Cara Mudah Anak SD Bisa Hafal Al Quran 18 Juz, Ini Metodenya!


image BANJARMASINKabar baik bagi umat Islam terutama praktisi pendidikan Al-Qur’an. Ditemukan metode menghafal Al-Qur’an sambil bermain dengan target lulusan SD hafal 18 juz.

Ratusan orangtua, guru, dan mahasiswa, Selasa (17/8/2010), antusias mengikuti pelatihan singkat revolusi menghafal Al-Qur’an dengan metode FAHIM QUR’AN (Fast Active Happy & Integrated in Memorizing Qur’an) di Masjid Baiturrahim Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Metode cepat dan ceria yang dikembangkan Ustadz Sobari Sutarip ini ternyata cukup efektif. Berdasarkan pengalamannya, anak lulusan SD bisa hafal Al-Qur’an sampai 18 juz.

“Pelatihan ini memang diikuti oleh orang dewasa, tapi aplikasinya untuk mengajarkan pada anak,” ujar ketua panitia, Rahina Ibaniati.

https://suara01.wordpress.com/2010/04/09/cara-cepat-dan-mudah-mendapatkan-uang-27-dalam-sehari/

Untuk pelatihannya sendiri, akan diberikan tujuh materi: The power of al Qur’an, The power of Brain, Dunia anak, Teaching Personality, Metode FQ, Teknik Dasar Metode FQ, dan Simulasi. 

Selama ini belajar Al-Qur’an dianggap berat, sehingga jangankan menghafal, membaca saja anak sudah enggan. Tapi, dengan cara yang menyenangkan, Al-Qur’an menjadi indah di hati anak. Daya hafal anak tinggi, karena mereka tidak punya beban.

…Selama ini belajar Al-Qur’an dianggap berat. Kini menghafal Al-Qur’an bisa dilakukan sambil bermain, sehingga anak lulusan SD bisa hafal Al-Qur’an sampai 18 juz…

Menghafal Al-Qur’an bisa dilakukan sambil bermain. Misalnya, sekali meloncat, anak menghafal satu ayat. Ketika metode FAHIM Al-Qur’an diterapkan pada usia 5 tahun, cukup berhasil.

HM Abduh, salah seorang peserta, tertarik ikut karena penasaran dengan metode yang dianggap baru. Kesannya, ternyata memang bagus.

Pada sesi pertama diajarkan bagaimana caranya agar anak tertarik menghafal Al-Qur’an atas kesadaran sendiri. Termasuk mengenal fungsi-fungsi otak manusia, sehingga anak belajar tidak terpaksa.

“Kita juga diajari teknik-teknik yang baik, sehingga anak menjadikan kita seperti orangtua, guru, teman, dan idola. Dengan cara itu, anak senang menghafal Al-Quran,” ujar Abduh.

Ia berharap pelatihan ini terus berlanjut, supaya nanti anak-anak di Kalsel banyak yang hafal Al-Qur’an. Kalau ini bisa diterapkan oleh orangtua dan guru, tidak mustahil akan muncul hafiz dan hafizah terbaik yang mengharumkan nama Banua. [taz/tribun]

https://suara01.wordpress.com/2010/03/30/cara-mudah-mendapatkan-dollar-dari-internet-untuk-pemula-tidak-perlu-blog/

Iklan

6 Tanggapan

  1. […] This post was mentioned on Twitter by suara, suara. suara said: Cara Mudah Anak SD Bisa Hafal Al Quran 18 Juz, Ini Metodenya!: BANJARMASIN – Kabar baik bagi umat Islam terutama p… http://bit.ly/cEH4PC […]

  2. Bagus banget…
    Saya mau doong, saya mau ajarkan untuk anak – anak saya yang masih kecil , anak yang pertama 6 tahun , dan anak kedua 4 tahun..
    makasih sebelumnya yaa..

  3. kalau pengen ikut pelatihan tersebut… di mana yah????

  4. kalo mengikuti pelatihan tersebut di Depok dmana y?

  5. menarik! banyak orangtua ingin anaknya hafidz qur’an tapi orangtuanya kurang konsisten mengajarkan. mungkin kalau metodenya menarik anak lebih interest ya! kapan ada pelatihan semacam itu di wilayah tangerang?

  6. Usia anak sy 4 thn, ini adalah impian seluruh orang tua, mempunyai anak yg berpendidikan islam yg baik. Adakah yg diselenggarakan di Depok ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: