Inilah Fatwa-Fatwa MUI Yang Terbaru


image Musyawarah Nasional Majelis Ulama Indonesia menghasilkan tujuh fatwa baru atas sejumlah permasalahan. Fatwa ini disampaikan semalam, Selasa 27 Juli 2010 di Jakarta.

Berikut tujuh fatwa itu:
1. Membolehkan asas pembuktian terbalik dalam kasus hukum tertentu misalnya untuk pembuktian kekayaan seseorang yang diduga diperoleh secara tidak sah;
2. Membolehkan pilot yang sedang bertugas tidak berpuasa di bulan Ramadan. Bagi yang terbang terus-menerus dapat mengganti puasa dengan fidyah, sementara yang temporal bisa mengganti dengan puasa di lain hari;

3. Mengharamkan kawin kontrak atau nikah wisata;

4. Operasi ganti kelamin tanpa ada alasan alamiah dalam diri yang bersangkutan sesuai regulasi Kementerian Kesehatan diharamkan. Pengharaman ini juga berlaku bagi tenaga medis yang melakukan. Namun MUI membolehkan penyempurnaan alat kelamin;

5. Mengharamkan donor sperma dan bank sperma. Namun Bank Air Susu Ibu dibolehkan;

6. Mengharamkan donor organ jika pendonor masih hidup. Pendonor harus sudah meninggal, sukarela dan tidak komersial. Sementara donor organ binatang dibolehkan jika tak ada pilihan lain.

7. Mengharamkan pemberitaan, penyiaran dan penayangan aib orang. Pengecualian hanya demi kepentingan umum seperti untuk penegakan hukum. (hs)

Iklan

18 Tanggapan

  1. MUI we support you. semua fatwanya mengarah ke pada kebaikan kenapa tidak kita dukung saja

  2. sangar om. nice share.

  3. Mantabs, betul tuh kenapa tidak kita dukung demi kebaikan, toh semuanya gak ada ruginya…
    support MUI

  4. Ya, kalau fatwa2 yg disebutkan ini memang benar & saya mendukungnya, tapi sebagian besar fatwa2 MUI adalah mengharamkan hal-hal yg konyol.

  5. apa aja di fatwain….pusing

  6. Hmm, seandainya semua fatwa ini diedarkan lebih cepat (terutama yang nomor tujuh itu)…

  7. yang bikin fatwa apa udh bener2 bersih????????????? jangan2 cm asl bunyi az tapi kelakuan………….

  8. SETUJU…………………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. wah yang repot adalah kepentingan umum itu yang dari dulu tidak pernah terdefinisi.

  10. – uda pada intropeksi diri lom elu elu yag bikin fatwa?!
    – mending kalian urus anak bini aja deh,,,

    • Bener tuh Gan…

      • gw see bingung ya..padahal MUI jungjung dan bela aja agama….bukan ngurusin atau nimbrung urusan orang …..gw dukung MUI..klo uarusan nya ada yg ngehina agama…tp klo yg lain…gw ikut d al’quran aja….abis MUI ngeluarin fatwa gampang kaya bikin cilok…padahal mereka manusia…MUI bisa2 bikin fatwa ratusan atau ribuan biji jumlah nya…dan akan trus berkembang ..namanya manusia ga ada puasnya..ingat klian hanya manusia biasa yg punya tugas membela dan meluruskan manusia lain nya..

  11. Soal No 2 kyk’y perlu di pertanyakan ulang dech..
    Klo ” Membolehkan pilot yang sedang bertugas tidak berpuasa di bulan Ramadan. Bagi yang terbang terus-menerus dapat mengganti puasa dengan fidyah, sementara yang temporal bisa mengganti dengan puasa di lain hari”

    Bagaimana dengan Pramugari-Pramugara???????
    Nakhoda,Masinis n Sopir Bus antar kota antar provinsi??

    Tidak adil banget klo cuma pilot yg di halal kan tidak berpuasa jika sedang betugas…….
    Mengacu dan Mengikuti AL-QUR’AN sepertinya lebih baek.

  12. semoga jadi perhatian kita semua.amiin

  13. semua yang di fatwakan MUI adalah untuk keselamatan kita bersama, so dukung terus…..!

    • mudah2an ga telat lagi fatwanya

  14. gw support MUI sepenuhnya. yang menentang MUI apalagi cuma menyerang personal MUI mendingan lo ngaji lagi aja kalo ga tau tentang agama! gw juga ga pinter agama tapi ga segoblok lo2 pada yg cuma bisa omong kosong tanpa tau duduk permasalahannya!

  15. gw dukung 7 poinnya itu…
    tapi hati-hati, jangan sampe MUI=MenTuhankan Ulama Indonesia…
    ada kesan segala rupa ditunjuk haram…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: