menetapkan fatwa tentang penikahan beda agama. Secara tegas, ulama Muhammadiyah menyatakan bahwa seorang wanita Muslim dilarang menikah dengan pria non-Muslim. Hal itu sesuai dengan surat al-Baqarah ayat 221, seperti yang telah disebutkan di atas. "Berdasarkan ayat tersebut, laki-laki Mukmin juga dilarang nikah dengan wanita non-Muslim dan wanita Muslim dilarang walinya untuk menikahkan dengan laki-laki non-Muslim," ungkap ulama Muhammadiyah dalam fatwanya.

    Ulama Muhammadiyah pun menyatakan kawin beda agama juga dilarang dalam agama Nasrani. Dalam perjanjian alam, kitab ulangan 7:2-4, umat Nasrani juga dilarang untuk menikah dengan yang berbeda agama.

    7:2
    dan TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan mereka kepadamu, sehingga engkau memukul mereka kalah, maka haruslah kamu menumpas mereka sama sekali. Janganlah engkau mengadakan perjanjian dengan mereka dan janganlah engkau mengasihani mereka.

    7:3
    Janganlah juga engkau kawin-mengawin dengan mereka: anakmu perempuan janganlah kauberikan kepada anak laki-laki mereka, ataupun anak perempuan mereka jangan kauambil bagi anakmu laki-laki;

    7:4
    sebab mereka akan membuat anakmu laki-laki menyimpang dari pada-Ku, sehingga mereka beribadah kepada allah lain. Maka murka TUHAN akan bangkit terhadap kamu dan Ia akan memunahkan engkau dengan segera.

                "Dalam UU No 1 tahun 1974 pasal 2 ayat 1 juga disebutkan bahwa: "Pernikahan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu."

                "Jadi, kriteria sahnya perkawinan adalah hukum masing-masing agama yang dianut oleh kedua mempelai," papar ulama Muhammadiyah dalam fatwanya. Ulama Muhammadiyah menilai pernikahan beda agama yang dicatatkan di kantor catatan sipil tetap tak sah nikahnya secara Islam. Hal itu dinilai sebagai sebuah perjanjian yang bersifat administratif.

                Ulama Muhammadiyah memang mengakui adanya perbedaan pendapat tentang bolehnya pria Muslim menikahi wanita nonMuslim berdasarkan surat al-Maidah ayat 5. "Namun, hendaknya pula dilihat surat Ali Imran ayat 113, sehingga dapat direnungkan ahli kitab yang bagaimana yang dapat dinikahi laki-laki Muslim," tutur ulama Muhammadiyah.

                Dalam banyak hal, kata ulama Muhammadiyah, pernikahan wanita ahli kitab dengan pria Muslim banyak membawa kemadharatan. "Maka, pernikahan yang demikian juga dilarang." Abdullah ibnu Umar RA pun melarang pria Muslim menikahi wanita non-Muslim.(irf)

              https://suara01.wordpress.com/2010/03/30/cara-mudah-mendapatkan-dollar-dari-internet-untuk-pemula-tidak-perlu-blog/

              Iklan

              16 Tanggapan

              1. Selain masalah agama banyak hal lain yang berkaitan dengan pernikahan. Yuuu…kunjungi web kami untuk sekedar sharing dan cari informasi lain tentang pernikahan 🙂

              2. Jadi bingung banget neh, saya cowo muslim tapi cinta berat ma cewe yang non muslim. Nyuruh pindah agama adalah hal yang sulit… pernikahan beda agama juga tidak diizinkan… Kalau nanti kejadianya seperti Jamal Mirdad dengan Lidya Kandau gimana, boleh gak ?

              3. saya cwe muslim, jatuh cinta bget dgn cwo yg non-muslim … sya mw nya dia yg pndah agama jd islam, tp dy blg dy stia ma agama x hingga ia mati …. saya jg stia ma agama sya islam … mw nikah beda agama, tkut dgn g sah n haram … msuk nraka kgak tuh ?? sya bnr2 g bs mlpas x krna sya sdh bnr2 cinta ma dy … dy pn bgtu …
                bsa kgak sch kyk ortu x nana mirdad n naysila mirdad tuh … yaitu jamal n lidya mirdad ???

                Jawab Abu Jaisy:
                Cinta sering kali membutakan “hati” kita 🙂
                Tetapi bukankah Sang Maha Cinta adalah Dzat yang paling harus kita cintai? Mencintai orang tanpa rasa tentram dalam hati, adalah bukan cinta sejati. Tetapi mencintai Sang Maha Cinta (Allah Swt), membuat hati kita tentram dan menentramkan. Insya Allah tidak sedikit lelaki muslim yang lebih baik dari lelaki yang anda cintai saat ini. Lelaki muslim yang baik, insya Allah juga akan dipertemukan dengan wanita muslim yang baik. Jadi sebaiknya bersabar dan cintailah Sang Maha Cinta. Insya Allah cinta-Nya akan memberikan kebaikan dengan mendatangkan Cinta yang sama sejatinya. Yaitu ketika laki-laki dan wanita mencintai bukan karena sosoknya tetapi karena keimanan-Nya yang mencintai Allah.
                Wallahu’alam

              4. ternyata sama-sama ciptaan Allah saling mengharamkan

              5. Nikah beda agama? Silakan saja. Tp nanti hrs bisa mempertanggung jawabkannya kpd Allah di akhirat nanti. Hukumnya jelas. Sabar dan taqwalah kpd Allah. Hdp di dunia ini hanya sementara jgn korbankan akhirat yg kekal.

              6. Ga’ usah ngebahas cinta klo ga’ pny perasaan…
                Ga’ usah ngebahas soal keyakinan klo ga’ tau hakikat beragama…

                Cinta koq nyuruh pasangan pindah keyakinan…
                Agama koq jd melarang utk saling mencintai, hidup bersama, berketurunan, membina keluarga yg penuh cinta dan kasih…

                Whatever with dalil, ayat, pasal, dsb… selama penafsiran org2 beda, akan arti musyrik, kafir, gelap, dan sejenisnya… selama itu juga akan sll ada “zinah” dr kami para pecinta…

                • Itu namanya justifikasi dangkal, kawan.

                  Indonesia negara hukum yang mengatur sedemikian rupa sampai masalah perkawinan. Anda mau kawin dengan orang berbeda agama solusi hanya satu. Naturalisasi diri anda jadi warga negara lain yang memperbolehkan hal itu. Maka anda akan terlepas dari masalah hukum yang melarang tindakan demikian. Karena untuk mencintai, hidup bersama, berketurunan, dan membina keluarga yang penuh cinta kasih di negara ini punya aturan main yang tegas dan jelas.

                  Dalil, ayat dan pasal itu hukum. Anda tidak patuh hukum sama dengan penjara atau denda. Siap menanggung konsekuensi cinta buta?

                  Live with the consequences or leave this country.

                  Buktikan cinta anda di negara lain, lepaskan diri anda dari belenggu agama atas nama cinta, atau anda cuma banyak bicara omong kosong.

                  • Karena hukum di negara ini dibikin oleh otak yang sudah berpihak, dari jaman dulu cinta kasih itu yang membuat hidup tenteram, hukum yang keblinger jadi sumber pertentangan.Hukum buatan manusia, cinta kasih karunia dari sang pencipta, jangan sok ngerti hukum karena yang buat manusia juga.Agama anda yang tidak bisa melepas belenggunya, jika semua lepas belenggu, saya jamin tidak terjadi ribut2 karena agama seperti ini, dasar munafik.

              7. pada dasar nya agama itu adalah di buat oleh manusia untuk menjadikan hukum dalam etika hidup. namun, terkadang hukum yang di buat tidaklah mudah di terima dengan akal sehat, dengan mengatasnamakan agama dan menjadikan nya sebuah skat dalam pembauran diri.
                coba kita lihat dengan mata terbuka,,,, negara mana yang hanya karena beda agama lalu di peresulit???
                cuma di sini…

                kenapa sih kita harus memberi kan batasan2, toh lagian itu mereka yang menjalan kan….untuk hukum nya…tergantung bagaimana kita berbuat di dunia

                • cinta itu suatu yang murni dan datang dari tuhan….
                  siapa yg mengatkan agama melarang kawin beda agama, mereka yg menyaatakan hal demikian, adalh mereka yg tidak memahami hakikat keberagamaan….
                  justru dengan cinta, kita bisa menjalin dan mengenal perbedan…

                • Benar sekali, benar benar jawaban cerdas.

              8. please deeh…
                jgn main asal penggal ayat alkitab kalau ga ngerti maksud dan tujuan’a

                beda agama c mending ga usah…
                ngapain juga..banyak yang seiman koq..

              9. Duh. . .,saya jd bingung ni,saya lelaki muslim & wanita yang saya mau nikahi protestan,dia maksa tuk menikah,dia sangat cnta kepada saya.
                Sedangkan tuk pindah agama kan sulit,saya berniat ingin meng islam kn wanita itu.
                Mhon tanggapannya.
                Terimakasih

                • nah ini nih yang jdi konflik, bagaimana solusi dan pendapat tentang hal seperti ini?
                  kalau sudah mentok dengan takdir yang sudah ditentukan apakah manusia tetap bisa mengelak..??
                  monggo teman-teman dan suhu saling sharing, dari kubu muslim seperti apa?dan kubu kristen seperti apa tanggapan dan solusinya..???
                  nah bila perlu sediain nih kotak balasan MUI, NU, Persatuan Kristen Indonesia, dan Ahli hukum Agama sekalipun. dan SBY juga bole ikut memberikan solusi.
                  saya ingin sebuah ide untuk film cinta seperti ini, dan belum ada ending dari konflik ini..}
                  silahkan..
                  trima kasih.

              10. asalammualaikum,,wr,wb..saya seorang wanita muslim,sudah menikah dengn cowk ,,non muslim,,yang saya ingin tanyakn,apakh pernikhan kami sah d mata allah…

                Jawaban:
                Diantara wanita muslimah tidak ada satupun dalil yang menyatakan wanita/muslimah dibolehkan menikah dengan laki-laki non muslim. Kecuali laki-laki muslim menikah dengan wanita non muslim ada dalil yang membolehkannya. Tetapi itupun menurut beberapa ulama sangat darurat.

              11. kataku kalau menikah dengan non islam haram sich!

              Tinggalkan Balasan

              Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

              Logo WordPress.com

              You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

              Gambar Twitter

              You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

              Foto Facebook

              You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

              Foto Google+

              You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

              Connecting to %s

              %d blogger menyukai ini: